Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Backlink yang Berkualitas Untuk Blog Anda

Mastimon.com - Bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas? Saat Anda mencari informasi ini kemungkinan Anda sudah tahu bahwa backlink memiliki peran yang penting dalam menaikkan peringkat blog atau website. Jika blog atau website memiliki backlink yang berkualitas dan bagus, hal ini pasti bisa sangat menguntungkan untuk Anda.

Khususnya untuk kita sebagai blogger pemula, harus mengenal dan paham, apa saja tips dan trik untuk memanfaatkan berbagai fitur di blog atau website dengan tujuan semakin meningkatkan kualitas blog atau website. Nah, backlink ini adalah salah satu trik yang perlu Anda coba atau lakukan untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Buat Anda yang belum tahu, backlink ini sendiri adalah sebutan untuk tautan atau link yang terdapat pada suatu artikel blog dan link tersebut mengarah kepada blog atau website lain. Backlink biasanya dimanfaatkan sebagai rujukan supaya pengguna semakin mudah untuk mempopulerkan blog atau websitenya.

Nah, dalam artikel ini tanpa basa basi lagi saya akan berbagi kepada teman teman penjelasan mengenai strategi cara mendapatkan backlink berkualitas yang dapat diterapkan di blog Anda. Nantinya blog Anda bisa memiliki kesempatan untuk bersaing atau bahkan mendominasi laman pencarian Google loh.

Yuk simak informasinya sampai habis pada poin poin yang tersedia di bawah ini.

Cara Mendapatkan Backlink yang Berkualitas Untuk Blog Anda


1. Selalu membuat artikel yang orisinil dan unik

Tips pertama untuk mendapatkan backlink yang berkualitas adalah jangan lupa untuk selalu membuat atau menciptakan karya artikel yang orisinil dan unik, Maksudnya adalah artikel hasil buatan sendiri dan bukan hasil copy paste. Dengan membuat artikel demikian maka ini akan sangat berdampak pada blog Anda yang semakin naik kredibilitasnya dan tentunya lebih diminati dan banyak dibaca oleh pengunjung blog Anda.

Selain itu, karena Anda membuat konten yang berkualitas, maka ini akan semakin memperbesar peluang konten tersebut dijadikan sebagai referensi atau sumber ide bagi orang lain untuk menulis konten dengan topik sama. Nah, strategi inilah yang akan membuat Anda memperoleh peluang untuk mendapatkan backlink.

Backlink yang Anda dapatkan karena membuat konten artikel yang berkualitas dapat dianggap sebagai penghargaan atas usaha Anda tersebut loh. Jadi jangan menyerah untuk terus membuat artikel hasil buatan Anda sendiri.

2. Komentar di Blog atau Website yang berkualitas

Cara berikutnya adalah Anda bisa meninggalkan komentar di website atau blog yang sudah populer. Contoh blog yang populer adalah seperti portal berita atau blog yang mempunyai topik yang sama dengan konten artikel Anda.

Namun, sebelum memberikan komentar, Anda perlu ingat untuk memberikan komentar yang baik dan sopan. Jangan sampai komentar Anda dianggap spam karena memberikan komentar terlalu banyak dengan alasan yang tidak jelas. Hal ini umum dilakukan oleh beberapa orang yang hanya fokus mendapatkan backlink dari web yang dikunjungi. Hindari hal ini ya.

3. Kerjasama Promosi dan Endorse

Anda bisa membarengi kegiatan Anda menulis artikel yang berkualitas dengan mempromosikannya juga. Caranya bagaimana? Apabila Anda punya budget yang berlebih, Anda bisa coba untuk menjalin kerjasama seperti promosi dengan influencer. Jadi mereka bisa membagikan konten Anda berupa tautan ke media sosial atau platform yang mereka gunakan.

4. Memberikan Testimoni Jujur

Tahukah Anda hampir sebagian besar perusahaan membutuhkan yang namanya testimoni. Testimoni ini digunakan sebagai bukti bahwa produk yang ditawarkan telah disukai oleh banyak orang. Nah, trik ini juga bisa Anda gunakan dengan cara menawarkan testimoni kepada perusahaan perusahaan dan imbal baliknya Anda bisa mendapatkan backlink.

Dalam hal ini pastikan Anda akan memilih website yang memiliki Domain Authority tinggi atau blog dengan reputasi yang baik dimata mesin pencari.

5. Menulis Informasi yang sedang banyak dibutuhkan

Untuk bisa menyediakan konten yang berkualitas dan banyak dibaca, Anda perlu menulis informasi yang sedang banyak dicari. Dengan topik pembahasan yang ramai ini juga bisa semakin menaikkan popularitas blog karena membahas hal yang dibutuhkan. Sehingga tidak menutup kemungkinan, blog yang sudah ternama mungkin akan tertarik membuat backlink.

6. Aktif dalam forum

Untuk mendapatkan backlink berkualitas Anda juga bisa memulainya dengan mencari forum yang relevan dengan niche dan menyediakan backlink dofollow. Atau Anda juga bisa melakukan cek website atau blog kompetitor untuk riset mana forum yang menaruh link ke website mereka.

7. Menggunakan Infografik

Nah, tips yang satu ini juga bisa Anda lakukan dimana Infografik sendiri adalah berupa representasi data dalam bentuk visual. Dengan infografik ini bisa membuat artikel yang Anda buat lebih menarik apabila dibandingkan dengan artikel kompetitor lainnya. Infografik ini menyajikan informasi yang mudah dipahami, cenderung banyak dibagikan dan mudah dibuat.

Ini hanya sebagian cara atau tips untuk mendapatkan backlink berkualitas, jika Anda masih bingung coba ikuti panduan les privat blogger pemula sampai bisa secara online disini. Dengan dipandu, Anda bisa memahami sistem kerja dan cara mendapatkan backlink berkualitas dengan lebih baik.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara mendapatkan backlink yang berkualitas untuk blog Anda. Memang sebagaimana yang kita tahu mendapatkan backlink yang berkualitas bukanlah suatu hal yang mudah, tetapi dengan strategi ini tentu saja masih mungkin untuk dilakukan. Terima kasih sudah mampir ke mastimon.com

Anda bisa coba menerapkan tips yang diberikan, Anda juga perlu terus menambah pengetahuan Anda terkait backlink, blog dan website sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada. Apalagi sebagaimana yang kita tahu, perkembangan teknologi yang semakin maju akan turut berpengaruh terhadap dunia digital. Semoga bermanfaat.