7 Manfaat Gandum bagi Ibu Menyusui

7 Manfaat Gandum bagi Ibu Menyusui

7 Manfaat Gandum bagi Ibu Menyusui

Salah satu makanan sehat yang mengandung karbohidrat serta serat tinggi untuk metabolisme tubuh selain padi adalah gandum. Walaupun gandum ini tidak sepopuler padi, namun ternyata kandungan di dalamnya mampu membuat metabolisme dalam tubuh anda lebih baik. Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam gandum selain untuk metabolisme dalam tubuh, diantaranya:

7 Manfaat Gandum Bagi Ibu Menyusui :

Siapa sangka ternyata gandum juga sangat bermanfaat untuk ibu menyusui. Kandungan yang terdapat pada gandum ternyata memberikan manfaat bagi ibu yang sedang menyusui, apa saja manfaat yang dirasakan oleh ibu hamil jika mengonsumsi gandum. Berikut beberapa manfaat dari mengonsumsi gandum ketika menyusui bagi ibu dan juga bayinya:

1. Menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh

Makanan yang kurang sehat ternyata akan berpengaruh pada pada kadar gula darah dalam tubuh sang ibu. Menurunnya kadar gula tersebut bisa mempengaruhi kualitas ASI yang dihasilkan oleh sang ibu untuk diberikan kepada bayi menjadi ASI yang kurang baik. Dengan mengonsumsi gandum, kadar gula darah dalam tubuh sang ibu akan menjadi stabil karena hal itu dipengaruhi kandungan baik yang terdapat dalam gandum.

2. Memperbaiki jaringan kulit pada Ibu menyusui

Kandungan yang terkandung dalam gandum salah satunya terdapat pula vitamin B kompleks yang dapat memperbaiki jaringan kolagen di bagian bawah kulit. Bagi sebagian Ibu menyusui yang tidak sempat menjalani perawatan kulit ke salon khusus kecantikan, anda bisa mengonsumsi gandum dengan rutin agar kulit anda tetap sehat tanpa harus ke salon.

3. Meningkatkan produksi ASI

Selain menghasilkan kualitas ASI yang baik, manfaat gandum lain pada ASI ternyata dapat meningkatkan produksi ASI pada si ibu. ASI yang memiliki jutaan manfaat baik untuk bayi dengan jumlah nutrisi yang melimpah, namun produksi ASI tetap harus dijaga dengan cara menjaga setiap makanan yang masuk ke tubuh Ibu. Kandungan zat besi di dalam gandum akan meningkatkan kualitas ASI yang dihasilkan oleh si ibu.

4. Menjaga berat badan si ibu

Serat tinggi yang terdapat pada gandum mampu menekan nafsu makan yang berlebih, hal itu dikarenakan adanya serat tinggi yang mudah membuat kenyang bagi pengkonsumsi gandum. Jadinya, dengan mengkonsumsi gandum anda tidak perlu khawatir lagi takut menurunkan berat badan, karena hanya dengan memakan sedikit saja, berat badan anda bisa stabil. Hal ini tentu akan memberikan dampak yang baik bagi anak.

5. Antioksidan aktif

Sebagaimana kita ketahui, gandum juga dapat dikonsumsi dalam bentuk oatmeal atau sereal. Ternyata, salah satu khasiatnya adalah menjadi antioksidan aktif dan kuat sehingga nantinya dapat melindungi tubuh ibu menyusui dari radikal bebas seperti bakteri dan virus yang nantinya akan berdampak pada kualitas ASI sehingga kesehatnnya lebih terjamin. Baca juga : 7 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan.

6. Dapat memperbaiki jaringan kulit

Nutrisi yang terdapat pada gandum termasuk Vitamin B komplek-nya dapat terus menerus memperbaiki jaringan kolagen yang terdapat dibawah kulit, supaya tetap stabil dan lebih sehat. Hal ini merupakan keuntungan lain untuk ibu yang sedang menyusui yang mungkin tidak ada waktu panjang untuk pergi kesalon kecantikan atau melakukan perawatan kulit dirumah.

7. Menyehatkan jantung

Nutrisi yang ada pada Oatmeal dapatmelindungi jantung dari serangan radikal bebas dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah menuju jantung. jantung akan menjadi semakin sehat dan dapat memompa darah dengan lancar dan maksimal. Baca juga : Tips cepat sembuhkan bayi dari PILEK dengan daun SIRIH.
Buka Komentar