7 Penyebab Komputer lemot saat Internetan dan berikut ini Solusinya

Mastimon.Com - Browsing di Internet merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh orang – orang untuk dapat mencari informasi tertentu. Kegiatan ini juga cukup menyenangkan dan menghibur mulai dari berjejaring sosial facebook, twitter, instagram, main game online, download film, nonton youtube dan masih banyak lagi. Semua hal bisa di lakukan dengan mudah. Namun, bagaimana apabila kita sedang asyiknya chatting atau internetan ?

Entah karena apa tiba tiba secara mendadak komputer atau laptop yang kita gunakan menjadi lemot? Pasti sangat mengesalkan hati ya? Hal ini juga bisa berlaku untuk perangkat elektronik yang lainnya seperti Handphone Android, Smartphone, iPad, Tablet dan lain sebagainya. Pada Umumnya, untuk bisa mengatasi komputer yang terus melambat tersebut adalah dengan melakukan perawatan secara terus menerus dan berkala, tidak lupa melakukan beberapa langkah penting seperti tune –up sederhana.

Baca Juga : 12 Tips supaya Loading Laptop menjadi Cepat

Jika perlu anda bahkan harus menginstal ulang windows atau mengupgrade komponen hardware, mungkin ini bisa jadi menjadi solusi yang tepat agar kinerja komputer tetap bekerja optimal. Namun sebelum itu, sebaiknya kita perlu melihat dan memperhatikan apa faktor yang menyebabkan komputer menjadi lemot, sehingga kita bisa tahu bagaimana cara penanganannya yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai berikut pada uraian di bawah ini akan menyajikan ulasan terkait beberapa hal penyebab komputer anda menjadi error atau loading lambat. Anda bisa simak dan perhatikan mana yang cocok menjadi salah satu permasalahan dalam komputer anda tersebut. Lalu setelah itu, kita sama –sama analisa apa saja solusi yang bisa anda ambil untuk mengatasinya.

Penyebab Komputer lemot saat Internetan dan Berikut Solusinya

1. Komputer Lambat karena ada banyak program yang terinstal

Sebaiknya anda perlu melihat, apakah ada banyak aplikasi atau program yang ada di komputer anda. Padahal pada kenyataannya program aplikasi tersebut tidak sering anda gunakan bukan? Maka periksalah program apa saja yang berada di penyimpanan komputer anda dengan cara pilih opsi add atau remove program di bagian control panel dan uninstall program –program yang Cuma jadi accessories di komputer anda tersebut.

2. Komputer lambat karena kekurangan Memori

Masalah umum yang sering terjadi oleh para pengguna alat elektronik adalah kekurangan memori atau Minimnya RAM yang terpasang. Oleh karena itu cobalah cek kapasitas memory yang terpasang dalam komputer anda sekelas intel Pentium 4 dengan OS Windows XP dan juga aplikasi standar yang alangkah lebih baik di upgrade memory menjadi minimal 2 GB. Jadi bagi anda yang ingin membeli laptop atau komputer disarankan untuk menggunakan prcsessor yang sekelas intel core i5 dan RAM 4 GB dan sistem operasi Windows 7 dengan 64 bit.

3. Komputer lambat karena terlalu banyaksevice dan startup program yang berjalan 

Hal ini memiliki kesamaan dengan point yang pertama, apabila semakin banyak program yang terunduh di komputer, maka semakin banyak pula rogram service yang akan dijalankan pada saat windows startup. Untuk bisa menonaktifkan startup program dan service yang telah berjalan secara otomatis. Pertama, masuklah ke sistem “System Configuration Utility” dengan cara mengetik : “msconfig” pada opsi menu “run”, kemudian pada bagian tab service dan startup lakukanlah uncheck terhadap aplikasi apa saja yang tidak diperlukan. Nah, bagaimana cara melihat aplikasi atau program apa saja yang sedang berjalan? Anda bisa menggunakan tool Process Explorer. Dengan aplikasi ini kita dapat melihat serta mematikan aplikasi yang tidak diperlukan dan di curigai sebagai suatu virus.

4. Komputer lambat karena Temporary file mulai membengkak

Penyebab komputer menjadi lelet yang lainnya adalah karena Temporary File (Sementara) sudah membengkak. Lokasi temporary file nya adalah sebagai berikut 
  • Windows XP : C:Documents and SetingLocal SettingTemp
  • Windows 7 : C:UsersAppDataLocalTemp

Untuk bisa membersihkannya, anda perlu mendelete file –file yang terdapat pada 2 bagian lokasi tersebut atau cara lain jalankan program Disk Clean Up dengan cara pilih start-run, ketik “cleanmgr” kemudian memilih drive yang akan segera di clean-up. Cara lain lagi anda bisa mencoba aplikasi atau software Jetclean untuk bisa mempercepat komputer anda melalui pembersihan file –file dan registrasy yang tidak penting.

5. Komputer lambat karena terlalu banyak program sebagai security program

Security program sebagaimana yang kita tahu berguna sebagai aplikasi tambahan anti virus yang harus ada pada komputer. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan menginstal lebih dari yang dibutuhkan misalnya 2 -3 program antivirus sekaligus. Sebaiknya kalau ini adalah permasalahannya sebaiknya anda menggunakan satu antivirus yang tidak membebani komputer dan berhati –hati terhadap penggunaan USB flasdisk dan Memory card.

6. Komputer lambat karena ada masalah pada Hardisk

Hardisk merupakan sebuah komponen kedua setelah RAM yang dapat menyebabkan komputer anda menjadi sangat lambat. Biasanya hardisk memiliki masalah sebagai berikut :
  • Hardisk low space
  • Hardisk yang sudah lama hingga rpm-nya menurun
  • Hardisk terfragmentasi
  • Hardisk Error

Cara mengatasi masalah ini yang dapat anda lakukan adalah :
  • Upgrade Kapasitas dari Hardisk dengan menambah atau mengganti hardisk
  • Melakukan defragmenter hardisk secara berkala
  • Menghindari hardisk dari debu, goncangan dan panas yang berlebih.
  • Memperbaiki kerusakan hardisk dengan tool checkdisk.

Jika anda memiliki bughet yang lebih, alangkah lebih baik untuk menggantinya dengan hardisk yang sudah terpasang dengan SSD (Solid State Drive).

7. Komputer lambat karena adanya virus pada komputer

Jika komputer anda sudah terlebih dahulu terserang oleh malware atau virus, maka hal yang perlu anda lakukan adalah menjalankan Windows safe mode, mematikan semua fasilitas system restore dan juga menggunakan suatu program virus cleaner untuk membersihkan virus , setelah itu lakukan update pada sistem operasinya.

Baca Juga : Cara mengunci Folder di Komputer supaya Aman

Inilah beberapa kemungkinan penyebab komputer anda menjadi lemot, bisa jadi ada juga kemungkinan lainnya yang belum disebutkan. Untuk lebih jelasnya anda bisa menanyakan secara langsung pada ahli komputer untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kebutuhannya. Selain mempelajari penyebab dan solusi komputer menjadi lelet untuk menambah pengetahuan akan dunia komputer, cari tahu juga seputar perawatan komputer, melindungi komputer dari serangan berbagai virus, mengoptimalkan kinerja komputer dan masih banyak lagi.

Semoga informasi yang di bagikan ini bisa bermanfaat dan terima kasih sudah membaca dan berkunjung ke blog sederhana ini. Kalian juga bisa membaca beberapa Tips, Cara dan Informasi seputar Komputer dan Android di Blog pultiopok.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel