Kelebihan dan Kekurangan Domain TLD

Kelebihan dan Kekurangan Domain TLD

Kelebihan dan Kekurangan Domain TLD

Penggunaan Domain dibagi menjadi 2, yaitu Top Level Domain dan Subdomain (domain bawaan dari platform, contoh; blogspot.com, wordpress.com dll).

TLD atau Top Level Domain adalah sebuah domain yang kita buat dan daftarkan secara pribadi, untuk mendapatkan tld ini tentunya harus membayar, karena jika Anda ingin mendapatkan yang bagus harus bayar, dan tidak gratis.

Adapun contoh top level domain itu merupakan sebuah website atau blog yang memiliki akhiran seperti .com .net .co.id .xyz .biz dan lain sebagainya. Baca juga : Tips untuk seorang Pemula Blogger dalam mendatangkan Visitor banyak.

Kelebihan Domain TLD:

1. Terlihat Professional

Tentu jika blog Anda menggunakan domain TLD maka blog Anda akan terlihat professional. Terlebih jika Anda menggunakan Brand on Domain maka akan membuat orang mudah untuk mengingat blog atau website Anda, jadi pengunjung dapat dengan mudah kembali ke blog Anda. Dengan blog yang profesional tentu akan menjadikan orang percaya dengan blog Anda.

2. Lebih Mudah Mendapatkan Pengunjung

Dengan domain TLD, blog Anda lebih mudah untuk mendapatkan pengunjung, di bandingkan domain gratisan, seperti blogspot.com, wordpress.com dll.

Mengapa demikian? karena jika blog kita terlihat professional secara otomatis seseorang akan memilih blog Anda dalam mencari informasi. Baik itu infomasi seputar tutorial ataupun bisnis.

Sebagai contoh kecil apabila Anda  membuat domain blog untuk Toko Online, tentu orang akan cenderung memilih web yang berdomain Tld professional daripada yang menggunakan subdomain gratisan.

3. Memendekkan URL

URL blog akan menjadi lebih pendek jika menggunakan top level domain. Misalnya url blog jika menggunakan subdomain gratisan dari blogger, ( mastimon.blogspot.com ) dibandingkan dengan menggunakan top level domain ( www.mastimon.com) . Dari hal tersebut sangat jelas akan memendekkan url blog.

4. Dapat Memilih Nama Domain Yang Bagus Untuk Blog Anda

Jika Anda menggunakan domain gratisan bawaan platform, maka Anda tidak dapat custom domain, berbeda jika Anda menggunakan domain TLD Anda dapat memilih nama domain yang cocok untuk blog Anda, karena pilihan domain TLD itu sangat banyak, contohnya .com .net .tech .me .org .biz .info .xyz .store .shop dan masih banyak lagi.

5. Bisa Mendapatkan Akun Adsesnse Non Hosted (full approve)

Apabila Anda mendaftarkan adsense pada blog Anda, dan menggunakan subdomain gratisan maka jika adsense Anda keterima, maka Anda akan Mendapatkan akun adsense hosted, kekurangan akun ini adalah, harganya yang murah jika Anda menjualnya dan hanya dapat di gunakan pada domain blogspot.com, jika Anda mengganti blog Anda dengan domain TLD maka iklan tidak muncul, jadi Anda harus mengupgrade akun adsense Anda, proses ini juga lumayan ribet.

6. Harga Murah

Jika Anda mengira bahwa TLD mahal, maka Anda salah, domain TLD harganya murah, hanya sekitar 9.000 - 350.000 pertahun, untuk domain .com harganya 117.000 jika Anda beli di hostinger. Harga ini jauh lebih murah di bandingkan untuk Anda membeli permen perharinya.

Kekurangan Domain TLD:

1. Trafik Akan Turun Untuk Sementara

Jika Anda mengganti subdomain ke TLD dan apabila suatu blog sudah diindex dengan menggunakan subdomain, ketika saat blog tersebut mengganti subdomain menjadi top level domain akan mengalami penurunan trafik terlebih dahulu. Karena artikel dalam blog Anda harus di index ulang oleh mesin pencari google.

Namun Anda tidak perlu khwatir, karena hal ini bersifat sementara, setelah itu blog Anda bisa kembali normal kembali, saran dari saya, sebelum membuat blog, Anda harus membeli TLD terlebih dahulu, untuk membelinya Anda bisa beli di hostinger. Rekomendasi saya.
Buka Komentar