Soal UN Biologi SMA terbaru dan Kunci Jawabannya

Ujian Nasional adalah salah satu ajang pendidikan yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik terkait penguasaan materi pembelajaran yang diberikan dalam kurun waktu tertentu. Ini juga termasuk menentukan lulus atau tidaknya. Seperti anak SMA/SMK sederajat yang harus memperoleh nilai tertentu untuk bisa diterima di Perguruan tinggi atau Universitas impian mereka.


Apalagi kalau materi soal ujiannya itu adalah dari kategori pelajaran yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Misalnya soal UNBK Matematika (MTK), Informatika atau Komputer, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, PKN, IPS sampai dengan IPA Biologi. Maka, anak didik sebelum melakukan ujian sebaiknya mencari tahu jenis dan bentuk soal UN beserta pembahasan lengkap kunci jawabannya versi terbaru terlebih dahulu.

Soal Ujian Nasional (UN) tidak main main, bisa jadi mudah bagi yang sudah belajar dan paham namun sebaliknya akan terasa susah bagi mereka yang tidak belajar bahkan tidak mengetahui bentuk soal ujian seperti apa yang keluar. Khususnya adalah pelajaran Biologi. Karena meskipun kelihatannya mudah, tapi sebenarnya mata pelajaran yang satu ini perlu perhatian khusus untuk belajar.

Misalnya, di dalam materi Biologi terdapat istilah –istilah asing seperti nama latin, nama suku, jenis, kelompok dari suatu makhluk hidup, nama –nama organ sel, sampai dengan mekanisme cara kerja dari kehidupan makhluk hidup. Siswa –siswi juga kerap harus melakukan penelitian untuk konsep pelajaran mereka.

Kalau Ujian Nasional sebentar lagi akan dimulai, maka tidak ada lagi waktunya untuk bersantai. Anak anak harus mulai memfokuskan pikiran dan mental untuk ujian tersebut. Sebenarnya tidak hanya Ujian nasional (UN) saja, hal ini berlaku untuk semua jenis ujian. Seperti UAS atau Ujian Akhir Semester, US (Ujian Sekolah), USBN, Ulangan harian, kuis, sampai dengan tugas –tugas harian Biologi.

Dengan persiapan ujian di awal akan lebih memudahkan sang anak untuk belajar lebih luas dan paham banyak hal soal teori dan praktek yang diajarkan. Tahukah sobat? Untuk materi pembelajaran Biologi baik kelas 10, 11 dan 12 tidaklah sedikit melainkan ada banyak sekali. Jadi Tips dan trik belajar biologi ini perlu diterapkan.

Nah, untuk itu Anda bisa langsung simak contoh soal biologi untuk ujian nasional tahun ini pada pembahasan berikut. Ini bisa dijadikan patokan terhadap topik topik yang akan selalu muncul dalam ujian. Bisa dikatakan ini juga termasuk dalam kisi kisi ujian nasional biologi.

Anda bisa menyimaknya terlebih dahulu, mencoba menyelesaikan soalnya lalu cocokkan dengan kunci jawabannya. Anda juga bisa dimungkinkan melihat pembahasannya secara terperinci dan detail. Ini adalah referensi soal ujian biologi untuk bahan belajar Anda. Silahkan disimak.

Soal UN Biologi SMA terbaru dan Kunci Jawabannya

1. Materi : Keanekaragaman Ekologi dan Hayati

Indikator : Para peserta didik mampu memahami ciri –ciri makhluk hidup serta peranannya dalam kehidupan

Perhatikan ciri makhluk hidup sebagai berikut :

1.    Heterotrof
2.    Eukariot
3.    Pencernaan ekstraseluler
4.    Dinding sel tersusun atas kitin
5.    Tidak mempunyai klorofil

Peranan dari organisme yang memiliki beberapa ciri –ciri diatas di dalam ekosistem adalah..

