Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih WordPress atau Blogspot Mana yang Lebih Baik untuk Blog ?

Mastimon.com - Wordpress atau Blogspot, mana yang lebih baik untuk blog? Umumnya pertanyaan ini kerap ditanyakan oleh banyak orang yang bingung memilih antara Blogspot dan Wordpress. Khususnya bagi mereka yang baru mencoba blogging, pasti akan kesulitan untuk memulainya, apalagi sebagaimana yang kita tahu ada banyak sekali platform blog yang bisa dipilih.

Namun, memang dari sekian banyak pilihan platform blogging, yang paling populer adalah dua tool ini yaitu blogspot dan wordpress. Ada yang beranggapan bahwa blogspot lebih baik, namun yang lain juga memiliki pendapat sebaliknya dimana wordpress lah yang lebih baik. Jangan hanya ikuti kata orang, Anda harus membandingkannya sendiri untuk mendapatkan yang terbaik untuk Anda.

Setidaknya dalam artikel ini kita akan membandingkan beberapa faktor yang membantu Anda mempertimbangkan mana yang lebih baik antara wordpress atau blogspot. Kita akan melihat dari segi kemudahan pembuatan, performa, pengelolaan, keamanan dan kustomisasi. Selengkapnya tanpa basa basi lagi yuk kita simak di bawah ini.

Pilih WordPress atau Blogspot Mana yang Lebih Baik untuk Blog ?


Wordpress itu apa?

Wordpress adalah perangkat lunak open source yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan membuat situs web, blog atau aplikasi yang unik dan menarik. Platform ini dapat diinstal secara gratis untuk membuat website atau blog, tapi Anda harus membeli hosting dan mendaftarkan domain terlebih dahulu.

Apa itu Blogspot?

Blogspot adalah situs yang digunakan untuk membuat blog gratis yang dikembangkan oleh Google. Blogspot dari Blogger.com dari dulu sampai dengan saat ini merupakan platform yang user friendly. Menariknya dengan memanfaatkan tool ini, dalam hitungan menit saja kita bisa membuat blog kemudian mempublikasikan postingan. Dan semua ini bisa Anda lakukan di Blogger secara gratis.

Dalam hal pembuatan

Jika membahas dalam hal kemudahan, keduanya yakni baik blogspot maupun wordpress sama sama mudah. Misalnya untuk membuat blog, Anda tinggal pergi saja membuka situs di blogger.com. Lalu akan ada tombol "Buat Blog", tinggal Anda klik dan ikuti arahannya tahap per tahap, maka sudah selesai dalam pembuatan blog.

Begitu juga dengan Wordpress, Anda tidak perlu lama lama untuk membuatnya. Hanya dengan beberapa klik saja, Anda sudah berhasil menginstal wordpress. Hanya saja yang membutuhkan waktu cukup lama adalah mempelajari dan memahami fitur atau opsi wordpress supaya wordpress dapat dioptimalkan.

Berbeda dengan blogger yang simple dan sederhana, wordpress memiliki banyak opsi serta fitur. Tapi dari banyak opsi dan fitur inilah yang memberikan keunggulan tersendiri.

Performa

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi performa sebuah website. Misalnya karena unggahan gambar yang sangat besar sehingga membuat website loading menjadi kian lambat. Penyebab lain mungkin dari provider hosting yang menawarkan layanan tidak prima, secara otomatis akan membuat pengalaman web Anda terganggu.

Nah, dari segi performa untuk blog sendiri tidak pernah ada masalah terkait dengan waktu loading. Mungkin alasannya karena website berbasis blogger cenderung memanfaatkan desain yang simple. Jadi untuk blogspot performa tidak selalu menjadi perkara.

Sedangkan untuk wordpress juga sebenarnya memiliki waktu loading yang cukup cepat loh. Namun, balik lagi untuk performanya bisa terpengaruh pada provider hosting yang dipilih. Jadi, Anda perlu memilih provider hosting yang memiliki pengalaman terbaik dalam hal performa.

Manajemen Situs

Blogger memiliki berbagai kemudahan untuk memanajemen situs. Mulai dari menambahkan halaman baru hanya dengan beberapa klik sudah selesai. Hanya sayangnya, untuk blogger tidak menyediakan opsi fitur untuk maintenance, kecuali kalau Anda paham dan memang tahu tentang HTML. Blogger bisa menghasilkan uang dan dimonetisasi.

Sedangkan wordpress juga tidak kalah mudah dalam hal kemudahan penambahan halaman dan postingan baru. Bahkan untuk wordpress memiliki lebih banyak opsi daripada blogger. Sewaktu Anda masuk ke pengaturan situs, mungkin Anda akan kewalahan karena ada banyak opsi yang ditawarkan.

Jadi intinya dalam hal manajemen situs, blogspot fiturnya terbatas, maintenance cukup ribet tapi mudah untuk dimonetisasi. Sedangkan untuk Wordpress fiturnya lengkap dan tersedia banyak tool untuk melakukan maintenance namun monetisasi sedikit sulit.

Keamanan

Blogger unggul dari segi keamanan karena ia didukung sepenuhnya oleh Google. Sayangnya untuk Anda yang ingin mengubah pengaturan untuk meningkatkan keamanan dan lain sebagainya itu tidak bisa. Dalam hal ini pengaturan keamanannya adalah default dengan kata lain tidak bisa diubah ubah.

Sedangkan untuk wordpress sendiri seringkali menjadi incaran para hacker. Salah satu yang menjadi faktor penyebabnya adalah platform open source. Namun, tenang saja, CMS ini memberikan kesempatan bagi para penggunanya untuk bisa melindungi website dari berbagai ancaman.

Beberapa diantaranya adalah melalui provider web hosting menyediakan modul kemanan yang canggih sehingga tidak dapat ditembus oleh hacker. Anda juga bisa mengubah pengaturan untuk meningkatkan keamanan website dengan menginstal plugin keamanan atau berbagai cara mengamankan website yang lainnya.

Kemudahan Kustomisasi

Untuk blogspot tool kustomisasi memang terbatas, tema yang disediakan sedikit dan tidak menyediakan plugin, sehingga untuk pengaturan yang simple dan sederhana blogspot sangat cocok. Sebaliknya, wordpress memiliki banyak sekali kustomisasi, ada banyak template wordpress dan ribuan plugin. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas tentang pilih Wordpress atau Blogspot, mana yang lebih baik untuk blog? Dengan menyimak artikel ini apakah Anda sudah bisa memilih mana yang terbaik? Mengelola sebuah blog bisa menjadi semakin mudah dengan mengikuti panduan les privat blogger pemula sampai bisa secara online.

Memang untuk membandingkan Wordpress dan Blogspot serta mencari tahu perbedaannya tidak akan pernah habis. Masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jadi mau pilih wordpress atau blogspot adalah mana yang paling sesuai Anda butuhkan. Semoga bermanfaat.