SEO Blogger vs Wordpress mana yang lebih Bagus

Pada saat akan membuat sebuah website, khususnya dalam bentuk blog mana yang lebih baik Blogger atau Wordpress. Anda akan mendengar dari kebanyakan orang yang membanding bandingkan antara penggunaan SEO Blogger, Wordpress.com dan Wordpress Org. Beberapa beranggapan bahwa memilih SEO blogspot itu lebih bagus, tapi yang lain lagi beranggapan yang sebaliknya.


Karena perbedaan pendapat inilah yang membuat orang orang terutama yang masih pemula dan awam dalam dunia internet merasa bingung untuk menentukan pilihan. Oleh sebab itu informasi seputar perbandingan platform mana yang lebih tepat untuk Anda gunakan sangatlah dibutuhkan. Membuat dan membangun sebuah halaman situs blog tidaklah mudah dan cepat, melainkan membutuhkan banyak waktu.

Mengapa? Karena Anda harus menentukan beberapa hal dasar yang penting. Yaa, diantaranya adalah mempelajari teknik SEO, cara melakukan promosi terhadap blog tersebut, Entah melalui mesin pencari (search engine) atau penggunaan jejaring sosial untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung. Dan terutama yang lebih penting adalah menentukan platform yang digunakan untuk bisa mencapai tujuan Anda tersebut.

Untuk itu, Anda juga perlu mengerti dan paham seluk beluk, cara kerja, kelebihan dan kekurangan platform blogging yang Anda pilih. Sekarang ini di internet, ada banyak sekali jenis contoh blogspot yang dapat Anda temukan terkait dengan tujuan pembuatan web. Misalnya adalah seperti Fashion, beauty blogger, food blogger, travel blogger dan masih banyak lagi macam macam blog yang lainnya.

Memang, dengan demikian semua orang dapat memulai sebuah blog, apalagi perkembangan teknologi yang semakin modern pun turut sangat membantu. Yang diperhatikan adalan proses pengelolaan dan penempatan konten web. Nah di setiap platform memiliki perbedaan untuk itu meliputi desain dan fitur yang berbeda.

Sudah yakin dalam menentukan suatu platform? Mau menggunakan SEO dari Blogger atau Wordpress nih? Jika Anda belum diyakinkan dan mendapatkan jawaban terbaik untuk itu. Maka, silahkan untuk simak uraian penjelasannya di bawah ini yang akan menjelaskan kepada Anda secara terperinci dan detail untuk perbandingan Wordpress VS Blogger.

Mulai dari apa itu blogspot dan Wordpress, biaya dan juga cara memulai nya. Ini bisa membantu Anda untuk memutuskan mana yang lebih baik dan disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan Anda dalam membuat blog. Sebagai berikut adalah penjelasan lengkapnya.

SEO Blogger vs Wordpress mana yang lebih bagus?

BLOGSPOT

Saat ini, Blogspot dimiliki oleh Google, sehingga di dalamnya akan lebih menawarkan banyak fasilitas dan fiturbawaan dari Google, misalnya seperti Adsense, Analytics dan Adwords. Sehingga situs yang satu ini bisa sangat berguna untuk para pemula. Blogger sendiri merupakan salah satu bentuk interface pengguna pertama yang sifatnya ramah untuk para blogger dan didirikan untuk pertama kalinya pada tahun 1999 di kota San Fransisco.

Setelah beberapa tahun kemudian, perusahaan kecil yang dibangun oleh Pyra Labs mulai menghasilkan lebih banyak pengguna dan menciptakan traffic.Pada tahun 2002, mereka melakukan penarikan di beberapa ratus ribu pengguna. Nah, seteah dibeli oleh pihak google maka mereka mengkhususkan diri pada interface secara mudah digunakan karena tidak membutuhkan banyak fitur. Pada saat ini situs tersebut tidak banyak berubah dari sebelumnya.

WORDPRESS

Wordpess di buat setahun sebelum Google pada akhirnya membeli blogspot. Nah untuk platform yang satu ini diciptakan dengan tujuan untuk memberikan aktivitas blogging yang lebih kompleks kepada para bloggers. Wordpess diciptakan dengan gaya simple dengan foto dan konten tertulis yang lebih bersinar pada widget websitenya. Wordpress ini di buat pada PHP dan MySQL yang awalnya disebut dengan b2/cafelog.

Berbeda dengan blogspot, wordpress lebih menawarkan dirinya kepada para pengguna yang sudah berpengalaman. Berbagai fitur sederhana dan interface yang mudah digunakan untuk para pengguna baru memang sangat cocok namun, akan lebih mudah di tingkatkan atau dikembangkan oleh pengguna tingkat lanjut.

BlOGSPOT ATAU WORDPRESS ?
   
1. Biaya Penggunaan

Sebelum menentukan dari kedua platform tersebut, hal pertama yang bisa Anda cari tahu adalah dari segi biayanya. Nah, untuk tarif dan harga yang dikenakan dalam platform berbeda beda. Misalnya di dalam blogspot mungkin akan terlihat lebih menarik karena penggunaannya benar benar gratis dan tanpa biaya sama sekali. Jika Anda berniat untuk membeli sebuah nama domain untuk website Anda, barulah Anda perlu membayar dengan tarif tertentu atau sekitar 10 dollar US.

Namun, ini hanyalah pilihan tambahan saja. Anda bisa saja untuk tetap menggunakan sub domain gratis yang mereka berikan secara gratis tersebut. Sedangkan untuk wordpress juga sama menawarkan blog yang gratis dengan memakai nama sub domain bawaan yang diberikan. Jika Anda ingin membeli nama domain tertentu supaya terlihat lebih profesional.

Maka anda barulah harus membayar senilai 10 dollar US serta menentukan perusahaan untuk hosting website mana yang digunakan supaya dapat diakses di internet. Pada tahap ini Anda memerlukan biaya tambahan untuk mengelola website agar cepat berkembang.  Pada kesempatan berikut Anda juga perlu mengupgrade akun Wordpress yang membutuhkan pengeluaran biaya yang lebih banyak juga.

2. Caranya memulai

Apabila Anda mempunyai sebuah akun gmail aktif, Anda bisa langsung menggunakannya untuk  membuat akun di blogspot dan memulai membuat blog Anda. Jika, belum memiliki akun Gmail, silahkan untuk membuatnya terlebih dahulu dan selanjutnya gunakan untuk membuat dan mengelola blog. Menariknya disini Anda bisa membuat beberapa blog dengan satu akun yang sama.

Sedangkan untuk wordpress cara memulainya berbeda dengan blogspot. Disini Anda hanya perlu mengunjungi wordpress.com dan mendaftar atau registrasi. Apabila Anda berniat untuk menggunakan wordpress yang berbayar, maka sebelumnya Anda perlu juga mendaftarkan nama domain dan hosting Anda terlebih dahulu sebelum akhirnya menjalankan Wordpress.

3. Mengkonfigurasi Website dan membuat Konten

Setelah Anda sudah selesai dalam membuat blog di blogspot Anda, maka berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah membiasakan diri untuk mempublikasikan konten di halaman blog baru Anda. Dalam blogspot Anda akan bekerja dengan dasboard di situs web Anda sedangkan para pengunjung nantinya akan mengakses di front-end situs Anda tersebut.

Nah, jika Anda ingin menyeting beberapa pengaturan dalam blog seperti mengubah judul , deskripsi blog dan lain sebagainya, Anda bisa menggunakan area setting yang terdapat pada dasbord. Selanjutnya Anda juga dimungkinkan untuk mengubah alamat blog atau yang biasa dikenal dengan sebutan URL.

Apabila Anda penasaran dan ingin tahu lebih banyak bisa untuk mengotak- atik menu setting. Di sana Anda juga bisa melakukan perubahan seperti mengatur jumlah pos yang ditampilkan, bahasa yang digunakan serta format dan zona waktu mana yang akan sobat gunakan untuk menentukan tanggal waktu. Jika Anda ingin menambahkan admin atau penulis blog tambahan, Anda bisa memasukkan alamat email mereka dan mengirimkan berupa undangan untuk bergabung.

Dalam hal ini juga blogspot akan memberikan layanan berupa mempublikasikan konten di halaman situs milik Anda tersebut. Nah halaman yang tersedia juga bisa Anda jadikan tempat yang bagus untuk menempatkan konten evergreen yang mencangkup detail kontak, tentang halaman, sitemap, ketentuan dalam blog Anda. Sedangkan post article yang hendak Anda publikasikan adalah konten terkini dan konten sejenis berita. Cara mengkonfigurasi antara Blogspot dan Wordpress tidaklah jauh berbeda.

Baik Anda menggunakan Wordpress atau Blogspot, keduanya sama sama memiliki kemudahan dalam membuat postingan, memasukkan konten dan melakukan sejumlah pemformatan dasar melalui jalur kontrol. Selain itu, Anda juga akan dimudahkan dalam melihat preview article sebelum di publish. Setelah selesai membagikan konten article di halaman web Anda tersebut. Maka , konten dan pages berikutnya dapat di kelola melalui dasbord yang sudah tersedia.

