Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Seperti Website Profesional Supaya Tampil Lebih Keren

Mastimon.com - Blog dan website sudah pasti berbeda. Baik dari gaya tampilan, penulisan, informasi yang diberikan sampai dengan tujuannya adalah tidak sama. Biasanya untuk membuat sebuah blog relatif lebih mudah daripada membuat website. Anda mungkin sudah punya satu blog. Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara membuat blog kita bisa seperti tampilan website yang profesional dan keren?

Pada artikel ini kita akan menjawab pertanyaan tersebut. Nah, sebelum itu patut diketahui bahwa baik website dan blog sendiri sampai dengan saat ini masih menjadi trend di berbagai lingkungan bisnis maupun pemerintah. Dengan adanya sebuah blog atau website, lebih memudahkan seseorang untuk mencari suatu informasi dimana saja dan kapan saja.

Blog umumnya digunakan untuk sharing informasi saja atau bersifat personal sedangkan website umumnya digunakan dengan tujuan yang lebih spesifik misalnya untuk website toko online dan sifatnya lebih formal. Jika Anda ingin mengubah tampilan blog seperti website supaya terlihat lebih profesional, silahkan simak informasinya di bawah ini.

Cara Membuat Blog Seperti Website Profesional Supaya Tampil Lebih Keren


1. Pilih Nama Domain yang Unik

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk membuat blog seperti website adalah dari nama domain yang kita gunakan. Cobalah memilih nama domain yang unik dan menarik. Domain tersebut bisa dianalogikan seperti alamat pada suatu rumah, jadi harus mudah diingat dan usahakan membuat nama domain yang unik.

Misalnya sekarang ini ada banyak sekali domain yang unik dan bisa disesuaikan dengan jenis blog nya. Misalnya domain .press tepat digunakan untuk blog yang membahas soal jurnal dan berita. Kemudian ada juga domain .my.id yang bisa digunakan untuk berbagai jenis blog.

2. Upload Blog Anda ke Hosting

Cara berikutnya adalah mengupload blog Anda ke Hosting. Mengapa? karena umumnya sebuah website akan di simpan di dalam hosting. Jadi Anda bisa juga menyiman file kode program blog lengkap isi website mulai dari gambar, tema website, video akan disimpan di dalam hosting. Namun, bagaimana cara memilih hosting yang tepat? Anda perlu kenali hosting yang baik itu seperti apa.

3. Menambahkan Informasi Kontak

Jangan lupa tambahkan informasi kontak Anda. Anda bisa menambahkan informasi kontak di bagian footer website pada umumnya. Dengan menambahkan informasi kontak ini, akan berpotensial meningkatkan leads website. Informasi kontak yang diberikan bisa berupa alamat email, nomor telepon, nomor fax atau sekedar memberikan link yang mengarahkan ke contact form.

4. Menambahkan Ikon Sosial Media

Tahukah Anda, sebagian besar website pada umumnya akan membahkan ikon media sosial di bagian footer website mereka. Fungsinya tidak hanya untuk terhubung dengan pengguna website tetapi juga untuk menambah brand awareness dan kepercayaan pengguna.

5. Tambahkan Call to Action atau CTA

Call to Action atau yang umum disingkat dengan CTA adalah tombol interaktif yang tersedia dengan tujuan untuk mendorong pengguna website supaya mengakses salah satu halaman web utama atau halaman web yang penting. Buat Anda yang mau belajar blog dari awal sampai bisa, silahkan ikuti kursus blogger pemula sampai bisa secara online.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara membuat blog seperti website profesional supaya tampil lebih keren. Anda bisa menerapkan cara dan tips yang diberikan atau coba berkreasi dengan pikiran Anda untuk mendapatkan hasil tampilan blog sesuai keinginan. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com