A. Produsen
B. Konsumen
C. Detritivor
D. Dekomposer
E. Herbivora

Jawaban benar : D. Dekomposer

Pembahasan : 

Ciri ciri yang disebutkan sebelumnya adalah sesuai dengan peranan Jamur. Menurut pengertiannya jamur adalah kelompok dalam makhluk hidup yang memperoleh makanan dengan menguraikan sisa makhluk hidup yang lain. Ciri lain yang juga dimilikinya adalah bersifat heterotrof, tidak memiliki batang, daun dan akar serta tidak memiliki klorofil.

Fungi ini sendiri mempunyai sistem pencernaan ekstraselular dengan cara mengeluarkan enzim. Sedangkan peran dari fungi adalah sebagai dekomposer yang mampu menguraikan senyawa organik menjadi senyawa yang anorganik di dalam sistem.

2. Ekologi

Indikator : Para peserta didik dapat menentukan aliran energi serta daur materi dalam ekosistem

Perhatikan urutan piramida sebagai berikut :

1. Konsumen Tersier 10 Kkal
2. Konsumen Sekunder 100 Kkal
3. Konsumen Primer 1000 Kkal
4. Produsen 10.000 Kkal

Kesimpulan yang tepat untuk menyimpulkan urutan energi  pada piramida diatas adalah…

A. Ketika Puncak Piramida dicapai, maka jumlah individunya meningkat sedangkan jumlah energi yang dihasilkan adalah sama.
B. Ketika Puncak Piramida dicapai, maka jumlah individu nya menurun sedangkan jumlah energi yang dihasilkan akan meningkat
C. Pada dasar piramida, jumlah individu dengan jumlah energi yang saling terlibat adalah paling besar
D. Pada dasar piramida, jumlah individu dengan jumlah energi yang saling terlibat adalah paling rendah
E. Pada Semua tingkatan, maka jumlah individu dengan jumlah energi adalah sama besar

Jawaban benar : C. Pada dasar piramida, jumlah individu dengan jumlah energi yang saling terlibat adalah paling besar

Pembahasan : Piramida energi merupakan sebuah piramida yang menggambarkan adanya perpindahan energi dari energi satu ke tingkatan tropik yang terjadi dalam ekosistem. Pada piramida energi juga akan terjadi penurunan energi secara berturut turut di tiap tingkat trofik. Faktor berkurangnya energi di setiap trofik adalah karena sebagai berikut :
  • Konsumen mendapatkan setidaknya hanya 10% energi dari setiap tingkatan di bawah nya
  • Tidak semua makanan mampu dimakan dan akan dikeluarkan sebagai sampah
  • Makanan yang dicerna adalah sebagian saja  dari tubuh organism, sedangkan untuk sisanya akan di gunakan untuk sumber energi.

3. Materi : Keanekaragaman Makhluk Gidup

Indikator : Para peserta didik dapat menganalisis dalam hal tindakan perbaikan serta pelestarian terhadap lingkungan

Pencemaran lingkungan bisa timbul dari berbagai bahan pencemar seperti penumpukan kotoran oleh peternakan. Nah, cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara…

A.    Menampung dan mengolahnya menjadi biogas
B.    Memanfaatkannya sebagai bahan industri kertas
C.    Dimanfaatkan sebagai bahan bakar
D.    Digunakan untuk bahan campuran industri kayu
E.    Mengolahnya kembali menjadi makanan ternak

Jawaban Benar : A. Menampung dan mengolahnya menjadi biogas

Pembahasan : Kotoran hewan dari peternakan lebih tepatnya dapat dimanfaatkan sebagai biogas. Biogas adalah sumber energi alternatif untuk pengganti LPG. Selain itu, Kotoran hewan juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kering, pupuk kandang, pupuk cair yang memiliki manfaat untuk tumbuh –tumbuhan.

