Cara cek Link Blog yang sudah Tidak Aktif, Broken Link atau URL mati

Cara cek Link Blog yang sudah Tidak Aktif, Broken Link atau URL mati

Cara cek Link Blog yang sudah Tidak Aktif, Broken Link atau URL mati

Bagaimana cara mengetahui eksternal link yang ada di blog kita sudah tidak aktif lagi atau broken link. URL mati seperti ini cukup membahayakan bagi performa blog kita dimata search engine Google, Yahoo dan Bing. Terlebih lagi kepercayaan seorang pengunjung blog karena merasa ditipu saat akan mengunjungi link dari saran artikel kita ternyata tidak ada.

Buat sobat blogger yang banyak menanam link keluar harus sering sering melakukan pengecekan link artikel mana yang sudah tidak aktif lagi. Terkadang kita tidak sadar saat menghapus salah satu artikel ternyata mempengaruhi artikel lainnya. Saat anda membuat internal link yang mengarah ke artikel tersebut maka akan terjadi error.

Lalu bagimana cara mengecek link yang sudah mati apabila artikelnya sudah ribuan. Ini menjadi pertanyaan saya saat akan mengecek karena artikel saya sampai saat ini sudah mencapai 720 artikel. Tidak mungkin kan saya cek satu persatu artikel, bisa satu bulan penuh saya hanya mengecek link. Dengan mengurangi bahkan meniadakan link error di blog kita maka itu akan mempengaruhi performa blog.

Untuk mengeceknya secara mudah dan cukup satu kali klik maka akan muncul semua link yang sudah mati maka sobat bisa mengikuti tutorial berikut ini :
  1. Silahkan sobat masuk ke situs Brokenlinkcheck.com
  2. Silahkan isi alamat blog sobat seperti contoh lalu tekan Find broken links
  3. Isi Security Code dan pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower) lalu tekan Find broken link now !
  4. Tunggu beberapa saat maka list link yang tidak aktif akan tampil seperti gambar di bawah ini. Ada 27 link yang sudah mati di situs mastimon.com, semuanya itu karena artikel titipan dan beberapa artikel yang saya hapus.
  5. Untuk mengetahui di artikel mana link tersebut berada silahkan anda klik src pada kolom Page Where Found maka anda akan di arahkan ke link artikel tersebut (Lihat link paling atas). Silahkan anda cek langsung di Blogger untuk edit artikel tersebut dengan menghapus Link yang sudah mati.
  6. Selesai

Bagaimana cukup mudah bukan memperbaiki link yang sudah mati di blog. Silahkan anda edit dengan link yang aktif atau link yang baru. Bisa juga anda hapus link tersebut supaya tidak menimbulkan masalah pada blog anda. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan apabila mengalami kesulitan silahkan di tanyakan di kolom komentar, Sekian dan Terima Kasih.
Buka Komentar