Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Jam Makan yang Baik agar Hidup Sehat dan Teratur, Kapan ?

Mastimon.com - Kapan waktu terbaik untuk makan? Pertanyaan ini umumnya sering dijumpai bagi orang orang yang sedang menjaga kesehatan atau sedang membangun kebiasaan yang baik. Sebagian orang mungkin tidak begitu peduli dengan waktu yang tepat untuk makan, kalau sudah lapar baru makan. Namun, sebenarnya mengetahui dan menerapkan jam makan yang baik bisa memberikan manfaat hidup yang sehat loh.

Ya, pola makan Anda setiap hari bisa membentuk pola kehidupan Anda. Kalau Anda mengatur pola makan dengan baik, maka ini bisa menjaga kesehatan Anda dengan baik pula. Namun jika sebaliknya, maka bisa jadi pola makan yang berantakan bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Jam makan juga memiliki kaitan dengan berat badan, kalau Anda lagi diet atau ingin mencapai berat badan ideal sebaiknya perhatikan baik baik pola makan Anda.

Pola makan yang termasuk adalah jam untuk sarapan pagi, makan siang dan juga makan malam. Beberapa tips juga bisa Anda terapkan supaya baik untuk kesehatan. Jika Anda melakukannya sebagai suatu kebiasaan, tubuh Anda bisa menyesuaikan dan pada akhirnya, Anda bisa memiliki kebiasaan yang baik terkait jam makan yang baik setiap harinya.

Selengkapnya mengenai jam makan yang baik agar hidup sehat dan teratur bisa Anda simak pada poin poin di bawah ini. Yuk simak.

Inilah Jam Makan yang Baik agar Hidup Sehat dan Teratur, Kapan ?


Jam makan merupakan waktu yang ditetapkan untuk mengonsumsi makanan. Sebagai contoh, Anda sarapan setiap jam 7 pagi, makan siang di jam 12 siang serta makan malam jam 8 malam tepatnya beberapa lama sebelum tidur.

Jadi jam makan yang baik erat hubungannya dengan jam biologis tubuh kita, aktivitas fisik, ritme sirkaladin, penyakit yang diderita dan juga rutinitas seperti kesibukan bekerja dan lain sebagainya. Kita perlu menyesuaikan waktu yang tepat supaya tubuh kita bisa menyesuaikan dengan kebiasaan yang baik dan teratur.

Jam sarapan yang baik

Sarapan merupakan kegiatan makan yang dilakukan di pagi hari sebagai asupan yang pertama kali masuk ke tubuh kita. Nah, waktu terbaik untuk sarapan adalah antara jam 6 sampai 8 pagi supaya nanti sewaktu mendekati jam makan siang merasa tidak terlau kenyang.

Sebaiknya jangan melewati waktu sarapan karena ini bisa berdampak pada porsi makan siang yang bisa lebih banyak. Hasilnya bisa terjadi penambahan berat badan yang tidak Anda inginkan. Melewati waktu sarapan adalah salah satu kebiasaan buruk yang bisa membuat badan kurus karena tidak mendapatkan asupan energi yang cukup di pagi hari.

Anda bisa sarapan dengan menu gizi seimbang dan serat supaya rasa kenyang bisa terasa lebih lama. Oh iya karena resistensi insulin di pagi hari biasanya paling rendah, sebaiknya konsumsi banyak karbohidrat supaya Anda energi yang cukup untuk beraktivitas.

Satu hal lagi yang tidak boleh ketinggalan untuk menetapkan jam sarapan yang baik adalah sebaiknya jangan makan terlalu pagi. Misalnya sebelum matahari terbit karena pada jam itu produksi hormon melatonin masih relatif tinggi. Kecuali pada saat akan berpuasa, karena sahur bisa dijadikan sebagai asupan pengganti makanan untuk sehari penuh.

Jam makan siang yang baik

Untuk makan siang Anda bisa memilih waktu antara jam 11 atau 12 siang. Pada jam ini makan siang yang lebih awal akan bermanfaat untuk menghasilkan bakteri baik yang bisa menunjang kesehatan tubuh kita. Jangan lupa untuk makan siang sebaiknya konsumsi makanan yang sesuai dengan prinsip gizi seimbang.

Jam makan malam yang baik

Makan malam lebih baik dilakukan dengan ketentuan sejauh mungkin dari jam tidur. Jadi Anda bisa melakukannya mungkin saat mulai Magrib atau antara jam 7 sampai 8 setiap malam nya. Jangan makan malam terlalu larut karena bisa menggangu proses sistem pencernaan sehingga tidak efesien. Tahukah Anda makan terlalu larut juga bisa menjadi salah satu penyebab semakin besar resiko penyakit diabetes.

Jam makan yang baik jika waktu sibuk

Tidak dipungkiri, dalam sehari tentu ada banyak hal yang perlu kita kerjakan. Kalau Anda adalah orang yang memiliki rutinitas kegiatan sehari hari yang sibuk sehingga jam makan tidak beraturan, Anda bisa menerapkan sistem jam makan selama 12 jam yaitu sarapan jam 7 pagi, makan siang jam setengah 12 dan makan malam jam 6 sore. Dengan demikian tidak akan menggangu sirkadian tubuh.

Jam makan yang baik sebelum dan setelah olahraga

Untuk kapan tepatnya waktu yang cocok untuk makan sebelum dan setelah olahraga itu bergantung pada intensitas olahraga yang dilakukan. Misalnya jika intensitas olahraga cukup tinggi, maka sebelum olahraga waktu makan sebaiknya harus tepat supaya tidak terjadi kendala seperti sakit perut.

Misalnya kalau mau makan setengah jam sebelum olahraga sebaiknya pilih makanan bukan makanan berat. Contoh bisa pilih buah pisang dan protein bar. Waktu terbaik untuk makan adalah antara 1 sampai 2 jam sebelum olahraga sehingga tubuh punya waktu yang cukup untuk mencerna makanan.

Jam makan yang baik sesuai kondisi kesehatan

Jika Anda mengidap suatu penyakit, Anda perlu menyesuaikan waktu makan yang cocok. Misalnya jika Anda memiliki GERD, maka disarankan untuk makan malam lebih awal atau jauh dari waktu tidur supaya nantinya GERD tidak kambuh. Situasi lain kalau Anda pengidap diabetes, sebaiknya atur jam makan khusus untuk mengontrol gula darah supaya stabil. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya mengenai inilah jam makan yang baik agar hidup sehat dan teratur. Kini Anda sudah mengetahui bukan kapan waktu yang tepat untuk makan? Namun, Anda bisa menyesuaikan sendiri jadwal makan Anda sesuai dengan rutinitas setiap harinya. Ingin punya berat badan ideal? Sirka bisa membantu Anda dalam membangun kebiasaan yang baik untuk mencapai berat badan ideal.

Berat badan yang ideal merupakan keinginan hampir semua orang bukan? Tidak hanya membuat kita semakin percaya diri, tetapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Salah satu caranya yang sudah kita bahas yaitu menetapkan waktu terbaik untuk makan, jangan lupa terapkan berbagai tips lainya unuk kesehatan dan kehidupan Anda yang teratur. Semoga bermanfaat.