Dengan Blogspot, postingan baru yang tampil di beranda website Anda akan secara default tampil menurut postingan terakhir yang Anda tambahkan. Sama seperti Blogspot, Wordpress dapat dibuat dengan cara yang hampir sama. Namun, hanya saja pada wordpress Anda akan melihat lebih banyak pengaturan dan menu pilihan di setiap langkahnya.

Berbeda dengan blogspot yang cukup dengan memberikan label untuk mengelompokkan konten Anda, di Wordpress Anda di beri kemampuan untuk mengkategorikan article berdasarkan tag. Sedangkan untuk editor di Wordpress memakai format dan tata letak yang sama seperti blogspot. Anda dapat menyimpan draft, preview konten, dan opsi publikasikan untuk membuatnya tersedia di halaman secara online.

Akun Pengguna tambahan juga tersedia di Wordpress Anda. Namun, tidak seperti  blogspot, di dalam wordpress terdapat sejumlah opsi peran yang mengontrol tingkat akses situs Anda. Hal ini berfungsi membatasi peran admin atau penulis tambahan. Misalnya hanya penulis yang dimungkinkan hanya membuat pos baru tapi tidak bisa melakukan edit konten dan perubahan terhadap tampilan dan fungsi dari situs Anda. 

Oleh sebab itu, dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa blogspot dan wordpress memang memiliki proses yang hampir sama dan serupa. Hanya saja, penerbitan dengan blogspot akan lebih to the point dan mudah sedangkan wordpress akan memberikan banyak pilihan.

4. Opsi Kustomisasi

Wordpress berada jauh di depan dibanding dengan blogspot apabila kita melihatnya dalam hal kustomisasi. Hal –hal sederhana yang bisa Anda lihat adalah seperti halaman dan bukan isi dari blog Anda pada halaman homepage, dan ini akan sangat mudah dilakukan wordpress dibandingkan dengan Blogspot. Apabila sebelumnya Anda berniat untuk membuat sebuah website yang tradisional maka wordpress lebih mudah untuk diatur karena terdapat static homepage.

Selain daripada itu Wprdpress juga memungkinkan Anda memiliki banyak pilihan dalam menentukan tema website dan plugin. Apabila Anda menggunakan blogspot maka hanya beberapa template saja yang bisa Anda pilih dari si pihak ketiga sedangkan di Template Wordpress telah menyediakan sampai dengan ribuan tema dan desain web yang menarik. Pada kustomisasi Wordpress Anda akan dibantu juga dalam hal meletakkan berbagai fitur dan mengkostuminsasi fungsi dengan mudah di website Anda.

5. Control dan Ownership

Apabila Anda menggunakan Wordpress maka, Anda bebas dalam menggunakan ownership dan control  sesuka hati karena softwarenya merupakan open source serta hosting web Anda akan mempunyai terms dan condition mereka sendiri. Apabila Anda nantinya melanggar ketentuan dalam perusahaan hosting tersebut, maka Anda bisa memindahkan hosting ke perusahaan yang lainnya.

Sedangkan untuk Blogspot akan terikat dengan terms dan conditions oleh pihak google. Sehingga jika Google merasa akun Anda telah melanggar aturan, mereka bisa saja langsung menghapus atau menutup akun Anda tersebut. Google sendiri kerap melakukan mematikan layanannya seperti contohnya Google Reader. Jadi meskipun Google sendiri bisa bertahan dalam waktu yang lama, hal ini tidak bisa menjamin blogspot juga bisa bertahan.

Sedangkan untuk Wordpress yang adalah software  open source dan bisa dikembangkan oleh siapa saja. Meskipun setiap anggota berhenti mengerjakan software ini maka, kemungkinan besar peran mereka bisa dilanjutkan oleh sukarelawan yang lainnya. Selain itu juga, karena Wordpress banyak dibutuhkan oleh pembisnis, banyak perusahaan yang bersedia untuk berkontribusi sehingga software blogging yang satu ini akan tetap bertahan.

6. Maintenance dan Support

Untuk perbandingan, Wordpress memang jauh lebih terbuka dan sifatnya dapat dikonfigurasi. Hanya saja, karena banyak kebebasan yang diberikan mulai dari menginstal plugin, mengedit kode sendiri, dan menyesuaikan website sesuai dengan keinginan sendiri. Maka akibatnya jika apapun yang dilakukan terdapat kesalahan akan sangat mempengaruhi website Anda tersebut. Namun, tenang saja sebab bukannya tanpa solusi. Wordpress menyediakan komunitas yang besar untuk menangani masalah yang terjadi di situs Anda.

