Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Promosi Produk dan Jasa di Blog untuk Meningkatkan Penjualan

Mastimon.com - Bagaimana cara promosi produk dan jasa di Blog untuk semakin meningkatkan penjualan? Pertanyaan ini umumnya ditanyakan oleh mereka yang sedang membangun sebuah bisnis dan ingin memanfaatkan blog sebagai media promosinya. Apakah Anda juga demikian? Jika iya, Anda bisa menyimak ulasan pada artikel ini.

Promosi sendiri adalah merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memberitahukan atau menawarkan sebuah produk atau jasa kepada khalayak ramai. Tujuannya adalah untuk menarik calon konsumen untuk membeli dan juga mempergunakannya. Dewasa ini, di jaman yang serba canggih ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk melakukan promosi yang efektif.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan blog itu sendiri untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda ingin tawarkan. Apalagi sebagaimana yang kita tahu popularitas blog atau situs web bukan main main. Sebagian besar orang menggunakan mesin pencari internet setiap harinya untuk mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan. Jadi memanfaatkan blog termasuk salah satu cara efektif untuk mempromosikan barang atau jasa.

Sebagai berikut kita akan membahas beberapa cara mempromosikan produk dan jasa di blog untuk semakin meningkatkan penjualan bisnis Anda. Silahkan disimak.

Cara Promosi Produk dan Jasa di Blog untuk Meningkatkan Penjualan


1. Membuat Konten yang Unik

Cara pertama untuk bisa menggunakan blog sebagai media promosi produk atau jasa adalah Anda harus memiliki kemampuan menulis artikel dengan baik. Buatlah konten blog yang bervariasi untuk semakin meningkatkan traffic pengunjung. Misalnya cobalah untuk melakukan berbagai jenis penulisan seperti artikel “Cara dan Tips”, “10 Daftar” atau Artikel “Fungsi dari” dan berbagai jenis artikel lainnya.

Jika Anda menyediakan informasi yang beragam, ini akan sangat penting karena biasanya para pembaca membutuhkan informasi yang berbeda beda. Anda perlu membuat konten secara rutin di waktu yang berbeda beda. Misalnya update sehari sekali, sehingga blog Anda akan semakin berkembang.

2. Melakukan Riset Kata Kunci

Berikutnya, Anda juga perlu melakukan riset atau penelitian kata kunci sebelum membuat sebuah konten. Gunakan kata kunci secara efektif dengan mencari kata kunci yang sering dicari oleh para pengguna online, kata kunci yang relevan dan penggunaan yang masuk akal sehingga tidak merusak struktur bahasa. Kalau kata kunci Anda sesuai, Google kemungkinan akan mendeteksi dan meletakkan konten promosi Anda dihalaman depan pencarian.

3. Kaitkan dengan Topik yang Sedang Ramai

Jika memposisikan diri Anda sebagai pembaca, apakah Anda lebih menyukai tulisan yang cenderung kuno dan membosankan atau tulisan yang update dengan perkembangan berita. Kemungkinan besar Anda akan memilih opsi atau pilihan kedua bukan? Nah, oleh sebab itu, coba kaitkan produk atau jasa Anda dengan hal hal yang sedang ramai diperbincangkan.

Namun, jangan dipaksakan, pastikan untuk membuat konten yang masuk akal namun relevan dengan kebutuhan orang orang dan terus mengikuti perkembangan jaman. Jika hal hal yang ramai dapat dikaitkan dengan produk atau jasa Anda, ini adalah hal yang bagus dan wajib untuk kepentongan promosi blog supaya tampil lebih menarik.

4. Berikan Informasi Tambahan tentang Produk atau Jasa Anda

Nah, manfaat ini bisa Anda dapatkan kalau menggunakan blog sebagai media promosi. Anda bisa memberikan berbagai informasi tambahan mengenai bisnis Anda tersebut seperti apa produk atau jasa yang Anda tawarkan. Informasi ini bisa berupa cara menggunakan produk dengan benar, tips dan trik, manfaat menggunakan produk dan lain sebagainya. Sehingga pembeli bisa semakin yakin dengan produk Anda.

5. Membuat Judul yang Menarik Perhatian

Tentu saja judul memegang peranan yang sangat penting, khususnya dalam hal mempromosikan produk. Mengapa demikian? Karena judul adalah bagian paling pertama yang pengunjung baca dan bisa menjadi penentu apakah pengunjung akan membaca lebih lanjut. Jadi bisa percuma saja isi konten menarik tapi judulnya kurang menarik, isi artikel tersebut bisa sia sia.

6. Gunakan Gambar, Video dan Infografis

Sebuah artikel akan lebih menarik dan enak dibaca jika memiliki konten visual yakni bisa berupa gambar, video dan infografis. Biasanya, sebagian besar orang hanya tertarik dengan gambar atau video saja. Jadi sebaiknya sertakan gambar atau video yang sesuai dengan konten. Pastikan kualitas konten visual bagus dan tidak blur.

7. Menyertakan Link Produk

Ini yang paling penting jangan sampai Anda lupa untuk menyertakan link produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda bisa menyertakan link pada caption atau pada bagian penjelasan produk atau jasa. Anda juga bisa menggunakan shortlink supaya mudah diingat oleh pembaca dan lebih simple. Jika Anda belum tahu, Shortlink ini berguna untuk memperpendek tautan sehingga akan lebih praktis dan tidak panjang.

8. Bagikan Testimoni Pelanggan

Testimoni menjadi bukti yang Anda berikan kepada pelanggan untuk membangun kepercayaan mereka. Jangan sepelekan testimoni sebab ini memiliki pengaruh yang besar untuk penjualan Anda. Karena jual beli ini bukan dilakukan di media sosial dan bukan sistem marketplace yang umumnya sudah mempunyai sistem kemanan secara terenkripsi, maka Anda perlu meyakinkan pelanggan menggunakan testimoni. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara promosi produk dan jasa di blog untuk semakin meningkatkan penjualan bisnis. Tertarik untuk memanfaatkan blog juga, tapi belum paham bagaimana cara membuat blog dan mengelolanya? Jangan khawatir silahkan ikuti panduan lengkap melalui les privat blogger pemula sampai bisa secara online.

Apabila sebelumnya blog hanya digunakan untuk menjadi halaman pribadi, sekarang memang fungsinya sudah semakin berkembang. Anda bisa perhatikan semakin banyak orang memulai blogging hanya untuk berbagi konten pribadi namun ternyata karena penggemar sudah cukup banyak, membuat nilai jual dari blog itu bertambah. Sehingga blog bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi digital. Semoga bermanfaat.