Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengunci Folder di Komputer dan Android supaya Aman

Mastimon.Com - Tidak bisa kita pungkiri bahwa dalam kita bekerja atau bersekolah, mengerjakan tugas dan semua kegiatan sehari hari. Pasti ada sesuatu yang ingin kita simpan atau berstatus privat sehingga orang lain tidak berhak untuk melihatnya. Tergantung hanya orang- orang tertentu saja yang boleh melihatnya yang kita anggap tidak masalah.

Kita pasti menyimpan nya pada sebuah file yang kita anggap aman. Namun sebenarnya, dengan menyimpannya begitu saja pastinya orang lain tetap bisa melihat ketika mereka membuka komputer, laptop, Handphone Android atau alat elektronik lainnya dari Anda. Maka, Cara lain apa yang bisa Anda lakukan untuk mengunci atau supaya data nya tersembunyi dari orang –orang yang tidak kita inginkan untuk melihatnya?

Seiring Perkembangan teknologi yang terus maju, Kini ada berbagai cara menarik yang bisa Anda coba untuk keamanan data Anda. Salah satunya adalah dengan mengunci Folder di Windows dan seluruh isi datanya sehingga tersebunyi dan tidak bisa dilihat. Hal ini sangat bermanfaat untuk beberapa orang yang tidak ingin data yang ada dalam Komputernya diakses oleh orang lain bahkan sampai di salah gunakan. Oleh sebab itu mengamankan data –data dalam perangkat kita merupakan langkah awal yang paling ampuh untuk kita lakukan.

Sebenarnya terdapat banyak cara untuk bisa mengamankan folder anda, salah satunya adalah dengan memberinya sebuah password agar privasi dari data tetap terjaga kerahasiannya. Beberapa aplikasi canggih pun banyak digunakan untuk membantu dalam menyelesaikan penyimpanan data ini. Apabila Anda berniat untuk mengunci atau menyimpan sebuah folder file agar tidak bisa dilihat oleh orang lain, ada baiknya untuk menyimak uraian singkatnya di bawah ini. Sebagai berikut akan di jelaskan Tips Ampuh menyembunyikan Folder di Komputer maupun smartphone Anda.

Cara Mengunci Folder di Komputer dan Android Supaya Aman

Cara mudah mengunci Folder yang penting adalah dengan menggunakan Software. Nah, di tutorial ini kita akan menggunakan Folder Guard pada komputer dan laptop. Sebagai berikut adalah langkah – langkahnya :
  1. Tahapan pertama, Anda bisa mendownload Software Folder Guard terlebih dahulu. Anda bisa menemukannya dengan mudah di Layanan Apps Store atau Google Play Store.
  2. Apabila sudah selesai mengunduh, Instal software tersebut seperti biasa. Kemudian pada tahap berikutnya Anda akan di minta untuk membuat password.
  3. Pada sebuah kolom, akan muncul tulisan “Lock a Folder With a Password”, klik untuk menambahkan folder yang ingin dikunci.
  4. Setelah itu Pilih “Browse For Folder” Untuk mulai mencari posisi folder yang ingin dikunci tersebut.
  5. Selanjutnya Masukkan Password untuk bisa mengunci folder yang dimaksud. Silahkan Anda untuk memasukkan password yang sama ketika tadi Anda membuatnya pada langkah nomor 2. Sebenarnya ada bisa saja membuatnya berbeda pada setiap folder, tapi hal ini menghindari hal – hal yang tidak diinginkan seperti anda lupa kata sandinya karena terlalu banyak. Setelah itu, Pilih “Next
  6. Apabila sudah selesai menentukan kata sandinya, silahkan anda pilih “Finish”.
  7. Untuk bisa mengaktifkan Password File yang sudah diatur tadi, klik saja tombol “Protect”.
  8. Nah, untuk mengecek apakah berhasil atau tidaknya, cobalah untuk masuk ke dalam folder yang sudah di kunci. Apabila berhasil maka semua file yang terdapat dalam folder tadi akan tersembunyi dan kosong.
  9. Apabila Anda ingin melihat data nya kembali, cukup masukkan password yang telah anda buat pada kolom tersedia dan pilih “OK”. Jika passwordnya benar maka file akan muncul kembali. Jika sobat ingin kembali menguncinya, cukup dengan klik “Lock” maka akan terkunci kembali.

Nah untuk Handphone Android sendiri, Anda juga bisa menyembunyikan file penting dengan cara yang sama dengan beberapa aplikasi canggih yang juga dipilih oleh kebanyakan orang, salah satunya adalah Aplikasi File Locker. Anda hanya perlu mengunduhnya terlebih dahulu di Google play store atau Apps Store. Aplikasi ini bisa melindungi gambar, video, document, music dan juga folder penting lainnya. Cara penggunaannya tidak jauh dengan cara diatas dan sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti alur perintah nya saja.

Baca Juga : Tips mempercepat Loading Komputer yang Lemot

Inilah uraian lengkap cara mengunci data – data anda supaya aman dari orang lain yang tidak bertanggung jawab. Hal ini juga penting pada saat perangkat elektronik anda hilang atau dicuri, data anda tidak akan mudah dicuri oleh siapa saja. Kini, Anda tentunya sudah tidak khawatir lagi, teknologi canggih ini turut menjaga informasi privat anda dengan aman dan terpercaya. Semoga informasi yang dibagikan ini bisa bermanfaat dan terima kasih.