Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Nama Blog yang Menarik dan Tepat untuk Blog Anda

Mastimon.com - Bagaimana cara memilih nama blog yang menarik dan tepat? Bagi para blogger pemula yang sedang memikirkan pertanyaan ini, admin pujikan buat kalian. Karena memang dalam hal menentukan nama blog tidak boleh sembarangan, nama yang digunakan tersebut bisa menjadi kunci keberhasilan blog Anda loh.

Nama domain yang digunakan di sebuah blog bisa sekaligus mengartikan identitas, brand, visi atau tujuan blog tersebut. Jadi nama yang dipilih dengan lebih cermat bermanfaat mendatangkan pengunjung potensial, mendorong peringkat SEO, meningkatkan brand yang positif serta meningkatkan minat pembaca. Menarik sekali bukan?

Inilah beberapa alasan mengapa penting Anda perlu mengetahui cara memilih nama blog yang tepat, karena bisa sangat berdampak untuk blog Anda kedepannya. Pastikan namanya mudah untuk para pembaca, jangan sampai nama domain sulit diketik dan tidak mudah diingat. Akibatnya pengunjung akan malas berkunjung ke website atau blog Anda.

Nah, beberapa cara dan tips di bawah ini akan membantu Anda untuk memilih nama blog yang menarik dan tepat. Yuk simak.

Cara Memilih Nama Blog yang Menarik dan Tepat untuk Blog Anda


1. Lebih baik nama yang pendek dan mudah diingat

Tips pertama yang perlu Anda terapkan adalah pastikan Anda memilih nama blog yang singkat dan mudah diingat. Strategi ini bagus karena nama domain blog yang pendek akan lebih mudah untuk dibaca dan diingat oleh para pengunjung blog. Contohnya facebook.com atau twitter.com, sewaktu pertama kali Anda mengunjunginya, Anda bisa lebih cepat menghafal namanya bukan?

Meski kita memiliki kebebasan untuk menentukan sendiri seberapa panjang atau pendeknya nama blog atau domain blog kita, namun usahakan untuk tidak terlalu panjang. Sebagai patokan Anda bisa buat nama yang tidak lebih dari tiga kata, kalau bisa satu atau dua kata saja. Manfaat lainnya kalau nama domain pendek adalah hemat tempat bukan?

2. Pastikan domain mudah diketik

Selain nama blog harus singkat dan mudah diingat, pastikan juga kalau nama blog mudah untuk diketik. Jangan tambahkan karakter atau angka yang tidak perlu. Contohnya seperti ini, ini-informasi-update-boedi99.com. Bagaimana menurut Anda, apakah nama tersebut mudah untuk diketik? Kemungkinan besar, pengunjung perlu melihatnya beberapa kali baru bisa mengetiknya.

Jadi pastikan Anda tidak menggunakan nama yang terlalu panjang, jangan gunakan tanda baca tidak perlu, gunakan ejaan yang mudah diingat misalnya daripada "boedi" lebih baik "budi". Lalu sebaiknya jangan gunakan karakter yang membuat orang bisa keliru menuliskannya, misalnya 9 atau sembilan. Pastikan nama domain bisa mudah diketik hanya dengan sekali dengar atau lihat.

3. Selipkan kata kunci apabila memungkinkan

Kalau Anda adalah pemilik usaha yang sedang memanfaatkan blog Anda untuk mempromosikan produk, Anda bisa menyelipkan kata kunci produk jika memungkinkan. Misalnya kalau Anda berbisnis jualan sepeda, Anda bisa membuat nama domain seperti serbasepeda.com. Atau kalau Anda memiliki brand sendiri Anda bisa menggunakannya. Selain unik, ini bisa menjadi identitas Anda.

4. Memikirkan nama blog yang relevan seterusnya

Nah, tips berikutnya adalah supaya nama blog Anda terus relevan, Anda perlu memikirkan nama yang bisa selalu relevan kedepannya. Hal ini penting khususnya jika kedepannya mungkin ada situasi dimana Anda berubah haluan. Contoh yang dari awalnya menjual sabun herbal berubah menjadi pewangi alami. Pilihlah nama yang relevan dengan semua isi artikel Anda.

5. Jangan contek nama website lain

Berikutnya yang tidak boleh ketinggalan untuk dibahas adalah jangan contek atau gunakan nama blog lain. Anda juga perlu menghindari menggunakan nama yang mirip dengan brand atau perusahaan lain. Cobalah buat nama unik Anda sendiri yang menggambarkan isi blog Anda.

Memilih nama blog yang tepat hanyalah salah satu tips untuk membangun blog yang sukses, masih banyak kebingungan terkait cara membuat blog dan membangunnya? Jangan khawatir, Anda bisa ikut les privat blogger pemula sambai bisa secara online. Jadi tidak ada kesulitan yang tidak bisa dilewati. Tetap semangat blogger pemula!

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara memilih nama blog yang menarik dan tepat untuk blog Anda. Seperti yang sudah kita bahas bahwa memilih nama domain blog membutuhkan beberapa pertimbangan dan waktu yang tidak singkat, meskipun demikian nama tersebut akan membuat blog Anda mudah dikenal. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Sebagai contoh nama domain yang baik, Anda bisa melihat nama blog atau website dari para blogger sukses yang sudah terkenal. Upaya mereka dengan meluangkan waktu untuk memikirkan dan memilih nama blog terlebih dahulu telah membuahkan hasil. Jadi meskipun ini adalah tahapan yang sederhana, pastikan jangan menyepelekannya ya, pada kenyataannya ini adalah tahap yang penting. Semoga bemanfaat.