Trafik Blog DOWN setelah Lebaran 2019

Idul Fitri (Lebaran) 2019 sudah lewat dan ada yang mengejutkan buat para Pengelola Blog / Website. Ada perubahan yang cukup signifikan pada trafik atau statistik Blog saat mulai awal lebaran hari pertama. Trafik Down terjun bebas sampai dengan setengahnya dari hari normal atau biasanya. Ini yang menyebabkan para Publisher Google Adsense karena sudah pasti penghasilan menurun banyak.

Statistik Blog

Ada beberapa penyebabnya yang perlu kita ketahui yaitu Google melakukan Update Algoritma atau memang Blog kita terkena badai akibat dari kesalahan yang dilakukan. Ada beberapa artikel yang berada di halaman pertama google (PageOne) tiba tiba hilang bahkan tidak ditemukan sampai ke halaman selanjutnya.

Jangan kuatir ataupun cemas jika sobat sekalian sudah melakukan update artikel dengan cara yang benar karena kemungkinan terjadinya penurunan trafik berlaku untuk semua situs. Terbukti benar beberapa teman di Facebook dan Instagram membuat status tentang penurunan Trafik Blog bahkan terlihat statistiknya menurun sampai lebih dari 90%.

Penyebab Trafik Blog DOWN tiba tiba

Salah satu penyebab utama turunya trafik adalah banyaknya Link yang mati pada Blog kalian atau bahasa kerennya Broken Link. Saya selalu melakukan pengecekan di Blog saya yang banyak memasang artikel Placement, Tujuannya untuk mengecek Link mana yang mati dan langsung meremovenya. Jika hal tersebut kalian biarkan maka akan berakibat Fatal terhadap kesehatan Blog.

Link yang mati bukan hanya yang mengarah keluar (Eksternal), terkadan Internal link yang kita buat juga error akibat dari kita salah mencopas linknya. Nah ini bisa jadi boomerang karena banyak sekali pengunjung melakukan klik terhadap link BACA JUGA. Jika belum tau cara mengeceknya silahkan baca Cara cek Link Mati pada artikel Blog.

Selain itu Blog kita juga tidak memiliki Backlink ke situs besar yang memiliki DA PA tinggi sehingga mudah tumbang. Salah satu situs yang bisa kalian coba untuk menanam Backlink adalah KASKUS. Buatlah sebuah artikel disana lalu menyelipkan atau meninggalkan Link Doffolow maka Blog kita akan memiliki kualitas backlink yang baik.

Ada juga faktor karena artikel yang kita buat terdeteksi Copy Paste oleh search engine. Hal ini disebabkan oleh kita sendiri yang malas menulis ataupun ada beberapa artikel hasil dari membeli. Hati hati saat membeli sebuah artikel karena banyak sekali Tools atau aplikasi untuk melakukan SPIN artikel. Memang terlihat tidak plagiat saat di cek di smallseotools tetapi Google bisa mendeteksi struktur tulisan.

Faktor lainnya adalah karena salah dalam memilih Hosting. Jika kalian pemula saran saya menggunakan Blogger Gratisan tetapi jika inggin mencoba menggunakan WP maka pilihlah hosting yang bagus. Jika membeli hosting asal asalan maka dapat dipastikan dalam satu bulan ada saatnya Blog tiba tiba tidak bisa di akses dan itu merusak kepercayaan Google.

Tips mengembalikan Trafik Blog yang DOWN

Cara menaikkan kembali trafik yang terjun bebas adalah cukup mudah tetapi tidak bisa dalam waktu singkat. Seberat apapun pelanggarn yang kita lakukan maka Blog suatu saat tetap bisa naik bahkan lebih banyak visitornya. Ini terbukti dari beberapa blog saya dengan domain tua tetapi pernah melakukan pelanggaran dan saya hapus artikelnya bisa naik dan bersaing di beranda google.

Tips yang utama dan pertama adalah tetap melakukan Update Artikel Original hasil tulisan sendiri dan jangan membeli artikel dulu. Update dengan teratur minimal satu artikel setiap hari dengan panjang minimal 500 kata. Gunakan gambar di situs penyedia yang gratis seperti Pixabay dan usahakan besarnya dibawah 100 kb.

Selain itu cara lainnya adalah coba membangun backlink dofollow di Blog orang lain yang yang memiliki DA PA tinggi. Cari yang Gratisan tetapi jika tidak mendapatkannnya bilaperlu membeli menggunakan artikel placement. Kurangi menerima artikel placement terlebih lagi trafik blog kecil bahkan nice blognya tidak sesuai dengan blog kita.

Terakhir adalah memeriksa Hosting yang kita gunakan jika menggunakan Wordpress. Cara mengeceknya cukup mudah yaitu masuk ke WP lalu periksa data statistik jika ada satu hari blog tanpa trafik maka dapat dipastikan Blog kalian sering down dan tidak bisa di akses. Solusinya ganti tempat pembelian hosting dan bilaperlu gunakan Blogger Gratisan.

Mungkin sekian dulu pembahasan tentang Trfik yang terjun bebas pada saat lebaran 2019 dan setelah beberapa hari terakhir ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung ke Blog sederhana ini. Jika inggin terus mendapatkan Update artikel blog ini silahkan klik link IKUTI BLOG ini, Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel