Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Posisi Penempatan Iklan Adsense di BLOG/WEB yang Efektif dan Berhasil

Adsense merupakan jasa periklanan google yang iklannya ditempatkan pada sebuah blog/web tertentu. Kali ini mastimon.com berbagi sedikit tips dari pengalaman pribadi tentang posisi penempatan iklan Adsense yang efektif supaya menghasilkan Adsense pada blog tersebut menjadi maksimal. Para penulis blogger target utama mereka adalah diterima oleh Google Adsense tetapi tidak memperhatikan konten yang mereka berikan.

Penyesalan, kecewa dan marah sudah menjadi hal yang biasa saat ditolak Adsense. Saat di terima sungguh senangnya tetapi apa boleh buat blog yang baru seumur jagung dipasang iklan Adsense cukup rawan dengan kata Banned. Itu terjadi karena anda terlalu mengejar penghasilan. Ada juga yang sudah memili akun Adsense tapi gajiannya satu tahun sekali.

Baca juga : Cara terbaru menampilkan BLOG / WEB di Google Halaman Pertama

Seorang penulis Blog/WEB yang baik adalah selalu berfikir tentang tulisan yang akan dibuat. Bukan memikirkan hasil terus menerus karena hal ini yang mengakibatkan anda membuat jalan pintas dengan cara yang tidak baik. Jikapun blog anda sudah ramai dengan pengunjung maka cukup mudah untuk mendapatkan penghasilan. Bukan hanya dengan Adsense tetapi bisa juga anda memasang iklan Adnow.

Visitor sudah puluhan ribu tetapi mengapa tidak sesuai dengan hasil yang didapatkan. Kualitas artikel menentukan besarnya nilai CPC Adsense. Bukan hanya kualitas tulisan tetapi penempatan Iklan juga mempengaruhi penghasilan anda. Sudah 6 bulan saya memasang Iklan adsense di blog mastimon.com tapi baru kali ini merasa puas dengan penempatan Iklan Adsense yang saya buat.

Baca juga : Tips mendapatkan IDE menulis di BLOG/WEB supaya bisa buat ARTIKEL setiap hari

Melakukan percobaan percobaan adalah salah satu triknya supaya kita mengetahui penempatan iklan Adsense yang efektif. Setelah melakukan beberapa kali bongkar pasang Iklan Adsense maka pada hari ini adalah hasil yang paling memuaskan. Pendapatan saya bisa 2 kali lipat dari sebelumnya. Ada sekitar 5 penempatan Iklan Adsense yang Efektif dan terbukti berhasil.

1. Penempatan iklan Adsense di atas judul blog

Iklan adsense yang berada paling atas blog cukup efektif karena pada saat pengunjung blog datang iklan tersebut yang pertama kali dilihat. Anda bisa meletakkan di Header atau tepat di atas judul artikel blog seperti contoh Iklan Adsense di atas. Untuk pemilihan jenis iklan adsense ini anda gunakan yang Responsive dan jenis iklan Gambar. Jika kita lihat versi Desktop maka akan terlihat besar menyesuaikan lebar template blog tapi jika kita lihat versi mobile ukurannya menjadi kecil.

2. Penempatan iklan Adsense tepat dibawah judul artikel

Iklan Adsense dibawah judul artikel paling banyak digunakan karena saat pembaca mulai mencari kalimat utama yang dilihat adalah iklan teraebut. Iklan adsense ini anda bisa memilih jenis In-Feed Ads. Dengan tampilan gambar dan kalimat seperti sebuah artikel maka iklan ini paling cocok jika ada di awal tulisan artikel. Ada juga yang lebih memilih Iklan bentuk Gambar dengan Ukuran tertentu, jika tampil dilayar Desktop maka artikel awalan akan berada di samping Iklan tersebut.

3. Penempatan Iklan Adsense di Tenggah Postingan Blog

Bagi seorang pemula Blogger untuk memasang Iklan di tenggah postingan blog cukup sulit karena membutuhkan beberapa kode HTML. Nah buat anda yang inggin mencobanya silahkan ikuti tutorialnya yang sudah saya buat : Cara buat Iklan Adsense LINK / TEKS untuk meningkatkan Penghasilan BLOG. Silahkan anda baca pada paragraf terakhir disana sudah saya jelaskan cara memasang Iklan Adsense di Awal, Tenggah dan Akhir Postingan blog. Untuk jenis iklan di tenggah postingan Blog lebih baik menggunakan jenis iklan Link Tautan seperti gambar di atas.

4. Penempatan Iklan Adsense di Akhir Postingan Blog

Hampir sama dengan pemasangan di tenggah Postingan blog. Pada akhir Postingan blog saya lebihkan Iklan yang tampil. Setelah mengamati beberapa gerak gerik pengunjung bahwa mereka cendrung akan melakukan tindakan setelah selesai membaca artikel tersebut. Mengapa saya sandingkan antara Iklan Link Tautan dengan Iklan In-Feed Ads !!! Disaat pengunjung selesai membaca artikel maka fokus mata tertuju kepada apa saja yang ada di akhir kalimat. Jadi saya buat bersanding supaya Pengunjung bisa memilih Iklan yang di ingginkan.

5. Penempatan Iklan Adsense dibawah kotak Komentar Blog

Setiap blog memiliki widget Komentar, gunanya supaya dapat melakukan interaksi dengan pengunjung. Tetapi ada juga blog yang tidak membuat Kolom Komentar karena Widget tersebut juga mempengaruhi kecepatan Loading Blog. Mastimon.com memiliki 3 Widget Komentar yaitu Disqus, Widget Coment bawaan Blogger dan Widget Coment Facebook. Pemasangan Iklan Adsense dekat dengan kolom komentar adalah disaat melakukan penulisan Komentar, pengunjung akan melihat Iklan Adsense tersebut dan bisa mengundang untuk melakukan tindakan. Silahkan anda Pilih Iklan Adsense yang paling cocok anda letakkan dibawah Widget Komentar Blog.

Iklan versi Mobile "PAGE LEVEL ADS"

Page Level Ads adalah jenis Iklan Adsense yang hanya tampil di perangkat Selular. Jika anda lihat melalui Desktop maka tidak akan tampil iklan tersebut. Iklan jenis ini termasuk baru tetapi hasilnya cukup Efektif karena hampir 80% Pengunjung sebuah blog adalah dari Perangkat Selular. Ada 2 jenis iklan yang ditampilkan yaitu di bawah atau di atas perangkat selular dan Iklan Adsense yang tampil penuh di layar handphone tetapi ada tombol CLOSE besar. Untuk memasangnya anda bisa mengikuti tutorial berikut : Cara pasang Iklan PAGE LEVEL ADS Adsense yang tampil didepan dan dibawah versi Mobile.

Penempatan Iklan Tambahan melalui Matched Content

Matched Content adalah unit Iklan yang mirip dengan Related Post atau Artikel terkait. Blog mastimon.com baru saja saya pasang Iklan tersebut. Sebenarnya jika kita perhatikan yang tampil hanyalah Kumpulan Artikel terkait tetapi jika kita perhatikan lagi ada beberapa artikel yang tidak sesuai dengan label (Campur). Awalnya saya tidak tertarik untuk memasangnya karena sudah ada Widget artikel terkait bawaan Template Blogger. Setelah saya perhatikan lagi di blog bang maxmanroe ternyata di sela Matched Content terdapat Iklan Adsense yang menyerupai Artikel kita. Dengan memasang Iklan ini selain membuat pengunjung betah ternyata mereka juga bisa tertarik dengan Iklan Adsense dalam bentuk Artikel terkait.

Kesimpulan : 

Dari beberapa penjelasan Penempatan Iklan Adsense yang Efektif di atas maka supaya mendapatkan penghasilan lebih besar adalah menempatkan Iklan Adsense disekitar tempat Pengunjung berinteraksi. Menggapa saya tidak menganjurkan anda membuat Iklan disamping Kanan Blog atau di Sidebar Blog !!! Pengunjung / Visitor rata rata 80% adalah berasal dari perangkat Mobile / Android jadi jika blog anda buka menggunakan Handphone rata rata Iklan di Sidebar akan berada paling bawah artikel dan Ini yang membuat Pengunjung tidak melihatnya.

Baca juga : Tips untuk seorang Pemula Blogger dalam mendatangkan Visitor banyak

Disini saya tidak menjelaskan Nilai CPC Iklan Adsense yang tinggi tetapi lebih kepada reaksi pengunjung terhadap Iklan Adsense yang kita pasang. Mungkin cara pandang saya ini berbeda dengan para Blogger lainnya tetapi cara ini terbukti berhasil saya lakukan karena pada pagi ini Penghasilan Adsense Saya melonjak 2 kali lipat dari Penghasilan sebelumnya. Penghasilan meningkat itu bukan karena nilai CPC yang tinggi tetapi banyaknya Reaksi Pengunjung terhadap Iklan Adsense yang saya pasang.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di praktekkan pada BLOG / WEB pribadi anda. Dan perlu saya tambahkan bahwa Iklan Link Tautan cukup Efektif karena Iklan yang ditampilkan sesuai dengan Artikel yang kita buat. Berbeda dengan Iklan Gambar terkadang lepas dari pembahasan tulisan. Nilai CPC kecil jika banyak memiliki reaksi pengunjung maka penghasilan anda bisa menjadi besar dan sebaliknya walaupun nilai CPC tinggi jika tidak ada reaksi dari pengunjung maka akan sia sia.