4. Materi : Sistem Organ Pernapasan

Indikator : Para peserta didik dapat menyimpulkan sendiri data dari uji laboratorium klinis

Perhatikan data hasil pengukuran volume udara pernapasan oleh seseorang dengan kriteria : Umur 20 tahun, posisi duduk, Suhu kamar 25 C, Tinggi badan 150 cm dan beratnya 44 kg.
  • Volume tidal : 750 ml
  • Volume cadangan inspirasi : 750 ml
  • Volume cadangan ekspirasi : 625 ml
  • Kapasitas Vital : 1.500 ml

Dari data tersebut maka udara cadangan inspirasi adalah…

A. 4625 ml
B. 3625 ml
C. 1.500 ml
D. 750 ml
E. 625 ml

Jawaban benar : D. 750 ml

Pembahasan : Udara cadangan inspirasi adalah volume udara tambahan yang terjadi ketika kita menarik nafas dalam dalam setelah sebelumnya bernafas normal. Berdasarkan tabel diatas udara cadangan inspirasi adalah 750 ml

5. Materi : Topik Pertumbuhan dan Perkembangan

Indikator : Para peserta didik dapat menginterprestasikan percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dalam segi faktor eksternal

Pada sebuah percobaan percambahan biji kacang merah di Pot A dan B, diberi perawatan yang berbeda. Pot A pemberian air 10 ml sedangkan pot B 25 ml sehari setiap harinya. Hasilnya setelah 5 hari Pot A berkecambah dan pot B tidak. Maka, dari percobaan ini bisa disimpulkan bahwa…

A. Air yang banyak tidak berpengaruh sama sekali
B. Pemberian air tidak berpengaruh sama sekali
C. Kadar air yang terlalu banyak pada Pot B sehingga mengalami pembusukan
D. Laju penguapan dalam pot B terlalu rendah sehingga busuk
E. Laju penguapan pot A lebih tinggi sehingga kecambah bertumbuh

Jawaban benar : C. Kadar air yang terlalu banyak pada Pot B sehingga mengalami pembusukan

Pembahasan : Air adalah salah satu faktor luar atau eksternal paling berpengaruh untuk perkecambahan. Jumlah air yang masuk harus sesuai dengan kebutuhan tidak boleh kurang atau lebih. Sebab pemberian berlebih menyebabkan pembusukan.

6. Materi : Genetik

Indikator : Para peserta didik dapat memperlihatkan susunan dan fungsi dari RNA

Dibawah ini yang termasuk dalam fungsi mRNA adalah…

A. Membawa kode genetik ke ribosom
B. Mengikat asam-asam amino
C. Disintesis dari pola DNA
D. Menerjemahkan kodon Mrna
E. Mengatur urutan asam-asam amino

Jawaban benar : C. Disintesis dari pola DNA

Pembahasan : RNA atau mRNA mempunyai fungsi sebagai pembawa informasi genetik maupun kode genetik dari DNA. Setelah proses Disintesis dari pola DNA, maka DNA tersebut akan di bawa keluar untuk diterjemahkan dalam proses sintesis protein.

7. Materi : Metabolisme Sel Enzim atau anabolisme

Indikator : Para peserta didik mampu mengurutkan metabolisme dalam sel

Persamaan reaksi Ca(NO2)2 +  O2 → Ca(NO3)2  melibatkan bakteri kemosintesis yakni…

A.    Nitrobacter
B.    Acetobacter
C.    Nitrococcus
D.    Aztobacter
E.    Nitrosomonas

Jawaban benar : A. Nitrobacter

Pembahasan : Persamaan reaksi yang terjadi dalam Ca(NO2)2 +  O2 → Ca(NO3)2  merupakan suatu reaksi yang mengubah yang dari awalnya adalah nitrit (NO2-) menjadi nitrat (NO3-). Maka, dapat dipastikan bakteri yang terlibat adalah bakteri nitrat yaitu Nitrobacter.