Forum dukungan komersial juga tersedia untuk membantu Anda dengan sejumlah biaya yang ditentukan. Perusahaan hosting website yang Anda gunakan juga akan memberikan beberapa bantuan yang Anda perlukan. Sedangkan untuk blogspot tidak mempunyai dukungan seperti halnya Wordpress. Namun, jika Anda lebih memilih untuk menggunakan blogspot , kesalahan –kesalahan yang mungkin terjadi tidak akan begitu berpengaruh besar terhadap website sehingga Anda tidak perlu penanganan yang khusus untuk itu.

7. Komunitas

Dalam hal komunitas, Wordpress mempunyai komunitas yang cukup dinamis. Ini terlihat dari event diseluruh dunia seperti Wordcamp. Tidak hanya itu, akan ada banyak pertemuan yang berlangsung dalam komunitas wordpress. Dengan mengikutinya Anda akan memperoleh banyak informasi yang menarik mulai dari tips penerbitan Wordpress, tutorial, panduan, produk dan perkembangan terbaru yang terjadi di wordpress. Sehingga dalam hal ini blogspot juga tidak dapat bersaing dengan Wordpress sebab di blogspot hanya sedikit saja layanan dari pihak ketiga untuk membahas seputar blogspot.

8. Potensial

Segi potensial kedua platform ini sama –sama memberikan berbagai kemudahan dalam proses pembuatan situs yang simple. Blogspot dibuat dengan sangat sederhana untuk Anda yang masih pemula. Dan ketahuilah semua hal hebat dalam dunia internet bisa terjadi, misalnya sebuah blogspot sederhana bisa jadi terkenal dan tentu saja akan menjadi ladang bisnis yang sangat menjanjikan. Walaupun demikian langkah –langkah pengelolaan blogspot sendiri tidak menawarkan pertumbuhan yang sama seperti halnya Wordpress.

Wordpress memang benar –benar tidak bisa terkalahkan. Namun untuk itu, Anda juga harus membayar sejumlah uang perbulan untuk menjaga supaya website Anda tetap online. Wordpress tidak membatasi aspirasi online Anda sedangkan untuk blogspot Anda hanya menerima apa yang Anda lihat saja. Tidak ada layanan baru yang dapat ditambahkan seperti akses kode dan plugin. Berbagai kemampuan baru yang di tambahkan secara reguler di Wordpress tidak ada di blogspot.

Kesimpulan :

Baik blogspot atau Wordpress, mereka memiliki daya tarik nya masing masing. Ini juga tergantung dari cara pandang Anda, karena setiap pendapat orang orang tentunya berbeda beda sesuai dengan kebutuhan mereka. Yang terpenting sebelum memilih Yang perlu Anda pikirkan adalah tujuan dari situs Anda dibuat.

Apabila Anda menginginkan blog untuk berbagi pikiran dengan dunia dan yang sifatnya fungsional dengan desain modern dan bergaya, cukup blogspot dijadikan sebagai pilihan yang terbaik. Namun, apabila Anda memiliki rencana dan tujuan yang lebih besar pada website Anda silahkan untuk gunakan Wordpress dengan fitur open sourcenya. Hanya saja dari segi biaya Wordpress lebih menuntut akan hal itu.

Baca Juga : Apa Itu SEO - Pengertian Cara Kerjanya Lengkap Disini 

Inilah uraian lengkap seputar pembahasan kedua platform terkenal yang banyak diminati oleh masyarakat sebagai penunjang bisnis online mereka. Tentunya dari informasi ini Anda bisa melihat dan menyimpulkan sendiri tentang masing masing keunggulannya, kelemahan, fitur fitur yang terdapat dalam web, kualitasnya dan beberapa hal lain yang patut untuk Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Entah nantinya pilihan Anda jatuh pada SEO Wordpess atau Blogger setidaknya Anda sudah diperlengkapi tentang pengetahuan dasar dan pengenalan penggunaan suatu platform.

Semoga perbandingan antara Wordpress dan Blogger diatas dapat membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat untuk usaha online Anda. Selanjutnya Anda bisa mencari tahu informasi lebih lanjut seputar proses pengembangan halaman web dan belajar memahami teknik SEO yang diperlukan untuk semakin membangun blog Anda lebih baik.

Anda juga bisa mencari tahu lebih lanjut seputar panduan dan pembahasan yang menari berkaitan dengan dunia blogging. Mulai dari cara menarik lebih banyak pembaca dan pengunjung ke blog, tips dan trik melakukan blogging untuk pemula sampai dengan cara bisa menghasilkan uang dari blog tersebut. Sekian informasi terbaru yang bisa di bagikan, semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel