Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah CTR Iklan Adsense yang AMAN supaya tidak di BANNED Google

Google Adsense adalah media Periklanan Google yang melakukan kerjasama dengan beberapa Blog/WEB untuk mendapat penghasilan dari Blog tersebut. Ada beberapa istilah dalam Google Adsense seperti CTR (Click Through Rate) adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misal, satu Ad Units yang ditampilkan 80 kali dan di klik 20 kali memiliki nilai CTR 25% (20:80).

Mengapa kali ini mastimon.com membahas tentang CTR ? Beberapa hari ini saya berfikir mengapa di Group Facebook Sekte Karungan banyak yang membahas tentang CTR di atas 2% dan saya coba mengali informasi KOMUNITAS PUBLISHER INDONESIA yang membahas tentang CTR yang aman. Rata rata berkomentar bahwa CTR aman itu adalah dibawah 5% tapi ada juga yang berkomentar bahwa CTR mencapai 25% juga aman asal sumber alami dari Google.

Baca juga : 5 Posisi Penempatan Iklan Adsense di BLOG/WEB yang Efektif dan Berhasil

CTR mastimon.com paling tinggi adalah 0.60% dan tidak pernah di atas 1%. Sumber pengunjung 95% adalah dari beranda google karena yang 5% saya mencari visitor dari Fanspage Facebook. Sedih melihat CTR saya hanya segitu dibandingkan teman teman ada yang mencapai 10% dan aman. Belum ada penjelasan yang pasti dari Google berapa Persen CTR yang aman tetapi untuk anda yang baru memiliki akun Adsense jangan coba coba menaikkan CTR.

Menaikkan CTR cukup mudah sebenarnya tetapi Akun Adsense anda rawan di Banned oleh Google. Pilih mana Akun Adsense aman tetapi memiliki penghasilan Normal atau anda mengejar penghasilan tetapi akun anda di Banned. Nah kali ini akan saya coba jelaskan supaya akun Adsense anda tetap aman walaupun CTR anda mencapai 100%.

Cara supaya akun Adsense tetap aman walaupun CTR tinggi

Google memiliki cara tersendiri untuk mendeteksi perilaku atau respon di Iklan Adsense anda. Untuk anda yang baru memiliki akun Adsense, jangan sekali kali berfikiran untuk mengklik Iklan sendiri karena itu akan diketahui oleh Google. Terlebih lagi anda menggunakan satu perangkat Handphone atau PC melakukan Klik Iklan satu hari berkali kali walaupun jaraknya anda atur. Jika CTR anda di bawah 1% mungkin masih aman walaupun anda melakukan klik sendiri. Seperti bisa lihat screenshot CTR akun Adsense milik saya yang baru dibawah ini

Baca juga : Cara buat Iklan Adsense LINK / TEKS untuk meningkatkan Penghasilan BLOG

Statistik Page View, Page RPM, Impressions, Click, CPC dan Page CTR dalam 3 Bulan terakhir. Page CTR hanya mencapai 0.87% dan itu sudah sudah dipastikan aman karena masih dibawah 1%.

Statistik Page View, Page RPM, Impressions, Click, CPC dan Page CTR dalam 1 hari. Page CTR hanya mencapai 0.50% dan itu sudah sudah dipastikan aman karena masih dibawah 1%.

Bagaiman jika CTR di atas 1% bahkan mencapai 100% ???

CTR mencapai 100% itu terjadi karena Page View sama dengan total klik. Memiliki CTR besar adalah bagus karena memungkinkan anda mendapatkan penghasilan besar juga tetapi perlu diperhatikan jika CTR persentasenya besar dan mencapai 100% maka anda perlu waspada yaitu dengan mengecek ke Daskboard Blogger. Pilih Statistik lalu anda Pilih Tayangan Sekarang untuk melihat sumber statistik sekarang atau Pilih Hari untuk memilih statistik yang tayang satu hari kemaren. Terlihat akan tampil seperti gambar dibawah ini :


Kotak merah diatas menunjukkan bahwa dalam satu hari kemaren sumber Visitor atau Pengunjung mayoritas dari Google. Jika informasi statistik pengunjung belum meyakinkan anda maka coba anda buka kembali di daskboard Blogger lalu anda Pilih Statistik dan pilih Sumber Lalu Lintas. Terlihat jelas seperti gambar dibawah ini visitor blog anda berasal dari mana saja. Jika Mayoritas dari Google berarti akun Adsense anda masih aman tetapi jika lebih besar dari Facebook atau media lainnya maka siap siap saja akun anda akan di Banned.


Kesimpulan :

Dari uraian penjelasn di atas bisa saya simpulkan bahwa besarnya CTR tidak mempengaruhi akun Adsense akan di Banned walaupun mencapai angka 100% apabila Visitor anda berasal dari beranda Google. Sebaliknya jika CTR anda mencapai hanya 10% tetapi sumber trafik bukan berasal dari Google seperti dari Facebook, Google +, Twitter, BBM, WhatApp dan Instagram maka kemungkinan besar akun anda akan terciduk. Baca juga : Tips mendapatkan IDE menulis di BLOG/WEB supaya bisa buat ARTIKEL setiap hari.

Saran :

Sebagai seorang blogger yang baik harus tetap memperhatikan Kualitas Tulisan yang dibuat. Mendatangkan visitor sebanyak banyaknya dari beranda Google bukan membagikannya ke media sosial terlebih lagi Akun Adsense anda baru seumur jagung. Jika visitor atau pengunjung blog anda sudah mencapai puluhan ribu dan mayoritas dari Google sudah dipastikan akun Adsense anda aman walaupun ada yang jail melakukan respon terhadap iklan secara berulang kali. Baca juga : Tips untuk seorang Pemula Blogger dalam mendatangkan Visitor banyak.