Algoritma google terbaru maret 2018 | Google FRED

Algoritma google terbaru maret 2018 | Google FRED

Algoritma google terbaru maret 2018 | Google FRED

Google terus melakukan update pada algoritmanya dan pada bulan maret 2018. Ini sebagai bentuk perbaikan terhadap kualitas Search Engine google terhadap konten sebuah blog untuk menentukan peringkat yang lebih baik. Berbagai macam algoritma seperti Google Panda, Google Mobile Friendly, Hummingbird, Google EMD Exact Match Domain, Penguin, Pigeon dan lain lain.

Pada awal bulan maret 2018 ini google mengupdate algoritmanya dengan sebutan FRED untuk menyaring antara "Blogger Positif" dengan "Blogger Negatif". Lalu bagaimana cara kerjanya yang mungkin banyak orang belum mengetahuinya. Analisis Websmaster di Perusahaan Alphabet, Gary lllyes memberi julukan ‘Google Fred’ adalah sebuah candaan untuk menargetkan atau menjatuhkan Peringkat Konten dari Blog/Situs milik Blogger Negatif.

Setiap kali melakukan update algoritma, google tidak memberikan bocoran apa saja kemampuan 'Google Fred' ini karena sifatnya yang rahasia. Tetapi ada kabar gembira karena Pakar SEO Barry Schwartz dan Perusahaan Pelacakan Traffik seperti StatCounter dan TechWyse telah melakukan analisis dan mempelajari Karakteristik Google Fred ini.

Temuan menarik tentang algoritma Google Fred

Backlink Mati dan Link Tautan tidak sesuai

Pada setiap artikel untuk mendokrak artikel lainnya biasanya membuat internal link seperti "Lihat Juga, Baca juga, Silahkan kunjungi". Link ini juga yang biasanya digunakan untuk memberikan backlink ke situs lain. Google akan menargetkan kepada blog yang memiliki link mati (broken link), rusak atau artikel pada link tersebut sudah di hapus oleh pemiliknya.

Target Google Fred lainnya adalah membuat internal link yang tidak sesuai dengan isi artikel tersebut. Salah satu contoh artikel makanan tetapi membuat link baca juga yang mengarah ke artikel bisnis atau teknologi. Link artikel yang ada di dalam bacaan sebaiknya sesuai dengan isinya atau saling berhubungan. Hasil penelitian Statcounter dan TechWyse melaporkan Temuan bahwa Link Tautan Balik berkualitas Buruk atau Tak Relevan menyebabkan Banyak blog/web terpukul oleh pembaharuan Fred.

Baca juga :
- Cara cek dan perbaiki link Blog yang Mati
- 5 Posisi iklan Adsense yang tepat
- Trik jitu update artikel Blog setiap hari

Algoritma google Fred terhadap Iklan Adsense

Barry Schwartz seorang Pakar Ahli SEO menemukan indikasi hubungan antara Fred dan Monetisasi iklan dalam Tulisan Penelitian yg Beliau Lakukan. Berikut ini adalah yang dikatakan Barry : "Jelas, Google Fred bisa berlaku untuk jutaan situs web, namun jutaan situs tidak terpuruk oleh pembaruan Fred. Jadi apa yang terjadi? Nah, bukti tentu saja menunjukkan bahwa situs yang memprioritaskan monetisasi sehingga mengabaikan pengalaman pengguna terkena dampak paling parah. khususnya situs dengan inventaris iklan yang sangat banyak dan konten yang sedikit".

Nah buat anda yang banyak memasang iklan Adsense tetapi memiliki konten yang sedikit silahkan lakukan perubahan dengan memasang posisi iklan yang tepat. Saran dari mastimon.com adalah posisi iklan di Header, Atas Postingan, Tengah Postingan dan Akhir Postingan. Sedangkan untuk di sidebar atau samping artikel blog silahkan tampilkan di versi Desktop saja jadi pada saat dibuka versi mobile iklan tersebut tidak tampil.

Kesimpulan :

Dengan adanya update algoritma google Fred ini maka akan berdampak kepada blog/web yang akan terjadi penurunan atau kenaikan secara drastis. Untuk blogger Negartif sudah pasti ini merugikan sekali tetapi bagi  Blogger Positif sangat menguntungkan. Nah buat sobat yang sudah melakukan beberapa kesalahan di atas mulai sekarang lakukan perbaikan supaya tidak Terkena Dampak Finalty Google Fred.

Berikut ini adalah tips dari Blue Corona, Perusahaan Jasa Service Digital Marketing :
  1. Kurangi Jumlah Iklan di Situs Anda 
  2. Tinjau Kembali Panduan Mutu Google Penelusuran
  3. Terus Update Konten Anda
  4. Pastikan Metadata, Tag, Link, Kualitas Backlink Berjalan secara Sesuai
NB : Terus pantau update Googel Fred terbaru 2019 mendatang supaya blog anda tetap sehat.
Buka Komentar