Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Plagiat Gratis Secara Online untuk Cek Keaslian Konten Blog

Mastimon.com - Sebagaimana yang kita tahu, Google mencegah adanya konten konten plagiat yang muncul di hasil pencariannya. Konten plagiat adalah adalah konten hasil menjiplak ide, gagasan sampai dengan hasil karya orang lain kemudian diakui menjadi karya sendiri. Oleh sebab itu, sebagai seorang blogger, Anda harus tahu cara cek plagiat gratis secara online untuk keaslian konten blog.

Kita perlu menghargai karya dan konten di dalam dunia digital, jadi stop melakukan plagiat konten. Mungkin ada situasi dimana kita membuat konten artikel yang terdeteksi plagiat, padahal kita sebenarnya tidak sedang meniru karya orang lain. Hal ini bisa terjadi, karena memang ada begitu banyak informasi di internet, yang secara tidak sengaja kita bisa membuat konten yang sama.

Oleh sebab itu, sebelum mempublish atau memposting sebuah artikel hasil karya Anda sendiri, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah artikel Anda terdeteksi no plagiat atau termasuk konten original. Bingung, bagaimana cara membuat konten artikel yang berkualitas dan original, Anda bisa mengikuti panduan les privat blogger pemula sampai bisa secara online.

Nah, uraian di bawah ini membahas tentang cara cek plagiat gratis secara online untuk cek keaslian konten blog. mari simak.

Cara Cek Plagiat Gratis Secara Online untuk Cek Keaslian Konten Blog


Untuk mengecek dan memastikan konten Anda tidak plagiat, Anda bisa memanfaatkan website yang menawarkan cek konten Anda apakah terindikasi plagiat atau tidak. Beberapa website bisa digunakan secara gratis dan tinggal online saja. Hasilnya juga cukup akurat untuk menjadi acuan Anda dalam membuat konten artikel yang original.

1. Plagiarism Checker Small SEO Tools

Plagiarism Checker Small SEO Tools merupakan website untuk cek plagiarisme secara online pertama yang akan kita bahas. Admin biasanya gunakan website ini untuk cek apalah artikel ada plagiat atau tidak. Dan sebagaimana yang admin tahu website yang bisa digunakan secara gratis ini memang tergolong populer loh dibandingkan dengan yang lainnya.

Selain gratis, untuk menggunakannya pun kita tidak perlu melakukan registrasi. Kemudian website ini sifatnya sangat informatif dan mampu menyajikan informasi secara detail dan mudah dipahami. Anda bisa coba memanfaatkan website ini.

2. DupliChecker

Selanjutnya yang tidak kalah terbaik dalam hal cara cek plagiarisme adalah DupliChecker. Untuk menggunakannnya mudah sekali sama seperti website pertama yang kita bahas, dimana Anda tinggal memasukkan konten dengan tidak lebih dari 1000 kata ke dalam sebuah form yang sudah disediakan. Nantinya DupliChecker akan mengeceknya apakah artikel Anda original.

Jika misalnya Anda memiliki lebih dari 1000 kata, biasanya admin membaginya menjadi beberapa bagian untuk di cek menggunakan DupliChecker. Website ini akan membantu Anda melihat seberapa besar kemiripan konen Anda dengan konten lainnya dalam bentuk persen.

3. Unicheck

Unicheck adalah salah satu situs website yang cukup populer untuk cek plagiarisme secara online. Hal ini sebenarnya wajar karena website ini biasanya sering digunakan dalam dunia editor, pendidikan, peneliti dan penulis. Tidak heran kalau sampai dengan saat ini sekitar 1 juta pengguna di seluruh dunia dan sekitar 124 juta file telah dicek menggunakan Unicheck. Menarik sekali bukan?

4. PlagScan

PlagScan merupakan website untuk cek plagiarisme secara online yang memiliki cukup banyak kelebihan. Misalnya, Anda hanya perlu melakukan beberapa klik saja untuk bisa mengecek keaslian dari teks artikel. Namun, layanan ini dapat Anda gunakan secara gratis dalam jangka beberapa hari saja dengan mendaftar terlebih dahulu. Kemudian diperlukan pembayaran untuk bisa menggunakan Plagscan lebih lama. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah informasi yang membahas tentang cara cek plagiat gratis secara online untuk cek keaslian konten artikel blog yang perlu teman teman ketahui. Mengapa ini penting diketahui? Ya, karena untuk mencapai tujuan seperti konten artikel yang sesuai SEO, bisa trending di halaman pencarian, dan banyak pengunjung, Anda harus memiliki artikel yang dibuat hasil karya kita sendiri.

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan plagiarisme bisa terjadi, selain daripada sengaja meniru. Tetapi mungkin karena kurangnya pengetahuan bagi si pembuat karya mengenai bagaimana caranya penulisan karya yang tepat. Jadi jika ingin menjadi blogger yang profesional harus memperhatikan integritas, kejujuran dan keorisinal konten blog. Semoga bermanfaat.