Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Perbedaan Hosting dan Domain yang Wajib Blogger Pemula Ketahui

Mastimon.com - Mengetahui perbedaan antara hosting dan domain sudah menjadi satu hal penting yang wajib diketahui oleh blogger pemula. Ya, memulai bisnis untuk membangun suatu website atau blog, baik hosting maupun domain memiliki perannya masing masing. Keduanya berfungsi untuk membuat website atau blog Anda menjadi user friendly dan mudah diakses oleh para pengunjung

Lantas, apa sebenarnya perbedaan hosting dan domain bagi website? buat Anda yang masih belum bisa membedakannya, jangan khawatir. Pada artikel ini kita akan membahas terkait perbedaan hosting dan domain beserta penjelasannya yang semoga bisa menjawab pertanyaan Anda.

Selengkapnya tentang pengertian hosting dan domain, yuk kita simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. Silahkan disimak.

Ini Perbedaan Hosting dan Domain yang Wajib Blogger Pemula Ketahui


Pengertian Hosting

Berdasarkan pengertiannya hosting adalah sebutan untuk layanan penyimpanan data website dan aplikasi pada server yang terkoneksi dengan internet. Jadi hosting memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai jenis file seperti gambar, teks, audio, video dan lain sebagainya. Sedangkan untuk hosting yang ada di aplikasi berfungsi untuk menyimpan sekaligus mengelola data contoh seperti informasi pelanggan, transaksi dan inventaris.

Jika hosting tidak ada, maka website atau aplikasi Anda tidak mungkin bisa diakses atau ditemukan di internet. Mengapa? Karena tidak adanya penyimpanan data sehingga data yang dibuat tidak bisa diakses secara online.

Pengertian Domain

Pengertian domain adalah istilah untuk alamat unik yang digunakan sebagai identitas suatu website atau blog. Sebagai contohnya adalah "mastimon.com" yang merupakan domain. Nah, domain sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian nama dan ekstensinya.

Nama adalah identitas berupa nama yakni "mastimon" dalam contoh tersebut. Sedangkan ekstensinya adalah bagian yang terletak setelah nama untuk menunjukkan tujuan atau jenis sebuah website contohnya adalah ".com".

Sewaktu menyimak pengertian keduanya Anda pasti sudah bisa membedakan mana yang hosting dan mana yang domain bukan? Nah, sekarang kita akan lihat lebih detail beberapa perbedaan yang perlu kalian ketahui :

1. Fungsi

Hosting berfungsi sebagai tempat penyimpanan file dan data pada sebuah website sedangkan domain memiliki fungsi sebagai alamat unik sebagai identitas yang memungkinkan pengunjung bisa mengunjungi website dengan mudah.

2. Jenis

Tahukah Anda sebenarnya Hosting secara umum terdiri dari tiga jenis layanan yang berbeda yaitu ada shared hosting, cloud hosting dan VPS atau virtual private server. Nah, domain juga memiliki tiga jenis yaitu mulai dari TLD (Top Level Domain), SLD (Second Level Domain), dan Third Level Domain.

3. Bentuk

Jika dilihat dari bentuknya hosting mempunyai bentuk berupa server yang berguna sebagai tempat penyimpanan data, sedangkan domain disini bentuknya adalah URL untuk mengakses website atau blog.

4. Biaya

Nah, dari segi biaya juga berbeda antara hosting dan domain. Kalau biaya hosting tergantung spesifikasi dan jenis layanan yang dipilih oleh pengguna. Sedangkan untuk domain dipengaruhi oleh jenis dan ekstensi yang dipilih oleh pengguna. Misalnya ekstensi seperti .info dan .org yang memiliki harga lebih murah daripada ekstensi lain seperti .com dan .net

Masih banyak pertanyaan soal bagaimana cara membangun website atau blog sampai sukses? Anda bisa ikuti les privat blogger pemula sampai bisa yang dapat diikuti secara online.

Informasi diatas membahas tentang perbedaan Hosting dan Domain yang wajib blogger pemula ketahui. Setelah menyimak informasi diatas Anda tidak hanya mampu membedakan hosting dan domain dengan baik tetapi juga mengenali fungsi dan kegunaan dari keduanya masing masing. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Meskipun hosting dan domain adalah dua hal yang berbeda namun untuk cara kerjanya adalah saling terkait. Jika kehilangan salah satunya, itu pasti bisa sangat berdampak tidak baik bagi suatu website atau blog. Jadi kehadiran keduanya tidak boleh dibedakan, mana yang lebih baik atau tidak. Karena keduannya sama sama penting untuk kelancaran website. Semoga bermanfaat.