Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips untuk seorang Pemula Blogger dalam mendatangkan Visitor banyak

Beberapa hari terakhir inbox di Massanger Facebook dan WhatApp (WA) saya banyak yang bertanya tentang postingan saya di Group Facebook : Adsense Secret Indonesia, SEKTE KARUNGAN dan BLOGGER INDONESIA. Disana saya membuat postingan yang membuat para Newbie memangil saya mastah, padahal saya ini apa hanya seorang blogger yang mencoba sukses dengan tekun menulis dikarenakan saya saat ini sudah menjadi penganguran. Postingan tersebut hanya memancing semangat teman teman Blogger supaya tekun menulis dengan saya tampilkan angka penghasilan saya sebulan dan statistik pengunjung di Blogger saya yang mencapai 292.000 Pageview untuk satu hari.

Saya adalah seorang Newbie yang baru belajar mengelola sebuah blog karena selama 5 tahun saya mengelola blog terdahulu hanya untuk main main saja dan hanya menghasilkan rupiah dari orang lain memasang Banner. Tahun 2016 saya mulai tertarik menekuni dunia blog karena salah satu teman kerja saya dulu sudah mulai menekuni blog dan tidak bekerja lagi di perusahaan. Ketertarikan saya karena Iklan adsensenya sudah tampil dan sudah mendapatkan penghasilan. Semakin yakin dan terpacu untuk mendapatkan uang di blog maka semain yakin saya untuk memulainya kembali.

Jika dulu saya membuat sebuah blog sukanya semua yang gratisan jadi membuat situs dengan Blogger (Hosting sudah pasti Gratis), Template donlowad cari yang Gratisan dan tidak membeli Domain masih menggunakan blogspot. Hal tersebut ternyata akan sia sia seperti yang saya lakukan selama 5 tahun tidak menghasilkan apa apa. Jauh dari yang diharapkan karena semuanya serba instan karena artikelnyapun banyak copas sana sini. Hal tersebut yang membuat saya semakin jatuh kedalam jurang yang akan sulit untuk mencapai kata sukses.

Tahun 2016 blog mastimon.com dibuat dengan dasar awal melakukan penulisan sendiri semua aktifitas saya di kantor. Awalnya berat dan susah untuk membuat sebuah tulisan yang enak dibaca karena pada dasarnya saya malas membaca jadi itu mempengaruhi pengetahuan saya untuk menulis. Tahap awal saya membuat blog mastimon.com adalah membuat blog tersebut semaksimal mungkin dan tidak menggunakan yang serba gratisan. Berikut adalah beberapa tahap awal saat pertama kali mastimon.com dibangun.

Nama dan alamat BLOG Singkat dan membeli Top Level Domain (TLD)

Membuat nama blog dan alamat blog yang mudah di Inggat. Kata dalam alamat blog sangat mempengaruhi Visitor karena alamat situs anda akan di inggat saat pengunjung merasa nyaman dengan artikel yang anda sajikan. Lebih pendek kata dalam alamat blog lebih baik tetapi kita harus mengeceknya ke situs yang menjual Domain apakah alamat situs yang kita buat tersedia atau tidak. Jika tersedia silahkan anda tetapkan dan langsung anda belikan Domain yang cocok dengan blog anda. Pertama kali saya membeli Domain adalah di rumahweb. Baca : Cara menganti blogspot.com menjadi .com dengan mudah dan berhasil

Gunakan Template Premium dan jangan Gratisan

Tahap awal membuat sebuah blog dengan template Premium adalah wajib anda lakukan supaya artikel yang anda posting tidak sia sia. Banyak keunggulan Template Premium, jika anda inggin mengetahui perbedaannya silahkan bertanya di beranda google, disana banyak disediakan materinya. Dengan template Premium maka tulisan anda lebih cepat kedeteksi dan bisa bersaing di beranda google. Jika anda menggunakan yang gratisan bisa saya pastikan sebaik apapun tulisan anda akan berat bersaing di beranda google. Baca : Template Premium milik mastimon.com

Editing Template Blogger dan daftar ke blog ke Webmaster

Silahkan anda gunakan template Premium yang anda beli dengan sewajarnya (Tidak perlu mengunakan banyak Widget). Gunakan widget seperlunya seperti Popular Post, Recent Post dan Label Blog. Dengan widget sedikit maka loading blog anda akan cepat dan banyak disukai pengunjung. Untuk mendaftarkan blog anda ke webmaster silahkan anda berkunjung kesini dan untuk cara mendaftarnya silahkan anda cari di mbah google banya situs yang membuat tutorialnya. Buat blog anda SEO 100% dengan membaca artikel ini : Tips mudah membuat blog SEO 100% di chkme.com.

