Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat website dengan hosting dan domain gratis

Apa itu Hosting dan domain? Anda yang berkecimpung dalam dunia website wordpress dan blog pasti sudah tidak asing dengan kedua istilah ini. Hosting dan domain berfungsi memaksimalkan fungsi sebuah situs dan membuatnya lebih profesional. Namun, seringkali sebagian orang bingung bagaimana cara membuat website dengan hosting dan domain gratis.

Apalagi di jaman sekarang ini, tidak ada yang gratis. Untuk mendapatkan hosting dan domain berkualitas terbaik tentu bisa membutuhkan biaya yang mahal. Jangan khawatir, sebenarnya Anda bisa memilih domain dan hosting website dengan gratis, mudah dan tidak lama. Khususnya bagi para pemula dimudahkan untuk membangun bisnis online yang sukses dan berhasil dengan memanfaatkan website yang sudah disetting domain dan hosting.

Yuk segera daftar website gratis Anda untuk mengoptimalkan bisnis Anda. Baik untuk jualan online, website sekolah, website perusahaan dan lain sebagainya. Dimana saya bisa mendapatkan hosting dan domain gratis? Apa yang dapat saya lakukan dengan memanfaakan web hosting gratis? Apakah saya bisa mendapatkan web hosting yang gratis dan berlaku selamanya? Masih banyak lagi pertanyaan umum lainnya. 

Nah, Anda bisa mendapatkan bantuan cara dan tips membuat hosting dan domain gratis pada informasi sebagai berikut.

Cara membuat website dengan hosting dan domain gratis

1. Menentukan jenis website

Tahapan pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan terlebih dahulu jenis website yang akan Anda buat. Dengan melakukan ini akan bermanfaat dalam hal menghemat waktu Anda nantinya. Mengingat sewaktu membuat dan mendesaign web Anda akan menemui beragam pilihan. Mulai dari paket hosting yang dipilih sampai dengan pemilihan tema, slider, plugin, langganan newsletter, widget dan lain sebagainya.

Jadi sebenarnya menentukan jenis website ini seperti menentukan tujuan website Anda. Tentu kalau sudah punya tujuan diawal maka akan mudah dalam menjalankan prosesnya bukan? Beberapa jenis website yang umum dan sering ditemui adalah sebagai berikut :

  • Website pribadi, sesuai dengan namanya website ini dikelola oleh seorang secara pribadi. Biasanya isinya mencangkup opini pribadi tentang berbagai hal atau bisa juga berdasarkan pengalaman sehari hari dari pemilik web atau orang lain.
  • Blog, berbeda dengan website kalau blog biasanya selalu menampilkan informasi yang selalu baru atau up to date. Ciri umumnya yang mudah dikenali adalah biasanya menampilkan informasi terbarunya di paling atas atau halaman pertama. Biasanya blog ini bisa digunakan oleh pribadi maupun perusahaan.
  • Toko Online, sesuai dengan namanya, website ini digunakan secara khusus untuk berjualan online. Dimana didalamnya terdapat fitur untuk memudahkan dalam proses transaksi dan pembayaran yang aman.
  • Website Instansi, Nah kalau website ini dimanfaatkan khusus untuk instansi pemerintah dalam menyediakan informasi publik.
  • Website Berita, jenis website yang satu ini berfungsi untuk menampilkan berita terbaru yang bersifat nasional, regional atau dengan topik tertentu. 
  • Website Desa, website yang dimiliki oleh pemerintah desa dengan tujuan untuk memberikan dorongan percepatan pembangunan desa tersebut. 
  • Website Komunitas, digunakan oleh komunitas tertentu.

2. Mengatur Hosting dan Domain

Selanjutnya dalam mengatur hosting dan domain, Anda tidak perlu bingung atau pun khawatir. Jasa layanan yang bergerak dalam menyediakan hosting dan domain gratis adalah PHP.ID. Layanan ini diperuntukkan untuk masyarakat sekitar baik untuk semua kalangan seperti pelajar, mahasiswa , para pembisnis dan lain sebagainya tanpa dikenai biaya. 

Namun, sebelum menikmati layanan di PHP.ID Anda harus memenuhi beberapa ketentuan syarat yang berlaku. Hal ini penting diperhatikan untuk mendapatkan segala keuntungan dari PHP.ID dalam hal hosting dan domain gratis. Beberapa syarat dan ketentuan tersebut adalah :

  • Hosting dan domain gratis bukan untuk warga negara asing melainkan khusus untuk warga negara Indonesia saja.
  • Layanan hosting dan domain gratis tidak termasuk backup, sehingga sang pengguna layanan masih melakukan proses backup dengan mandiri
  • Tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan atau kehilangan yang diakibatkan oleh gangguan teknis. Karena backup data sepenuhnya adalah tanggung jawab dari si pengguna layanan.
  • Setiap pengguna yang mendaftar hanya berlaku 1 layanan hosting dan domain gratis
  • Tidak diizinkan melakukan tindakan yang melanggar hukum. Pihak PHP.ID akan melakukan terminate dan suspend kepada layanan yang melakukan pelanggaran hukum.
  • Hosting dan domain akan dihapus setelah tidak digunakan lagi jika sudah dikonfirmasi oleh pengguna
  • Apabila hosting telah terhapus, Anda masih bisa mengajukan pemulihan untuk hosting dan domain Anda kembali.

Sedangkan untuk proses aktivasi beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

  • Email harus valid dengan email ketika mendaftarkan diri
  • Data yang diberikan harus jelas dan tanpa adanya rekayasa
  • Apabila hanya mencoba coba maka akan langsung dihapus
  • Apabila pengguna melanggar TOS makan akan dihapus

3. Kelebihan menggunakan layanan PHP.ID

Layanan hosting dan domain oleh PHP.ID diberikan secara gratis sebab memiliki tujuan untuk media penyaluran semangat dan memajukan industri IT khususnya dalam bidang IT. Darimana biaya server hosting di dapat? Untuk biaya server hosting ini dibiayai oleh sponsor atau juga donatur yang menyumbang dana . 

Apakah data saya aman? Ada jaminan 100% data yang diamankan dengan fitur SSL, Weekly backup dengan Data Security dan RAID Protected terbaik. Disini Anda bisa melakukan backup data sendiri. Untuk kecepatan hosting yang diperoleh adalah termasuk cepat dan bagus untuk SEO loh. Layanan gratis diberikan kepada Anda selamanya selama Anda sendiri masih menggunakannya.

Cara mendaftarkan diri sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan registrasi anggota, selanjutnya membuat nama domain. Setelah itu secara otomatis Anda bisa mendapatkan domain dan akun Anda yang diakses sekitar 5 sampai 10 menit setelah propagasi domain.

Inilah uraian informasi selengkapnya yang membahas tentang cara membuat web dengan hosting dan domain tanpa modal. Dengan rekomendasi layanan hosting dan domain tanpa biaya ini, bertujuan supaya anak anak bangsa bisa memajukan industri IT khususnya dalam bidang pemrograman web. Anda tertarik untuk mendaftarkan diri? silahkan daftar di PHP.ID

Ada banyak sekali keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan hosting dan domain secara gratis. Kalau ada yang gratis dan berkualitas, pasti lebih baik dibandingkan hosting dan domain yang versi berbayar bukan? Dapatkan segala kelebihannya untuk menunjang bisnis website Anda yang sukses dan berhasil. Semoga bermanfaat.