8. Materi : Bioteknologi

Indikator : Para peserta didik dapat menjelaskan prinsip yang ada dalam Bioteknologi

Sifat sifat yang harus dimiliki oleh Mikroorganisme yang di gunakan untuk Bioteknologi adalah…

A. Mikroba patogen yang berbahaya
B. Tidak menghasilkan racun atau toksin
C. Produktivitas tinggi dan sifat yang mudah dikendalikan
D. Nutrisi yang mudah
E. Produk yang sifatnya Alergen

Jawaban benar : C. Produktivitas tinggi dan sifat yang mudah dikendalikan

Pembahasan : Sifat yang terpenting dalam proses bioteknologi adalah suatu agen yang mempunyai ciri pertumbuhan cepat dan mudah untuk dikendalikan.

9. Materi : Ruang lingkup Biologi

Indikator : Para peserta didik dapat menjelaskan berbagai pemecahan masalah dengan cara kerja ilmiah

Pada usia 5 hari, sebuah semangka memiliki berat 5 Kg. Hari ke 10 berat semangka menjadi 15 kg. Dan pada hari ke 15, berat semangka tetap pada angka 15 kg. maka dari data tersebut dapat di tafsirkan bahwa…

A. Semakin berat buahnya, semakin bertambah usianya
B. Semakin bertambah usianya, maka berat buah semakin bertambah pula
C. Pada usia buah 15 hari mencapai berat tertinggi
D. Setelah usia 5 hari, berat buah terus bertambah dengan rata –rata 2 kg/harinya
E. Energi dapat tertimbun dalam jaringan tubuh

Jawaban benar : D. Setelah usia 5 hari, berat buah terus bertambah dengan rata –rata 2 kg/harinya

Pembahasan : Dari data diatas kita bisa ukur dari hari ke 6 sampai dengan 10 terjadi penambahan berat sebesar 10 kg hingga mencapai 15 kg. maka, rata –rata pertambahan ini adalah 10 kg/5 hari : 2 kg per hari. Sedangkan capaian berat buah pada usia ke 15 adalah tetap sama. Jadi setelah memasuki usia 10 hari keatas buah tidak mengalami penambahan lagi.

10.  Materi : Sistem Organ Pernapasan

Indikator : Para peserta didik dapat menyimpulkan hasil data laboratorium klinis

Nino mengalami gejala batuk disertai darah berkepanjangan. Setelah melakukan Rontgen, ternyata ada bintik –bintik pada alvelousnya karena terserang bakteri.  Maka, menurut dokter Nino menderita penyakit yang namanya….

A. Asidosis
B. Emfisema
C. Asfiksi
D. TBC
E. Emfisema

Jawaban benar : D. TBC

Pembahasan : TBC merupakan salah satu penyakit paru –paru yang umum di dengar. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri bernama Mycobacterium tuberculosis. Ciri –cirinya adaah menimbulkan bintik bintik di dinding alveolus. Gejalanya adalah batuk darah, penurunan berat badan, demam, dan berkeringat pada malam hari.

Baca Juga :

Uraian diatas adalah uraian selengkapnya yang mencangkup jenis jenis soal ujian anak SMA/ SMK sederajat yang setiap tahunnya tidak pernah absen dalam lembar soal ujian nasional. Nah, silahkan untuk pelajari materi tersebut dan cari sebanyak mungkin referensi dan alat bantu belajar Anda.

Untuk sekarang karena telah dirancang lebih modern, Anda sebagai anak sekolah akan melakukan ujian dengan basis komputer atau yang biasa dikenal dengan sebutan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Jangan khawatir, tidak soal secara manual atau online bentuk soal yang akan diajukan selalu sama dan tidak jauh dari bentuk bentuk soal ujian seperti uraian diatas.

Yang terpenting persiapkan mental dan pikiran Anda untuk fokus terhadap macam macam soal biologi yang kemungkinan besar akan keluar tersebut. Dengan lebih fokus pada kisi kisi soal, maka dengan mudahnya Anda menerima materi tersebut karena tidak bercabang dengan materi lainnya yang tidak keluar.

Anda pun bisa belajar materi yang lebih penting dan banyak keluar terlebih dahulu. Semoga latihan latihan soal ujian nasional terbaru diatas bisa membantu Anda. Selamat belajar dan tetap semangat!. Lihat Juga : banksoalbiologi.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel