8 Algoritma Google terbaru yang Wajib diketahui agar Blog bertahan

Segala upaya tentunya dilakukan untuk mempertahankan website kita agar terus berjalan sebagaimana mestinya. Kita memerlukan situs web kemungkinan untuk menunjang aktivitas bisnis online. Misalnya jual beli online, aktivitas blogging, marketplace atau toko online, portal berita dan lain lain. Mengingat begitu pentingnya sebuah blog untuk kebanyakan orang maka, tips pertama nya tentu saja Anda harus mengetahui pembaharuan apa saja yang dilakukan oleh Google. Tahukah Anda? Hampir setiap hari, Google merilis algoritma untuk bisa menentukan peringkat di mesin pencarinya.

Setiap pembaharuan pastinya sangat berpengaruh terhadap kelangsungan sebuah blog. Mungkin sebagian dari Anda ada yang bingung bagaimana caranya mengetahui adanya perubahan algoritma google. Yang paling penting kita perlu tahu sekaligus meliputi penalti yang dirilis dalam beberapa tahun belakangan ini. Pada umumnya ada update algoritma yang sifatnya mayor dan memiliki dampak besar terhadap SERP. Namun, ada juga yang sifatnya minor yang perubahannya tidak begitu terasa bagi publisher. Jadi, dapat dikatakan algoritma sendiri sering berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Dengan mempelajari algoritma, tentu saja akan memperlengkapi pengetahuan Anda untuk meningkatkan performa blog. Selain dari mempelajari SEO, cara optimasi SEO, dan caranya meriset kata kunci. Pembaharuan Algoritma juga mempengaruhi cara kerja SEO. Jadi, mau tidak mau Anda harus mengetahui Algoritma Google dan wajib diketahui untuk kualitas blog yang baik. Google sendiri terus memperbaharui dengan rata –rata sekali atau bahkan beberapa kali dalam satu hari. Tujuannya adalah untuk menjaga kualitas hasil pencarian serta dapat menunjukkan hasil yang bermanfaat untuk penelusur.

Nah, Apakah Anda ingin mengetahui Algoritma terupdate tahun ini? Yuk, Jangan ketinggalan informasinya. Karena kita sudah membahas pentingnya memahami update Algoritma Google terbaru. Pada pembahasan Article kali ini, akan diuraikan panduan singkat yang mudah Anda pahami seputar 8 Algoritma Google terbaru tahun ini. Ini akan sangat membantu untuk para blogger memaksimalkan website dan mempertahankan peringkat persaingan di beranda Google. Selengkapnya silahkan Anda simak penjelasannya di bawah ini.

8 Algoritma Google terbaru yang Wajib diketahui agar Blog bertahan

1. PANDA

Google Panda mulai dirilis pada tanggal 24 Februari 2011. Algoritma yang satu ini memfokuskan pada evaluasi situs web yang berdasarkan kualitas konten tersebut. Sehingga hal ini akan memungkinkan halaman konten dengan kualitas tinggi akan di hargai dan memperoleh peringkat tertinggi dan begitu juga sebaliknya. Pembaharuan Algoritma ini juga di dasarkan pada seberapa baik pihak publisher melakukan optimasi di website mereka tersebut.

Pemicu Google Panda ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni diantaranya konten tersebut berkualitas rendah seperti tidak menyenangkan untuk dilihat dan dibaca, teks berformat buruk, gambar yang mengganggu, kesalahan tata bahasa, konten dangkal yang tidak meyakinkan. Yang lain lagi adalah terdapat keyword stuffing, duplikat konten atau termasuk plagiarism, dan termasuk article spinning. Bagaimana cara memulihkannya?

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah meningkatkan kualitas dari konten article dan mulai memperbaiki kerusakan tersebut. Anda juga bisa coba untuk periksa ulang di website Anda dan hapus konten yang memiliki kualitas buruk menurut Algoritma ini. Konten buruk yang dimaksud bisajadi adalah konten yang mengandung duplikasi, konten yang sedikit serta banyak mengandung kata kunci berulang atau keyword stuffing.

2. PENGUIN

Berikutnya adalah Google Penguin yang dirilis pada tanggal 24 April 2012. Algoritma yang satu ini mempunyai banyak kemiripan dari Algoritma yang sebelumnya yakni Panda. Namun, google kali ini lebih memfokuskan pada evaluasi situs web untuk faktor yang berbeda dari profil dan tautan mereka. Dalam update nya sendiri backlink bisa secara positif memberikan pengaruh perangkat di situs web, apabila terjadi hal demikian :
  • Ditempatkan pada halaman yang terkait dengan situs web Anda.
  • Dikelilingi oleh konten yang berhubungan dengan halaman tertaut Anda tersebut.
  • Menunjukan Anda sebagai sumber yang bisa dipercaya.
  • Berasal dari berbagai domain.
  • Tautan yang sumbernya tidak jelas akan berdampak negatif pada peringkat Google.

Penguin bekerja secara otomatis dan memberikan tanda di website Anda karena di curigai ada backlink yang tidak wajar. Biasanya untuk menangani permasalahan kali ini, sang pemilik harus mengirimkan permintaan untuk peninjauan ulang sebagai lanjutan selesai membersihkan backlink. Pemicu Algoritma Penguin ini dipengaruhi oleh pembelian backlink yang melanggar pedoman terhadap Webmaster Google, tautan memiliki kualitas rendah, kata kunci yang buruk atau tidak berarti. Bagaimana cara mengatasinya?

Anda hanya perlu memantau setiap pertumbuhan backlink dan profil link Anda tersebut. Setelah itu lakukan pemindaian backlink rutin dengan software online untuk pemeriksaan lebih lanjut. Apabila Anda menemukan backlink dengan kualitas buruk maka Anda perlu menghapusnya dan mengubah anchor textdi halaman Web Anda.

3. HUMMINGBIRD

Tidak lama setelah Google Penguin dirilis, setahun kemudian muncul juga Google Hummingbird pada tanggal 22 Agustus 2013. Fokus utamanya adalah untuk memerangi adanya keyword stuffing serta kualitas article yang rendah. Dengan demikian para pengunjung akan diarahkan ke halaman web yang lebih akurat. Selain itu pemrosesan bahasa alami juga tergantung pada indeks semantic laten serta sinonim. Bagaimana caranya melakukan optimal dalam pembaharuan di Algoritma Hummingbird?

Baca Juga :

Tips terbaiknya adalah Anda perlu melakukan riset keyword dengan berfokus pada konsepnya dan bukan pada keyword itu sendiri. Untuk bisa meningkatkan riset ini, Anda bisa mulai untuk memanfaatkan berbagai macam software yang membantu menemukan semua kata kunci terkait untuk dimasukkan dalam keyword tracker module. Dengan demikian melalui riset ini juga Anda bisa menemukan penelurusan sinonim atau istilah yang mirip.

4. PIGEON

Selanjutnya Algoritma yang keempat hadir dari Pigeon. Google ini mulai dirilis pada tanggal 24 Juli 2014. Fokus utama nya sendiri adalah untuk semakin meningkatkan kualitas on page serta off stage karena kurang optimasi. Di Pigeon, peringkat situs Web dapat ditentukan oleh lokasi bisnis dan jarak dari masing –masing pengguna. Pakar SEO dunia pun turut memberikan rekomendasi tips untuk bisa mengoptimalkan situs web dari Google Pigeon. Sebagai berikut adalah rinciannya :
  • Membuat konten yang memiliki kualitas tinggi sesuai niche Anda
  • Menggunakan kata kunci disertai lokasi Anda
  • Mengoptimalkan web untuk perangkat seluler
  • Mengembangkan SEO on page maupun off stage
  • Membangun tautan dari sumber yang memiliki reputasi baik
  • Mengoptimalkan  algoritma untuk pencarian lokal dalam menyajikan gambar, teks, video dalam konten
  • Menyertakan kontak yang bisa di hubungi pada halaman web Anda
  • Adanya ulasan dan survei ke halaman website
  • Terstrukturnya leverage data di halaman website

5. MOBILEGEDDON

Mobilegeddon mulai dirilis pada tanggal 21 April 2015 dengan memiliki fokus utama yang berkaitan dengan aksesbilitas halaman web dari berbagai perangkat, khususnya mobile. Algoritma yang satu ini berfungsi untuk memastikan bahwa halaman situs yang bersifat ramah selular akan ada di posisi atas dalam pencarian di perangkat selular. Namun, sebaliknya halaman web yang tidak teroptimasi oleh perangkat selular maka, tentu saja akan berada di peringkat bawah yang berpotensi kecil untuk diakses oleh banyak pengguna.

Apabila mengalami hal demikian langkah yang perlu diambil adalah blog Anda wajib untuk fokus pada kecepatan serta mobile friendly. Nah bagaimana cara memastikannya? Anda tinggal memanfaatkan tool Google Mobile Friendly Test. Dengan menggunakan tool ini nantinya Anda akan bisa meilhat aspek mana saja dari versi selular yang perlu untuk Anda tingkatkan.

6. RANKBRAIN

Selanjutnya Algoritma yang ke- 6 adalah Rankbrain. Algoritma ini muncul dan beroperasi pada tanggal 26 Oktober 2015. Fokusnya adalah terletak pada kekurangan fitur pendukung yakni query spesifik, user experience yang buruk dan konten yang sedikit. Jika kita sudah membahas bentuk Algoritma yang sebelumnya di Hummingbird, maka Rankbird adalah bagian dari Algoritma tersebut.  Rankbird merupakan sistem pembelajaran mesin yang pada kenyataannya dapat membantu Google untuk bisa memahami makna penyajian pencarian yang paling sesuai untuk menjawab pertanyaan oleh pengunjung.

