Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Blog Saya Susah Ditemukan di Pencarian Google? Inilah Penyebabnya

Mastimon.com - Satu pertanyaan yang umum ditanyakan oleh para blogger pemula, mungkin Anda juga secara tidak sadar pernah mempertanyakannya yakni "Kenapa blog saya susah ditemukan di pencarian Google?" atau "Kenapa blog saya tidak muncul di Google, padahal saya sudah buat banyak sekali artikel?" kita akan bahas apa penyebabnya.

Blog yang yang susah ditemukan di pencarian bahkan tidak muncul muncul di mesin pencarian bisa dialami oleh blogger mana saja. Tidak hanya mereka yang baru saja memulai tetapi mereka yang sudah lama mengelola blog bahkan sudah membuat artikel banyak sekali ternyata blognya masih sepi sepi saja dan belum pernah muncul di pencarian.

Kalau Anda mengalami masalah ini juga, jangan kecil hati. Ada banyak blogger yang merasakan hal yang sama juga. Sebenarnya membuat blog menjadi ramai pengunjung dan muncul di mesin pencarian tidaklah mustahil atau sulit sekali, karena banyak juga yang sudah berhasil. Meski Anda mungkin masih baru dalam mengelola blog, blog Anda bisa kok ditemukan di Google bahkan di halaman pertama. Bagaimana caranya?

Salah satu caranya adalah dengan mengetahui alasan mengapa blog Anda sepi atau tidak muncul di mesin pencarian Google. Sebagai berikut kita akan membahasnya pada poin poin dibawah ini, mari simak.

Kenapa Blog Saya Susah Ditemukan di Pencarian Google? Inilah Penyebabnya


1. Pemilihan Judul Blog yang Kurang Tepat

Biasanya sebuah blog dapat ditemukan di mesin pencarian seperti halnya Google bahkan berada diurutan halaman pertama, itu karena blog tersebut sudah dikenali atau terindeks oleh mesin pencari, serta baik judul dan isi artikel nya relevan dengan kata kunci pencarian yang diketik oleh para pengguna internet. Selanjutnya blog tersebut mampu bersaing dengan blog blog lainnya.

Nah, kalau Anda salah dalam memilih judul blog, ini bisa berpengaruh terhadap performa konten yang Anda buat. Misalnya Anda membuat judul yang terlalu pendek dan bukan hasil riset. Akibatnya, judul artikel Anda tidak akan pernah muncul karena memang tidak sesuai dengan judul yang dicari oleh pengguna.

Itulah sebabnya penting untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum membuat judul atau artikel. Anda perlu menggunakan long tail keyword dan disarankan memilih judul dengan persaingan rendah terlebih dahulu.

2. Isi Artikel yang Terlalu Singkat

Berbeda dengan media sosial, konten blog yang dibuat adalah berupa tulisan panjang. Beberapa blogger pemula membuat kesalahan dengan membuat artikel yang sangat singkat. Akibatnya blog akan sulit ditemukan di Google.

Patut Anda ketahui, untuk bisa muncul di mesin pencari kita perlu memperhatikan teknik SEO. Nah, salah satunya adalah memperhatikan jumlah kata dalam artikel yang diposting. Jadi semakin banyak jumlah kata akan semakin besar pula ditemukannya blog kita di mesin pencari. Namun meski demikian, isinya harus tetap berkualitas, tidak bertele tele, dan sesuai kebutuhan.

3. Tidak Memperhatikan Teknik SEO

Karena kita menargetkan pengunjung blog kita dari mesin pencari, maka peranan SEO ini sangat penting. Anda perlu meluangkan waktu untuk mempelajarinya dan mempraktekkannya. Nah, beberapa orang yang mungkin tidak membuat artikel berdasarkan SEO, pasti akan lebih sulit untuk muncul di Google apalagi bersaing dengan blogger lainnya.

4. Memilih Judul Atikel dengan Persaingan Tinggi

Tahukah Anda, umumnya blog yang sudah lama pasti lebih unggul daripada blog yang masih baru. Mengapa? karena blog yang sudah lama telah dikenal baik oleh mesin pencari. Meskipun judul artikel Anda sudah relevan dengan kata kunci, mesin pencari umumnya akan lebih memprioritaskan blog blog yang sudah dikenal dan memiliki reputasi yang baik.

Nah, salah satu tips untuk blog baru, sebaiknya jangan dulu pilih artikel dengan persaingan tinggi. Karena blog Anda kemungkinan belum sanggup untuk bersaing. Cobalah untuk menargetkan judul yang mempunyai persaingan rendah terlebih dahulu misalnya dengan jumlah pencarian di bawah 500.000.

5. Template Blog yang Kurang SEO Friendly

Selain 4 penyebab yang sudah kita bahas, ada satu hal lagi yang bisa membuat blog Anda tidak bisa ditemukan di mesin pencari, yakni template yang Anda gunakan rupaya kurang SEO Friendly sehingga kurang ramah untuk mesin pencari.

Jadi dalam hal ini penting sekali untuk memanfaatkan template blog yang SEO friendly, tampilan bagus dan ramah terhadap mesin pencari. template yang seperti inilah yang bisa membuat blog Anda mudah ditemukan mesin pencari. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang penyebab mengapa blog kita mungkin susah ditemukan di mesin pencarian seperti halnya Google, Yahoo! Search, Bing dan masih banyak lagi. Setelah mengetahui penyebabnya, cobalah untuk segera atasi dan terapkan berbagai panduan untuk membuat blog Anda ramai.

Jika masih bingung bagaimana caranya, untuk para pemula ayo gabung ke les privat blogger pemula sampai bisa secara online yang tersedia untuk Anda. Dengan panduan atau bantuan dari orang lain yang sudah berhasil, akan lebih memudahkan Anda untuk meningkatkan atau mengatasi hal hal yang tidak Anda mengerti dalam dunia blogging. Semoga bermanfaat.