Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Memberi Komentar di Blog Orang Lain Jadi Cepat Terkenal

Mastimon.com - Sebagai seorang blogger pemula, mungkin kita bisa berfikir bahwa tidak ada untungnya untuk memberikan komentar di blog atau website orang lain. Yang penting, kita hanya perlu membuat artikel yang bagus di blog kita. Sebenarnya anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Tahukah Anda, ada beberapa tips memberi komentar di blog orang lain dan blog kita bisa jadi cepat terkenal.

Kok bisa cepat terkenal? Ya, secara tidak langsung sewaktu kita meninggalkan komentar pada postingan blog orang lain, kita seperti meninggalkan jejak. Dari jejak itu kita bisa dikenal oleh si pemilik blog atau bahkan pengunjung dari blog tersebut. Memberikan komentar di blog juga sangat diperlukan untuk membangun komunikasi antar blogger.

Ada banyak sekali manfaat berkomentar di blog atau website orang lain. Namun, yang menjadi masalah adalah tidak semua blogger mengerti atau paham bagaimana cara berkomentar yang baik dan benar. Komentar yang kita buat bisa berpengaruh terhadap kualitas blog kita bahkan pandangan Google atau mesin pencari, apakah Google menyukai komentar yang kita berikan?

Jangan khawatir, Anda hanya perlu tahu tata cara memberikan komentar di blog orang dengan baik dan benar yang akan kita ulas pada informasi di bawah ini. Yuk simak.

Tips Memberi Komentar di Blog Orang Lain Jadi Cepat Terkenal


1. Memperhatikan peraturan berkomentar dari si pemilik blog

Banyak dari para blogger memberikan pengaturan tentang tata cara berkomentar diblog mereka. Dan memang pengaturan berkomentar ini telah menjadi bagian yang cukup penting dari halaman postingan di blog. Mengapa? Ya karena tujuannya agar pembaca bisa memberikan komentar yang berkualitas dan tertarget. Dengan demikian dapat diciptakan diskusi yang positif.

Jadi sebelum berkomentar, Anda bisa coba lihat terlebih dahulu peraturannya yang ada di blog mereka, meskipun sebagaimana yang kita tahu ini bukan bagian dari materi artikel yang kita baca. Jika Anda melakukan ini, ini bisa menunjukkan kalau Anda menghargai pemilik blog dan bisa memberikan kesan bahwa Anda adalah blogger yang cerdas.

2. Sebutkan nama

Biasanya yang pertama kali dibaca pada sebuah komentar adalah bagian namanya sebagai identitas diri. Meski sederhana, coba usahakan untuk menyebutkan nama Anda. Nama bisa mencerminkan siapa Anda dan bagaimana caranya Anda bisa ditemukan.

Anda dapat memberikan nama Google+ sebagai tanda pengenal atau jika Anda berkomentar pada situs yang menggunakan CMS Wordpress silahkan untuk menuliskan nama asli Anda. Sangat direkomendasikan juga untuk menyelipkan link situs yang menuju ke blog Anda pada nama tersebut.

3. Gunakan kalimat yang baik dan sopan

Kita pasti senang jika ada yang berbicara kepada kita dengan baik dan sopan, jadi sewaktu memberikan komentar pastikan Anda menggunakan kalimat yang baik dan sopan juga. Tahukah Anda, kalimat yang kita gunakan tersebut bisa mencerminkan bagaimana Anda memahami artikelnya.

Selain itu, karena kita juga mau menjalin pertemanan dengan baik, berikan kesan yang baik dan sopan melalui komentar Anda. Apabila Anda secara konsisten memberikan komentar yang baik dan sopan, Anda pasti akan disukai.

4. Hindari Spam

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah spam bukan? Dalam hal berkomentar di blog orang, Anda perlu menghindari yang namanya spam. Meskipun kita tahu dengan memberikan komentar berrmanfaat untuk mencari backlink berkualitas dan untuk kemajuan blog dalam meraih lalu lintas pengunjung organik, bukan berarti Anda memberikan komentar yang bersifat spam.

Pastikan Anda membuat komentar yang benar benar bermutu dan sesuai kebutuhan saja. Spam memiliki pengaruh yang bahaya bahkan jika melakukan spam kita bisa terkena dampak pinalty dari Google.

5. Maksimalkan komentar yang dibutuhkan

Komentar yang bagus bukan hanya berisikan kata "Terima kasih" atau kata umum lainnya. Coba pikirkan jenis komentar yang dibutuhkan pada artikel di blog tersebut. Misalnya bisa berupa pertanyaan, menambahkan poin penting lainnya yang terlewatkan oleh si penulis. Disisi lain Anda juga bisa memberikan penjelasan lebih rinci tentang materi yang dibahas.

6. Gunakan kata yang mudah dipahami

Nah, masih membahas soal kalimat dan kata yang dipilih dalam berkomentar, cobalah untuk tidak hanya menggunakan kalimat yang baik dan sopan tetapi juga gunakan kata yang mudah dipahami. Gunakan saja bahasa sehari hari yang biasa digunakan oleh para pengguna internet.

7. Menghindari ajakan berkunjung balik

Nah, ini yang sering ditemui dalam banyak komentar blog. Kita memang menginginkan setelah berkomentar mereka akan berkunjung balik ke blog atau situs kita. Meskipun ini tidak dilarang tetapi jangan sekali kali mengajak mereka secara langsung. Sebab ajakan seperti ini bisa memberikan kesan bahwa blog Anda mungkin tidak berkualitas sehingga mengajak langsung lewat tulisan.

Sebenarnya apabila komentar Anda baik, pemilik blog secara tidak langsung akan terbujuk untuk mengunjungi blog Anda balik. Jadi jangan khawatir, dan jangan terlalu aktif menyerang pemilik blog dengan permintaan yang memaksa.

Biarkan komentar Anda secara alami yang mengajak mereka untuk berkunjung. Untuk semakin meningkatkan perkembangan blog Anda sebagai blogger pemula, Anda juga bisa ikut dalam panduan les privat blogger pemula sampai bisa secara online. Dengan demikian, Anda bisa semakin terampil sebagai seorang penulis blog.

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membahas tentang tips memberi komentar di blog orang lain supaya bisa jadi cepat terkenal. Tapi jangan hanya berfokus pada satu manfaat itu, rasakan juga manfaat lainnya seperti memperluas pertemanan, membuka ide untuk menulis, traffic blog bertambah dan terutama memperlihatkan kualitas kita untuk mendapatkan backlink. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Jadi, dari pembahasan kali ini, bagaimana menurut Anda terkait cara dan tips memberikan komentar di blog atau website orang lain? Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapat, jadi cobalah untuk jangan malas membaca artikel yang blogger lainnya buat kemudian coba untuk tinggalkan komentar disana. Semoga bermanfaat.