Dimata Google, Algoritma yang satu ini di sebut sebagai faktor penentu peringkat paling penting. Bagaimana supaya bisa lolos dalam Algoritma Rankbrain ini? Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu memastikan apakah website yang Anda kelola dapat ditampilkan atau dimuat dengan cepat. Apabila loading nya lama atau lambat, bisa jadi pengunjung akan segera keluar dari situs web Anda tersebut. Hal ini akan berpengaruh terhadap rank Anda di beranda Google. Jadi, pastikan Anda memilih hosting yang kecepatan loadingnya tidak bermasalah. Selain itu, cobalah fokus untuk membuat konten yang menarik, berkualitas, informatif dan enak dibaca.

7. POSSUM

Tidak lama setelah dirilisnya Rankbrain, berikutnya pada tahun 2016 dirilis juga Algoritma Possum. Tepatnya mulai beroperasi pada tanggal 1 September 2016. Possum memiliki titik fokus pada penempatan kompetisi yang cocok disesuaikan dengan lokasi yang lebih ditargetkan dan spesifik. Maka, dengan demikian pembaharuan Possum ini akan memungkinkan penelusur lokal menjadi variatif berdasarkan lokasi dari si penelusur tersebut. Apabila seseorang dekat dengan lokasi bisnis, maka kemungkinan besar Anda akan melihat hasil lokal tampil di beranda pencarian.

Untuk lebih memahaminya perhatikan contoh ini, ketika Anda mengetikkan di beranda pencarian “Rumah sakit mata” maka, tanpa Anda harus menyebutkan lokasi yang ingin dituju, hasil pencarian yang muncul akan disesuaikan dengan posisi lokasi Anda berada. Menarik bukan? Selain daripada itu Algoritma yang satu ini juga dapat menghasilkan lebih banyak lagi variasi hasil peringkat untuk setiap pertanyaan yang kelihatnya sangat mirip.

Bagaimana cara menangani Algoritma Possum agar turut membantu Anda meningkatkan blog? Apabila Anda memiliki bisnis lokal, maka cobalah untuk memperluas daftar untuk kata kuncinya . Selanjutnya lakukan pelacakan peringkat serta ditambah dengan lokasi yang spesifik. Kalau dibandingkan sebelum kemunculannya Possum, bisnis lokal yang sekarang ini akan lebih mentargetkan pada lebih banyak jumlah kata kunci pada konten.

8. FRED

Algoritam yang terakhir adalah Fred. Algoritma ini mulai dirilis dan beroperasi pada tanggal 08 maret 2017. Ini adalah Algoritma terbaru dibandingkan dengan yang lainnya. Pada saat adanya pembaharuan dari Google Fred banyak publisher blog berkomentar karena penurunan halaman web mereka secara tiba –tiba. Tahu kah Anda? Fred ini sendiri sebenarnya disebut sebagai pembaruan kecil untuk algoritma Google dan terjadi setiap hari. Namun, mulai beroperasi nya Fred pada tanggal 08 maret memang begitu terasa secara signifikan oleh webmaster. Apa yang memicu Algoritma Fred ini?

Ada beberapa hal yang mempengaruhinya diantaranya adalah adanya iklan yang terlalu bersifat agresif, konten bernilai rendah, serta pengalaman pengguna yang buruk. Jika Anda sudah merasakan dampaknya, apa yang perlu Anda lakukan? Tips dan solusi nya cukup sederhana saja. Anda hanya perlu memprioritaskan konten dan pengalaman pengguna menjadi suatu hal yang paling penting. Apabila halaman web menampilkan sebuah atau beberapa iklan, pastikan terlebih dahulu halaman tersebut memuat informasi berkualitas dan menawarkan konten yang relevan. Selanjutnya coba atur setiap iklan Anda jangan terlalu banyak atau bahkan jangan sampai terlihat seperti halaman spam iklan.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya seputar 8 Algoritma terbaru dari Google yang Wajib Anda ketahui. Untuk bisa mendapatkan kesuksesan harus di barengi dengan usaha dari kita pribadi. Entah sekarang ini Anda yang bekerja secara perorangan, kelompok, organisasi atau perusahaan terkait pembangun situs web sekalipun, memang penting untuk memahami bagaimana proses cara kerja SEO yang mencangkup Algoritma. Semoga Informasi ini bisa turut membantu dalam kesuksesan bisnis online Anda. Semoga bisa bermanfaat dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel