Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat SEO pada website blog yang perlu diketahui

Sebagai seorang blogger pasti Anda setidaknya sudah mengenal yang namanya SEO. SEO ini adalah singkatan dari Search Engine Optimatization yang sangat berperan penting untuk blog atau website. Apa saja manfaat SEO? Bagi Anda yang masih pemula, untuk bisa menulis artikel yang berkualitas tentunya perlu menerapkan teknik SEO Friendly ini. Artikel seperti inilah yang akan membawa Anda pada kesuksesan. 

Informasi ini sangat cocok bagi Anda yang penasaran bagaimana caranya membuat blog dengan tepat dan berkualitas supaya bisa menghasilkan banyak pengunjung di website Anda. Jika mendapatkan traffic visitor yang tinggi, maka tidak menutup kemungkinan Anda juga akan mendapatkan penghasilan atau keuntungan yang besar pula.

Inilah mengapa penting sekali untuk mengetahui apa itu SEO? Bagaimana cara kerjanya? Tips dan trik menerapkan teknik SEO dan masih banyak lagi pertanyaan yang lainnya. Namun, yang terutama untuk meyakinkan Anda terkait penggunaan SEO, cobalah simak informasi sebagai berikut yang akan membahas deretan kelebihan dari menerapkan teknik SEO terbaru dalam blog atau website Anda. Silahkan disimak.

5 Manfaat SEO pada website blog yang perlu diketahui

1. Menambah jumlah visitor website

Seperti yang sudah kita bahas sekilas pada bagian awal tadi bahwa SEO bisa membantu Anda dalam mendapatkan visitor atau pengunjung secara original. Bukankah tujuan utama Anda pada saat mengelola blog atau website adalah supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari? Hal ini bisa terjadi apabila artikel yang Anda unggah adalah artikel yang SEO dan berkualitas baik.

Apabila blog atau website Anda sebaliknya menyediakan artikel yang tidak berkualitas baik, maka akan mustahil mendapat kunjungan yang tinggi, bahkan akan terus rendah dan tidak mengalami perkembangan yang baik. Oleh sebab itu, manfaat baik ini membuktikan bahwa penting sekali untuk menerapkan SEO untuk blog Anda.

2. Mendatangkan calon pembeli

Khususnya apabila tujuan blog atau website Anda adalah untuk bisnis online maka penggunaan SEO akan membuat Anda mendapatkan banyak kunjungan organik yang kemungkinan besar dapat berpotensi sebagai calon pembeli. Dalam mesin pencari, blog Anda akan mudah ditemukan berdasarkan pencarian oleh pelanggan yang membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Hal ini pasti akan memberikan pengaruh atau dampak yang positif untuk usaha atau bisnis online Anda yang bisa dikenali oleh masyarakat luas. Dengan menerapkan SEO bisnis Anda berpotensi mendapatkan banyak calon pembeli bahkan sudah siap membeli karena pelanggan yang sudah tertarget.

3. Meningkatkan Kredibilitas dan Popularitas website

Tahukah Anda, apabila suatu website atau blog sudah seringkali ditemui dalam mesin pencarian seperti halnya google maka tentu blog atau website tersebut telah mendapatkan kredibilitas dan popularitas yang semakin bagus dan meningkat. Apabila sudah begini, tentu saja branding website Anda di search engine atau mesin pencarian telah berhasil.

Tahukah Anda, kondisi seperti ini akan memungkinkan ketika mesin pencari digunakan dengan memunculkan beberapa kata kunci yang sama, maka pengunjung akan lebih fokus pada blog atau website Anda. Menarik sekali bukan?

4. Website yang user friendly

Selain manfaat manfaat diatas yang dapat Anda dapatkan dalam penerapan SEO, website Anda juga akan user friendly. Apa maksudnya? Ya, blog atau website Anda akan bekerja lebih cepat dan lancar sehingga akan sangat mudah untuk diakses oleh para pengguna dan pembacanya. Walaupun, sebagian besar orang hanya berpatokan bahwa SEO ini hanya terkait dengan pengoptimalan kinerja dimesin pencari.

Namun, pada kenyataannya SEO juga akan membuat blog atau website Anda lebih user experience. Selain itu dalam tips SEO sendiri akan menuntut Anda memiliki sebuah website yang bersih, baik dan rapi sehingga secara tidak langsung akan membuat para pengunjung bertahan lebih lama atau betah. Dengan demikian akan terjadi peningkatan page view.

5. Terdepan dari kompetitor

Nah, yang tidak kalah penting lagi bisnis atau usaha yang Anda kelola akan lebih unggul dibandingkan kompetitor atau pesaing Anda yang berada dalam industri serupa, produk yang sama atau harga yang sama. Ini terjadi karena Anda mempunyai website yang dioptimalkan dengan SEO selain yang lainnya tidak dioptimalkan.

Oleh sebab itu, SEO kerap disebut sebagai bagian penting dalam strategi marketing dan cara yang terbaik sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas online milik Anda. Sehingga hal ini akan mampu menjangkau banyak konsumen ketika mereka sedang aktif aktifnya mencari informasi tentang suatu produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Inilah uraian selengkapnya yang membahas tentang manfaat SEO yang perlu perlu Anda ketahui. Berbagai keunggulan dari kehadiran SEO ini akan sangat memegang peranan penting untuk blog atau website bisnis Anda. Tentunya Anda akan menggunakan berbagai cara untuk bisa berhasil dan mencapai tujuan sebagai pengelola blog dan website yang sukses bukan?

Setelah mengetahui macam macam manfaat SEO, selanjutnya apa yang perlu Anda lakukan? Bukan hanya  sekedar mengetahui saja, diharapkan Anda bisa secara langsung mendapatkan manfaatnya dengan mempraktekkannya secara langsung. Meskipun teknik SEO seringkali melakukan pembaharuan atau update, upaya yang Anda lakukan akan menghasilkan manfaat yang besar untuk kelancaran bisnis online Anda. Semoga bermanfaat.