Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Printer yang tepat untuk Cetak Undangan dan cara Perawatannya

Printer Canon Pixma iP2770 adalah mesin yang membantu saya menyelesaikan tugas dari orderan berbagai macam undangan. Banyak sekali printer yang bisa anda gunakan untuk mencetak undangan seperti merek Epson, HP, Dell dan masih banyak lagi. Tentunya jika anda memiliki sebuah bisnis percetakan maka harus memilih Printer yang tepat dan sesuai dengan harapan.

Beberapa hari yang lalu ada yang bertanya melalui messenger Facebook saya "Mas printer yang digunakan cetak undangan mas mereknya apa ya ???". Pertanyaan ini bukan sekali dua kali saya dapatkan karena di beranda Facebook saya terkadang promosi hasil cetak undangan saya. Ada beberapa orang yang tertarik untuk mencoba membangun sebuah bisanis percetakan.

Baca juga : Cara reset printer Cannon IP 2770 karna error 5B00 dengan software Resetter

Sebenarnya tidaklah sulit untuk memilih Printer yang tepat untuk percetakan anda. Cetak undangan disini yang saya maksud adalah kita sudah memiliki Form atau Blankonya dan kita tingal Print atau Cetak tulisannya saja. Berbeda jika kita cetak Full Collor (Penuh Warna) itu membutuhkan printer yang baik dan harganya sudah pasti mahal.

Cara memilih printer untuk Cetak undangan yang tepat :
  1. Harganya murah dan sesuai dengan kebutuhan
  2. Kuat, tahan lama dan tidak mudah rusak
  3. Kecepatan cetak lebih baik supaya cepat selesai
  4. Kualitas cetak memuaskan dan tinta tidak mudah error
  5. Printer mudah kita dapatkan di Toko Komputer
  6. Mudah di perbaiki jika terjadi kerusakan
  7. Catridge banyak disediakan di toko Komputer

Dari 7 kriteria printer yang saya harapkan di atas hanya saya temukan di Printer Canon Pixma 2770. Selain murah, kuat, catridge tahan lama, mudah diperbaiki dan Printer ini banyak disediakan di toko Komputer. Berbeda jika untuk cetak Foto atau gambar, Printer yang cocok anda bisa membeli merek Epson karena kualitas gambarnya lebih baik.

Keuntungan jika anda menggunakan Printer Canon Pixma 2770 untuk cetak Undangan :
  1. Harganya cukup murah hanya sekitar Rp.500.000 saja sudah bisa anda bawa pulang.
  2. Hampir setiap toko Komputer menyediakan printer Canon 2770 ini jadi anda tidak akan repot untuk membelinya.
  3. Kekuatan catridge dan printer untuk mencetak undangan ribuan lembar tidak diragukan lagi karena saya sudah membuktikan.
  4. Mudah diperbaiki jika hasil cetak bergaris anda cukup melakukan perawatan atau cleaning printer maka tulisan akan kembali normal.
  5. Jika error pada saat selesai mengisi tinta maka anda cukup tekan atau pencet lama pada tombol Reset yang berwarna hijau.
  6. Kecepatan cetak cukup cepat dibandingkan printer lainnya dan ini menguntungkan kita supaya cetak undangan cepat selesai.
  7. Kualitas cetak untuk tulisan saja sudah tergolong bagus.
  8. Jika catridge rusak maka cukup mudah anda mengantinya salah satu atau dua catridge sekaligus.

Banyak sekali keuntungan jika kita menggunakan printer Canon 2770 ini karena hampir 10 tahun saya menggunakannya. Pernah mencoba beberapa printer lainnya tetapi hasilnya tidak memuaskan saya dan banyak faktor yang bisa menghambat kelancaran saat cetak undangan. Jika kita sudah merasa yakin sekarang bagaimana cara merawatnya ?

Tips dan cara merawat Printer Canon 2770 untuk cetak Undangan :
  1. Jika anda baru membeli printer tersebut maka saat cetak undangan silahkan gunakan jenis cetak Kualitas Cepat dengan cara Print >> Properties >> Pilih Cepat (S) lalu OK.
  2. Cetaklah undangan per 100 lembar, jangan sekaligus 500 lembar. Jika sudah mencetak sekitar 300 lembar silahkan isi tinta sebelum habis.
  3. Isilah tinta Printer pada warna yang anda gunakan saja, jika warna hitam maka yang di isi ulang warna hitam saja dan jangan sampai penuh. Jika penuh silahkan sedot ulang supaya tidak mempengaruhi tinta lainnya.
  4. Terus pantau warna atau hasil cetaknya, jika sudah terlihat berkurang warnanya maka cabut kertas undangan dan isi tintanya.
  5. Jangan lakukan Cleaning atau Perawatan pembersihan mulut semprot printer apabila hasil cetak baik baik saja. Jika itu anda lakukan maka dimungkinkan catridge akan cepat rusak.
  6. Jika hasil cetak mulai bergaris dan tidak sempurna silahkan buat tulisan di ms Word dengan salah satu warna. Lakukan cleaning printer dan cetak berulang kalimaka tinta kan tampil kembali.
  7. Lakukan pembersihan printer dari debu atau sisa sisa serbuk kertas undangan yang ada di dalam printer. cukup anda kuas atau bersihkan dengan tisu saja, atau jika punya kompresor bisa dicoba supaya kotoran terbuang.
  8. Terakhir supaya printer awet jangan anda menggunakan infus karena itu yang mengakibatkan catridge cepat rusak. Lakukan pengisian tinta secara manual saja menggunakan jarum suntik.

Tips di atas saya lakukan dan terbukti dengan Printer Pixma Canon 2770 saya bisa cetak undangan lebih dari 20.000 lembar. Saran saya jika catridge sudah mulai rusak atau tidak bisa digunakan lagi jangan anda membeli catridgenya saja. 2 Catridge hampir sama dengan satu buah Printer jadi lebih efektif jika anda membeli Printer yang baru.


Itulah pengalaman saya menggunakan sebuah Printer dalam menjalankan bisnis Cetak undangan yang saya miliki. Jika anda tertarik untuk menggunakannya silahkan dicoba supaya keuntungan dari usaha yang kita bangun semakin besar dan lancar. Jikapun masih ada yang belum jelas anda bisa bertanya di kolom komentar, sekian dan terimakasih.