Cara ngePrint melalui HP Android dengan mudah

Mastimon.Com - Kegiatan mencetak gambar atau dokumen penting lainnya merupakan suatu hal yang tidak bisa lepas dari kita semua. Terkhususnya untuk para siswa, mahasiswa, pekerja, pegawai dan pengusaha tertentu, hampir setiap hari mereka memerlukan jasa ini. Tidak bisa di pungkiri bahwa kegiatan ngeprint sudah menjadi salah satu kebutuhan masa kini. Selain itu adanya keberadaan Handphone android memang sangat luar biasa sekarang ini. Kita bisa bayangkan setiap orang pasti mempunyai satu atau bahkan beberapa smartphone karena harganya yang sangat terjangkau. Di tambah lagi karena HP android tersebut sudah banyak memiliki fitur yang mendukung aktivitas dari pengguna nya.

HP jaman sekarang tidak mau kalah dengan kecanggihan yang dimiliki laptop atau komputer. Termasuk opsi untuk mencetak dengan mudah dan cepat. Kalau dahulu kita hanya bisa menikmati Gadget untuk berkirim pesan melaui MMS, SMS dan via telepon saja, jangan heran bahwa smartphone canggih sekarang ini dapat digunakan untuk bekerja, menyimpan, mengedit lembar pekerjaan kita sampai ngeprit pun bisa. Fitur –fitur yang ada di smartphone pun banyak dipakai untuk mendukung aktivitas seseorang untuk dapat menyelesaikan pekerjaan mereka. Apalagi ini sangat cocok dan simple untuk anda yang berada di dalam kondisi mendesak untuk segera mencetak, apabila menggunakan PC atau Laptop pasti cukup merepotkan dan memakan banyak waktu.

Lihat Juga : Tips memilih Printer untuk Bisnis Cetak undangan supaya Tahan Lama.

Ini adalah solusi praktisnya. Mungkin buat anda menyimpan, mengedit, membuat lembar kerja di Android itu mudah ya, namun bagaimana dengan mencetak langsung dari HP android anda tersebut? Semua bisa dilakukan dengan mudah, dengan bantuan alat print atau pencetak terbaik anda bisa mendapatkan hasil printan yang anda inginkan. Pilih media print yang cocok dan menurut anda sesuai misalnya Canon, Epson, HP, Brother, Dell, Lexmark, Fuji Xerox, Samsung dan masih banyak lagi yang lainnya. Lalu bagaimana tips dan cara spesifiknya? Yuk kita simak selengkapnya pada uraian dibawah ini.

Cara ngePrint melalui HP Android dengan mudah

Ada beberapa Tahapan untuk mengakses android anda ke printer. Anda hanya perlu memilih mau menggunakan media sarana seperti apa, menggunakan Kabel USB, Bluetooth, atau koneksi Wifi. Apabila printer anda belum di sharing, maka sebaiknya anda menggunakan kabel USB saja. Yaitu dengan cara cukup menghubungkan HP dengan printer menggunakan kabel USB Karena di dalam Smarphone anda sendiri sudah tersedia opsi “Print” atau “Cetak”.

Cara yang lebih simple dan menghemat waktu daripada menyalakan PC yang lain adalah dengan menggunakan Fitur Cloud Print, atau menggunakan aplikasi terkenal yakni PrinterShare Premium. Bagaimana caranya? Anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu di layanan Google play store atau apps store. Anda dapat mengunduhnya secara gratis dan menguntungkan karena didukung oleh ribuan printer terkenal dari Indonesia. Kemudian jalankan proses sebagai berikut :
  1. Apabila proses penginstalan PrinterShare Premium sudah selesai maka, Hidupkan Fitur Wifi pada HP anda, lakukan sambungan wifi yang sudah terkoneksi dengan printer. Apabila sudah, buka lah aplikasi PrinterShare Premium Tersebut
  2. JIka aplikasi tersebut sudah di buka, setelah itu pilih opsi “Pinter Select” pada posisi pojok sebelah kanan bawah. Selanjutnya akan muncul menu “Select Printer”, Klik “Nearby Wifi”, Tunggulah sampai proses scanning pada printer selesai, kemudian pilih printer yang akan anda gunakan.
  3. Pada bagian selanjutnya akan muncul Notifikasi yakni “User Action Required”. Nah pada bagian ini pilih lah “Use Generic”. Dan tekan “Yes untuk dapat mengunduh browser tersebut. Selanjutnya tunggu hingga muncul notif “Congratulation! Your Printer is Configured ready”. Lanjutkan dengan memilih “Skip”.
  4. Setelah itu kembali pada menu utama di aplikasi Printershare nya. Klik “Documents”. Kemudian pilih “Memori Perangkat” atau “Kartu SD” (Sebenarnya ini tergantung dimana anda menyimpan file yang akan di print tersebut). Lalu pilih file dokumen yang ingin di print.
  5. Kemudian setelah memilih dokumen nya, Anda akan diarahkan pada notifikasi dimana anda diharuskan untuk mengunduh preview dari file yang ingin di print tadi, maka anda perlu memilih “Yes” dan tunggu hingga download preview file selesai.
  6. Apabila dalam File Preview anda sudah merasakan cocok dan sesuai, maka anda bisa langsung memilih opsi “Print” kemudian pilih lah berapa jumlah lembar yang ingin anda print. Proses mencetak pun di mulai, disini anda tinggal menunggu sampai prosesnya selesai.

Mudah bukan? Memang diperlukan beberapa step dan pilihan menu tapi, kalau anda sudah tahu caranya sebentar saja anda sudah bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. Cara Mencetak dokumen, file, gambar atau foto dengan koneksi wifi ini sangat mendukung kebutuhan ngeprint dari berbagai merek printer seperti yang sudah kita sebutkan diawal, dan juga semua bentuk file dapat dengan mudah anda print, baik dalam bentuk PDF, MS Office, PS, rtf, halaman web dan masih banyak lagi. Jadi anda tidak perlu khawatir dan bisa mengakses print dimana saja. 

Semoga Informasi ini bermanfaat dan Terima kasih sudah membaca artikel ini. Kalian juga bisa mendapatkan berbagai informasi tentang Internet, Komputer dan Android di situs sayawrt.com. Blog yang membahas tentang Pengalaman Pribadi tentang Pengalaman, Cerita, Opini dan Review. Baca Juga : Printer terbaik dengan hasil memuaskan untuk Cetak Foto Keluarga anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel