Cara mengurangi Panas pada Laptop dengan mudah

Cara mengurangi Panas pada Laptop dengan mudah

Cara mengurangi Panas pada Laptop dengan mudah

Kalian yang sering menggunakan laptop dalam jangka panjang tentunya akan semakin merasa teliti dengan keadaan laptop yang sering digunakan. Terlebih ketika panas pada laptop dirasa berlebih, bahkan akan berdampak pada kinerja laptop, bagian terburuknya laptop yang over heat akan lama memproses perintah dan bahkan not responding.

Didalam laptop sendiri tentunya terdapat bagian perangkat yang padat dan juga sempit maka dari itu sirkulasi yang ada pada laptop dirasa kurang lancar dibandingan dengan  PC yang memiliki lebih ruang dan fentilasi lebih untuk komponen-komponennya.  Ada beberapa cara untuk menyiasati agar laptop tidak terlalu Panas.

Baca Juga : Cara membersihkan Laptop (Lengkap semua bagian)

Berbeda saat menggunakan PC yang bisa anda nyalakan seharian karena dibagian dalamnya terdapat kipas untuk mendinginkan. Untuk Laptop sendiri ada beberapa alat yang menyediakan kipas dengan menancapkan USB ke Laptop. Cara ini cukup menguras energi batrai Laptop sehingga cepat habis. Ada beberapa tips mudah yang dapat membantu kalian mengurangi panas pada laptop.

Cara mengurangi Panas pada Laptop dengan mudah

1. Jangan gunakan laptop diatas kasur

Sebenarnya bukan kasur saja, media atau alas yang dapat menimbulkan panas berlebih ada baiknya kalian hidari untuk dijadikan sebagai alas. Sifat dari kasur sendiri akan menyerap hawa panas yang keluar dari laptop yang kalian gunakan. Maka suhu panas yang keluar dari laptop tidak akan pergi bahkan akan terus semakin memanas jika suhu panas terus keluar seiringan dengan penggunaan laptop dalam jangka panjang. Baiknya kalian gunakan laptop dengan alas seperti meja kayu, kaca, ataupun plastik yang tentunya tidak akan menghambat hawa panas untuk berpindah.

2. Berikan jeda ketika menggunakan laptop dalam jangka waktu lama

Bukan menjadi hal asing lagi, ketika menggunakan laptop hingga berjam-jam maka laptop akan terasa semakin panas. Hal tersebut dikarenakan banyaknya perintah seiring dengan penggunaan laptop yang lama dan kemudian mesin harus bekerja terus menerus menyelesaikan seluruh tersebut.Untuk kalian yang sering menggunakan laptop selama seharian penuh, nah ada baiknya kalian mengurangi kebiasaan tersebut jika ingin laptop kalian tidak cepat panas.

3. Jangan gunakan kecerahan maksimal

Kalian yang menggunakan laptop khususnya dengan menggunakan kecerahan maksimal maka hal tersebut dapat menjadi faktor yang membuat laptop kalian cepat panas. Layar LCD yang menghasilkan sinar pada monitor tentunya akan bekerja lebih ketika kalian mengoperasikan laptop dengan terlalu terang. Walaupun begitu kalian juga jangan menggunakan laptop terlalu redup atau terlalu terang, gunakan pengatur kecerahan agar mata kalian tetap nyaman ketika menggunakan laptop.

4. Jaga kebersihan laptop

Kalian yang memiliki laptop, jangan malas-malas untuk membersihkannya secara teratur. Dimana tentunya udara yang membawa debu akan terus keluar masuk dalam sirkulasi laptop, tak jarang debu-debu itu akan menyangkut ke lubang fentilasi laptop dan akan menyumbat aliran udara dan mengakibatkan laptop terasa semakin panas.

5. Cek apakah mesin laptop berjalan normal

Di dalam laptop sendiri tentunya terdapat kipas dan hadsink yang akan membantu mengurangi panas pada komponen-komponen tersebut. Maka dari itu tak jarang kipas akan menimbulkan sedikit suara ketika laptop dinyalakan. Nah jika kalian menemui keanehan, dapat juga laptop kalian mengalami kerusakan pada bagian kipas dan mengakibatkan laptop kalian panas.Nah untuk yang terakhir ini baiknya kalian yang mungkin belum tahu mengenai komponen-komponen laptop, ada baiknya untuk membawa laptop kalian ke tukang reparasi computer.

Baca Juga : Inilah spesifikasi Laptop ASUS untuk Multimedia dan Desain Grafis

Nah itu semua merupakan beberapa cara mudah untuk mengatasi laptop yang cepat panas. Kalian dapat mengidentifikasi sendiri apa saja hal yang tanpa kalian sadari dapat membuat laptop kalian panas. Dengan begitu kalian dapat mengurangi hal tersebut dan membantu laptop agar tidak cepat panas.Dan juga jangan gunakan laptop secara berlebihan karena laptop juga memiliki daya penggunaanya sendiri.

Situs yang berisi banyak sekali informasi penting mulai dari Teknologi, Lowongan kerja, Motivasi, Kesehatan, dan lain - lain bisa anda kunjungi di dhanyrpebs.com. Ada berbagai informasi yang bisa anda dapatkan disana dan jangan lupa berikan komentarnya seputar Tips dan Trik mengurangi Panas pada Laptop di atas, Terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat.
Buka Komentar