Membuat artikel setiap Hari minimal satu Artikel

Pada tahap ini banyak para blogger pemula tidak melanjutkan ngeblognya karena kehabisan ide tulisan. Sama seperti saat saya pertama kali menekuni tulisan di blog mastimon.com ini tidak bisa melakukan hal tersebut. Komitmen untuk menulis adalah kuncinya untuk anda bisa melakukan penulisan blog setiap hari. Sama seperti saat anda bekerja di sebuah perusahaan, anda wajib masuk dan bekerja dengan waktu yang ditentukan oleh Peraturan Perusahaan. Seorang bloggerpun wajib membuat ketentuan tersebut dengan membuat jadwal untuk menulis artikel blog. Dengan begitu anda akan terbiasa untuk melakukannya seperti saat anda bekerja.

Menentukan jenis artikel yang akan di tulis pada Blog

Gunakan kemampuan atau skill anda untuk membuat sebuah tulisan. Pada saat anda menguasai materi maka anda akan membuat tulisan dengan lancar dan baik karena sudah ada dipikiran anda. Menentukan satu jenis artikel itu baik menurut para mastah tetapi tidak menurut saya. Penekanan pada satu jenis artikel akan membuat anda tidak dapat menulis lagi karena anda akan kehabisan bahan. Hal tersebut tidak berlaku bagi orang yang benar benar menguasai satu bidang, contoh jika anda menguasai Corel Draw dan Photoshop secara total maka banyak sekali tulisan tutorial yang bisa anda buat. Sekarang mulai tentukan skill apa yang anda kuasai, jika hanya setengah setengah buat saja blog gado gado seperti mastimon.com.

Menentukan Judul dan Isi artikel agar bisa bersaing dan PageOne di beranda Google

Disini yang bayak dipertanyakan para pemula blogger karena mereka rata rata binggung cara membuat artikel yang SEO (Search Engine Optimization) itu seperti apa. Saya sebenarnya tidak pernah belajar tentang SEO tetapi saya mencoba mempelajari bagaimana bisa bersaing dengan blog/web yang nangkring di PageOne Google. Setelah saya pelajari ternyata jika kita inggin mengeser blog tersebut maka blog kita harus lebih lengkap dan lebih banyak kosakata dan kata kunci. Google selain membaca judul artikel juga membaca isi artikel jadi anda wajib membuat artikel yang lebih lengkap dan perbanyak kosakatanya.

Untuk pembuatan judul yang benar adalah dengan cara anda memposisikan diri anda berada di beranda google untuk mencari artikel. Apa yang akan anda tuliskan itulah yang akan menjadi judul artikel dan beri tambahan dibelakangkan supaya lebih unik. Dan untuk gambar untuk mempercantik artikel sangat diperlukan diperlukan dan jikapun itu artikel Tutorial maka lengkapi dengan gambar walaupun hanya menggunakan screenshot (Gambar wajib anda rename dan sesuaikan dengan judul artikel).

Bagaimana sudah cukup jelas yang saya uraikan di atas bagaimana cara mendatangkan visitor bagi pemula. Mengapa saya tidak menyarankan anda membagikan artikel ke media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, BBM dan WhatApp untuk mendatangkan visitor. Untuk pemula anda cukup melakukan beberapa trik yang saya lakukan di atas, mungkin visitor hanya sedikit yang datang dan mungkin tidak ada. Berbeda dengan saat anda share ke Facebook pasti visitor naik drastis tetapi saat turun anda akan merasa kecewa dan akan malas melakukan penulisan.

Lakukan penulisan dengan rutin setiap hari, Fokus dengan satu blog saja jika kemampuan anda lebih boleh mengelola beberapa blog. Dengan anda rutin membuat tulisan sendiri yang lengkap dan menarik anda bisa merasakan hasilnya setelah 2 sampai 4 bulan. Visitor pelan pelan akan mulai berdatangan dan jika salah satu artikel anda bisa berada di PageOne google maka dipastikan visitor anda bisa mencapai ribuan hanya dari satu artikel. Kunci sukses saya mendatangkan visitor hanya dengan melakukan cara di atas.

Baca juga : Cara cepat di terima Google Adsense 2018 | Cara ini WORK dan terbukti

Banyak para penulis blogger memikirkan backlink tetapi tidak memikirkan kualitas tulisan. Ada beberapa teman bertanya kepada saya, menggunakan jasa backlink apa !!! Selama saya ngeblog saya tidak pernah memikirkan backlink karena jika blog kita sudah banyak pengunjung dan salah satunya adalah orang penulis blogger maka dimungkinkan orang tersebut akan mengambil sebagian artikel kita dan memberikan link sumber artikel (Inilah yang membuat Link blog saya kemana mana). Bagaimana sudah cukup jelas dari penjelasan saya di atas, jika masih belum paham silahkan bertanya dikolom komentar dan dengan senang hati saya akan menjawab jika saya bisa. Selamat Berjuang dan semoga kita Sukses sama-sama di dunia blogger.