Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Blog Untuk Bisnis Yang Perlu Anda Ketahui

Mastimon.com - Ada banyak sekali manfaat blog untuk bisnis yang patut Anda ketahui. Khususnya bagi Anda yang sekarang sedang bergelut dengan bisnis, maka patut mengetahui peran blog itu sendiri untuk kepentingan usaha Anda. Pada artikel ini kita akan membahas beberapa manfaat blog yang perlu Anda ketahui dengan tujuan untuk semakin meningkatkan bisnis di jaman modern ini.

Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi yang terus maju cukup memberikan pengaruh terhadap sebagian besar bidang usaha di dunia. Sebagai contoh misalnya saat ini situs website telah menjadi salah satu tolak ukur untuk kredibilitas usaha. Jadi kalau usaha Anda memiliki website toko online sendiri ini bisa menjadi nilai plus loh dan tentunya bisa menarik semakin banyak pelanggan.

Selain itu, mayoritas dunia sekarang lebih banyak menggunakan sarana online daripada offline. Sebagian lebih suka menjelajahi situs website untuk mencari produk atau jasa yang mereka inginkan daripada mencari dan mendatangi toko toko. Pemasaran secara online juga memudahkan konsumen dari luar kota atau luar negeri untuk mendapatkan barang yang sesuai dengan keinginan mereka. Jadi, pasar si pengusaha tentu akan lebih luas bukan?

Nah, ternyata blog bisa dirancang secara khusus untuk semakin meningkatkan bisnis Anda loh. Bagaimana caranya? Simak ulasan manfaat blog untuk bisnis yang perlu Anda ketahui di bawah ini.

Manfaat Blog Untuk Bisnis Yang Perlu Anda Ketahui


1. Meningkatkan Traffic Penjualan

Manfaat blog untuk bisnis yang pertama adalah mampu membantu untuk meningkatkan traffic penjualan secara organik. Bagaimana bisa? Ya, ini bisa dimungkinkan karena blog bisa menjangkau calon pelanggan yang kemungkinan mereka akan melakukan pemesanan, pembelian, mengisi formulir kontak untuk bisa berhubungan dan lain sebagainya.

Nah, salah satu tipsnya jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak traffic penjualan dari blog adalah usahakan untuk membuat konten yang unik dan menarik sehingga bisa disukai oleh para pengunjung. Tapi, ingat untuk membuat konten yang sesuai dengan jenis usaha Anda ya. Kalau bisnis Anda seputar fashion, buatlah konten tentang fashion juga.

2. Ubah Traffic menjadi Prospek

Tidak hanya manfaat diatas yakni membantu menaikkan traffic tetapi blog juga bermanfaat untuk mengubah traffic menjadi prospek loh. Bagaimana bisa? Ya, saat ada banyak pengunjung di blog Anda, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menciptakan prospek. Caranya adalah Anda bisa menambahkan bagian Call to Action yang bisa berupa ajakan supaya pengunjung melakukan tindakan tertentu.

Seringkali trik ini dilakukan untuk pemberian e-book, webinar, uji coba gratis dan lain sebagainya yang menyangkut pada pembahasan konten blog. Ajakan ini bisa menarik si pengunjung untuk menjadi pelanggan dan melakukan pembelian produk atau jasa Anda.

3. Memperkuat Branding

Blog dapat memperkuat branding bisnis loh. Melalui blog, Anda bisa membuat konten yang berisikan terkait perusahaan, layanan atau produk yang ditawarkan oleh Anda. Ini bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk membagikan informasi bisnis Anda selengkap mungkin ke semakin banyak orang. Dengan demikian, konsumen bisa dengan mudah mengingat merek Anda.

Namun, untuk mendapatkan manfaat ini, tentu saja Anda harus konsisten dalam membagikan konten yang mencirikan produk atau jasa Anda sehingga bisa memberikan kesan yang positif dan melekat kuat dalam benak konsumen. Terciptanya kesadaran merek ini juga membantu Anda untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan Anda.

4. Membangun Hubungan baik dengan Pelanggan

Tidak hanya mampu meningkatkan penjualan dan memperkuat branding, melalui blog juga bisa membantu Anda untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Pelanggan bisa dengan mudah menghubungi Anda melalui fitur chat, kontak yang tersedia dan lain sebagainya. Sehingga semakin baik interaksi pelanggan dan penjual maka akan semakin tinggi juga tingkat kepercayaan pada brand.

5. Meningkatkan SEO Blog

Selanjutnya, Anda juga bisa memperoleh manfaat dari segi kualitas blog Anda sendiri. Khususnya dengan SEO yang baik, maka situs website Anda bisa memiliki peringkat yang baik di mesin pencari. Ketika situs Anda memiliki peringkat yang baik, maka tentu saja konsumen akan lebih mudah untuk menemukan toko online Anda di internet.

Oleh sebab itu, buatlah konten yang baik, menarik dan SEO Friendly sehingga memudahkan blog Anda bisa cepat naik. Dengan demikian situs web Anda pasti akan mempunyai visibilitas yang lebih baik. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Inilah informasi selengkapnya yang membahas tentang manfaat blog untuk bisnis yang perlu Anda ketahui. Dengan memanfaatkan blog atau situs web, ini menunjukkan kalau Anda turut memanfaatkan teknologi untuk bisnis Anda. Bisnis yang berteknologi seperti inilah yang biasanya lebih diminati.

Nah, mau bangun blog tapi masih bingung bagaimana cara memulai dan membangunnya hingga sukses? Anda bisa mulai dengan mengikuti les privat blogger pemula sampai bisa secara online yang tersedia untuk Anda. Waktu yang fleksibel dan mudah bisa membantu Anda untuk semakin terampil dalam memanfaatkan teknologi khususnya blog untuk bisnis Anda, semoga bermanfaat.