Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Benar Agar Trending

Mastimon.com - Menulis artikel di sebuah blog dapat dikatakan tidak mudah. Selain dibutuhkan konsistennya dalam menulis artikel, penulis juga perlu berfikir kreatif untuk membuat artikelnya menarik dan mudah dibaca oleh para pengunjung. Selain itu, cara penulisan artikel di blog juga bisa mempengaruhi performa dari blog itu sendiri. Oleh sebab itu, para blogger perlu mengetahui cara dan tips menulis artikel blog yang baik dan benar agar trending.

Apalagi sebagaimana yang kita tahu para penulis blog sekarang ini bukan hanya sedikit, ada banyak sekali. Tentu saja persaingan untuk menjadi artikel trending tidaklah mudah. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan beberapa faktor penulisan artikel yang berkualitas dan menarik sesuai dengan seo atau mengikuti algoritma Google terbaru, supaya blog Anda bisa sukses.

Nah, pada artikel ini kita akan coba membahas beberapa cara menulis artikel blog yang baik dan benar untuk semakin meningkatkan keterampilan menulis Anda. Apa saja cara dan tips tersebut? Mari simak poin poinnya di bawah ini.

Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Benar Agar Trending


1. Menulis Artikel yang Berfokus pada Satu Topik

Menulis artikel yang fokus pada satu topik adalah tips pertama yang perlu blogger pemula ketahui. Kalau artikelnya fokus pada pembahasan tertentu, pastinya pembahasan tidak akan bertele tele yang membuat para pembaca menjadi bingung. Para pembaca biasanya lebih menyukai sajian informasi yang mereka butuhkan saja, jadi jangan menambahkan terlalu banyak perincian.

Selain itu, karena pembahasannya fokus pada satu topik, penggunaan kata kunci dalam artikel akan saling berhubungan sehingga mesin pencari akan lebih mudah memahami struktur artikel dan melakukan indexing. Kalau sudah begini, akan membantu artikel Anda bisa trending.

2. Menggunakan Kata Kunci yang Tepat

Agar artikel Anda sesuai dengan panduan SEO dan bisa trending, Anda harus memperhatikan kata kunci yang digunakan di dalam artikel. Kata kunci yang dimaksud adalah kata kunci yang paling banyak dicari oleh para audiens. Nah, pemilihan kata kunci harus sesuai dengan niche blog.

Sebagai contoh, kalau niche blog Anda adalah beauty blog, maka kata kunci yang pas misalnya seperti kecantikan, skincare terbaik dan lain sebagainya yang berhubungan. Jika Anda masih bingung terkait kata kunci yang tepat, Anda bisa melakukan riset keyword terlebih dahulu melalui mesin pencari.

3. Perhatikan Struktur Penulisan Artikel

Cara membuat artikel yang baik dan SEO Friendly berikutnya adalah berkaitan dengan struktur penulisan artikel. Patut diketahui, setiap artikel sebaiknya mengandung bagian pembuka yakni bagian untuk mengenalkan topik yang dibahas kepada pembaca, kemudian juga ada isi sebagai bagian untuk menjelaskan inti informasi, dan terakhir penutup untuk menuliskan kesimpulan pembahasan.

4. Ulangi Kata Kunci Sewajarnya saja

Ada yang beranggapan bahwa kalau ada banyak kata kunci dalam sebuah artikel, artikel tersebut bisa cepat trending. Sebenarnya anggapan seperti ini keliru. Mengapa? karena Anda tidak disarankan mengulang kata kunci sampai berulang ulang atau tidak wajar. Ini bisa membuat kalimat Anda bisa menjadi tidak enak dibaca, sehingga urutan konten Anda di mesin pencari bisa turun.

5. Menggunakan Elemen Visual

Kebanyakan orang menyukai artikel yang memuat elemen visual atau gambar. Gambar atau foto dalam artikel memiliki peranan penting untuk membuat artikel Anda nyaman untuk dibaca karena pembaca bisa dengan mudah memahami pesan dalam artikelnya. Jadi gunakan gambar atau foto yang sesuai dengan pembahasan dan mendukung isi artikel.

Sudah berupaya membuat artikel yang baik dan benar seperti saran diatas tapi tidak membuahkan hasil juga? Jangan putus asa, menjadi seorang blogger memang dibutuhkan ketekunan. Khususnya untuk blogger pemula yang belum paham sepenuhnya, kalian bisa ikut les privat blogger pemula sampai bisa secara online.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara menulis artikel blog yang baik dan benar agar trending. Beberapa cara atau tips diatas adalah metode yang paling harus Anda lakukan atau Anda perhatikan supaya bisa sukses. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Jadi tidak sembarangannya untuk bisa membuat artikel di blog? Kita perlu persiapan dan berfikir dengan cermat untuk membuat artikel yang menarik dan disukai oleh para pembaca. Ingatlah bahwa artikel yang baik terutama adalah tulisan yang dapat membawa manfaat dan ilmu kepada para pembacanya. Semoga bermanfaat.