-->

Kenali cara kerja mesin pencari google terbaru

Sebagian besar dari kita semua tentu sudah mengenal mesin pencari atau yang juga disebut search engine dalam bahasa inggris. Mesin pencari, paling banyak digunakan untuk mencari berbagai informasi terbaru maupun yang dibutuhkan kapan dan dimana saja. Namun, tahukah Anda bagaimana cara kerja mesin pencari seperti halnya google yang begitu canggih dan modern ini? 

Sebenarnya mengingat peranan mesin pencari dalam kehidupan manusia sudah melekat dan dibutuhkan oleh setiap orang. Baik digunakan untuk menunjang pekerjaan bisnis, update berita terbaru, informasi pendidikan, mencari trend fashion atau bahkan sekedar update selebriti. Sepanjang sejarahnya, mesin pencari pun terus diperbaharui agar semakin nyaman digunakan.

Sekarang ini pun, dapat kita temui banyak jenis mesin pencari selain google yang paling terkenal. Mesin pencari lainnya adalah Bing, Searh Encrypt, Yahoo! Search, Baidu, Yandex dan masih banyak lagi yang lainnya. Setiap mesin pencari tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing  masing. Di bawah ini kita akan mengenali cara kerja dari mesin pencari terbaru. Silahkan disimak.

Kenali cara kerja mesin pencari google terbaru


1. Crawling atau penelusuran

Hal pertama dalam cara kerja mesin pencari adalah melakukan penelusuran atau penjelajahan yang disebut juga dengan istilah crawling dalam bahasa inggris. Sebagaimana yang kita tahu bahwa terdapat triliun bahkan lebih banyak halaman atau dokumen yang berada di internet. Bagaimana cara mesin kerja memilih dari banyaknya halaman tersebut?

Mesin pencari akan melakukan crawl ke blog atau website yang dianggap memiliki kriteria berkualitas dan dapat dipercaya. Dari website yang dapat dipercaya ini nantinya dapat ditemukan juga website lainnya yang terdapat melalui link yang diarahkan pada suatu website. Penelusuran crawl mesin pencari ini akan terus dilakukan atau terus berlanjut sampai link link website telah berakhir.

2. Indexing atau pengindeksan

Hal ini umumnya seringkali menjadi bahan perbincangan oleh para blogger di zaman sekarang, mungkin karena website mereka sulit terindeks dalam mesin pencari. Tahukah Anda, apa itu indeks? Indeks ini adalah daftar raksasa dari semua halaman yang ada di web atau konten yang telah ditemukan oleh crawl dan kemudian disimpan dalam sebuah list database di mesin pencari.

Nantinya list ini akan digunakan pada saat mesin pencari digunakan dan ditampilkan sebagai informasi yang dicari oleh pengguna atau pembaca yang sifatnya relevan. Nah, mungkin Anda bertanya tanya mengapa website Anda belum ada di mesin pencarian? Ini berarti Anda peelu mencari tahu jawaban dari mengapa website saya tidak terindeks oleh google?

Sejauh ini mesin pencari akan hanya menampilkan informasi atau data dokumen dari suatu blog atau website yang sudah di index sebelumnya. Jika halaman website Anda tidak terindeks maka sudah pasti tidak akan masuk dalam mesin pencarian.

3. Ranking atau peringkat

Selain hal hal diatas satu hal lainnya yang juga penting dalam cara kerja mesin pencari adalah rangking dan peringkat yang umumnya juga ramai diperbincangkan oleh penulis online dan blogger. Siapa yang tidak ingin website atau blog nya mendapatkan peringkat satu atau peringkat yang baik dalam mesin pencari? Tentu setiap blogger menginginkan hal tersebut.

Menurut Anda bagaimana cara mesin pencari memilih suatu website untuk menduduki posisi teratas atau page one dalam beranda pencarian? Ada rahasia yang dijalankan untuk menentukan rangking atau peringkat ini. Disebut rahasia, karena tidak diketahui secara persis bagaimana mesin pencari melakukan rangking.

Tapi, jangan khawatir sebab ada beberapa teori yang menyebutkan banyak bahkan mencapai ratusan cara dari mesin pencari untuk menentukan peringkat dalam mesin pencari. Beberapa diantaranya adalah jumlah situs situs lain yang menjadi perantara untuk menghubungkan ke suatu website dan juga melalui konten baru.

Dalam proses tersebut, mesin pencari akan memberikan peringkat serta nilai kepada banyak sampai jutaan website yang dianggap memiliki kualitas dan relevan. Untuk mencapai hal tersebut, Anda perlu memperhatikan tips dan trik pembuatan konten yang berkualitas. Seperti harus memiliki kata kunci yang relevan dengan url yang relevan dengan kata kunci yang deskriptif yang mampu menjelaskan isi artikel.

Demikianlah uraian selengkapnya berupa informasi terbaru yang menyajikan informasi lengkap terkait bagaimana cara kerja dari mesin pencari dengan penjelasan lengkap yang dapat kita pahami. Dengan mengetahui hal ini, khususnya bagi para pengelola blog atau website bisa terbantu untuk mengoptimalkan website mereka baik itu website bisnis atau pribadi untuk bisa bersaing di mesin pencari.

Informasi ini juga merupakan strategi marketing yang perlu diketahui oleh penulis online dan blogger dalam mengelola website atau juga membuat konten artikel yang sesuai dengan kriteria mesin pencari, sehingga akan memungkinkan sebuah website mencapai page one. Jika sudah demikian, keuntungan keuntungan lainnya akan Anda dapatkan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel