Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Backlink? Lihat Pengertian dan Manfaatnya Disini

Mastimon.com - Apa itu backlink? Pertanyaan ini umumnya ditanyakan oleh mereka yang belum mengenal cara mengelola blog atau website. Jika Anda adalah seorang blogger pemula, maka wajib untuk Anda mengetahui pengertian dan manfaat backlink. Khususnya untuk membuat website di posisi teratas pada halaman pencarian, Anda bisa memanfaatkan yang namanya sistem backlink ini.

Lantas, yang menjadi pertanyaan adalah apa itu backlink? Mungkin dari namanya kalau hanya sekedar menebak Anda bisa menerka bahwa backlink adalah salah satu jenis link. Ya memang benar adanya, namun backlink ini bukan sembarang link. Untuk membuat backlink juga tidak sembarangan, melainkan ada tips dan triknya.

Jika Anda sudah tahu backlink itu apa dan manfaatnya, Anda pasti tidak akan ragu untuk segera memanfaatkannya di blog atau website Anda. Tanpa basa basi lagi, supaya Anda tidak penasaran tentang apa sebenarnya backlink, mari simak informasi di bawah ini yang membahas tentang apa itu backlink? kita akan membahas mulai dari pengertian dan manfaatnya disini.

Apa Itu Backlink? Lihat Pengertian dan Manfaatnya Disini


Backlink merupakan tautan atau link dari satu website atau situs yang menuju ke situs atau website lainnya. Umumnya backlink disebut juga dengan istilah inbound link, one way link maupun incoming link yang artinya link atau tautan masuk dan tautan satu arah. 

Contohnya salah satu artikel di mastimon.com memiliki link yang mengarah ke website lainnya dengan topik yang relevan dengan artikel tersebut. Inilah yang disebut dengan backlink.

Tahukah Anda, sebuah website yang memiliki backlink yang berkualitas biasanya akan memperoleh penilaian yang positif dari mesin pencarian contohnya seperti Google. Backlink bisa menjadi suatu tanda bahwa website atau situs tersebut bisa dipercaya dan mempunyai konten informasi yang berkualitas.

Inilah alasan mengapa website atau blog dengan backlink yang berkualitas bisa memperoleh posisi teratas atau halaman pertama di mesin pencari atau SERP. Apalagi manfaat backlink secara spesifik? Lihat poin poin di bawah ini.
  • Mempercepat pengindeksan
  • Meningkatkan DA atau Domain Authority
  • Meningkatkan referral traffic
  • Meningkatkan PA atau Page Authority
  • Membangun reputasi website menjadi cukup populer di mesin pencari. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Demikianlah informasi singkat yang membahas tentang apa itu backlink mulai dari pengertian dan manfaat. Bagaimana menguntungkan sekali bukan kalau Anda mengenal dan memanfaatkan backlink ini untuk website atau blog Anda? Selanjutnya Anda pasti bertanya bagaimana cara mendapatkan backlink yang disukai oleh Google? Untuk mendapatkan jawabannya Anda bisa mengikuti panduan les privat blogger pemula sampai bisa secara online.

Ini hanya sebagian kecil tentang backlink yang patut Anda ketahui, masih banyak lagi pengetahuan tentang backlink dan sejenisnya yang bisa Anda pelajari. Anda bisa belajar melalui panduan link building SEO terlengkap untuk pemula. Tujuannya adalah untuk semakin membuat blog atau website Anda terus berkembang dan berhasil. Semoga bermanfaat.