Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian HTTPS, Cara Kerja, Fungsi dan Bedanya dengan HTTP

Mastimon.com - Di jaman sekarang ini, sebagian besar orang pasti menggunakan internet dalam kehidupan sehari hari mereka. Nah, pada saat mengakses internet, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan HTTPS atau HTTP. Bagi Anda yang penasaran terkait pengertian HTTPS, cara kerja, fungsi dan bedanya dengan HTTP, yuk kita simak ulasannya.

Sebagaimana yang kita tahu HTTPS sering kita lihat pada tulisan di kolom url browser dan biasanya kata ini akan muncul mengawali alamat website. Ternyata bukan tanpa fungsi, menerapkan HTTPS bisa membuat website kita aman dari serangan hack. Hal ini tentu sangat penting karena seluruh data di dalam website akan aman khususnya jika website menyimpan banyak informasi yang penting.

Inilah salah satu alasan kenapa Anda perlu tahu HTTPS serta bisa membedakan dengan temannya yakni HTTP. Meskipun keduanya memiliki penyebutan yang hampir sama namun dari tingkat keamanan dan performa SEO yang di hasilkan adalah berbeda loh. Jadi jangan sampai Anda salah mengartikan keduanya.

Sebagai berikut kita akan ulas pengertian HTTPS, cara kerja, fungsi dan perbedaannya dengan HTTP yang perlu Anda ketahui, khususnya jika Anda berniat mengenalnya untuk menggunakannya. Yuk simak.

Pengertian HTTPS, Cara Kerja, Fungsi dan Bedanya dengan HTTP


Pengertian

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. HTTPS merupakan struktur protokol internet yang berfungsi untuk melindungi informasi penting khususnya dari ancaman para hacker dan dampak yang ditimbulkannya. HTTPS sendiri menggunakan enkripsi Secure Socket Layer atau SSL, Nah sertifikat SSL inilah yang diperlukan untuk mencegah adanya hacker yang mengintai aliran data di website atau blog kita.

Cara Kerja

Pada saat pengguna internet berselancar mengakses sebuah website, maka browser yang kita gunakan akan mendeteksi situs yang kita tuju apakah sudah didukung dengan sertifikat SSL atau belum. Apabila sudah didukung oleh SSL maka transfer data yang dilakukan adalah aman. Anda bisa lihat tempat alamat web akan memunculkan gambar simbol gembok warna hijau yang menjadi ciri atau tanda bahwa website atau situs aman untuk dikunjungi.

Fungsi

1. Perlindungan Data Website

Seperti yang sudah kita bahas sedikit bahwa dengan memasang HTTPS , maka akan berfungsi untuk menghalau ancaman hacker untuk mencuri atau meretas website kita. Sebab jika kita menerapkan HTTPS atau menggunakan sertifikat SSL, maka kode data akan tampil random sehingga lebih aman.

2. Memperoleh Kepercayaan Visitor

Para pengguna internet pasti sudah tahu, bahwa saat berselancar di internet mereka juga harus berhati hati. Mereka akan berhati hati khususnya dalam mengakses sebuah website. Terlebih lagi kalau berurusan dengan transaksi keuangan saat berbelanja online. Nah, disinilah HTTPS berfungsi untuk meredakan kekhawatiran visitor tersebut. Sebab website dengan protokol SSL di dalamnya memiliki keamanan data yang lebih aman.

3. Reputasi Website Meningkat

Selain memiliki fungsi dari segi keamanan yang baik, website yang menerapkan HTTPS biasanya reputasinya akan meningkat. Ya, penerapan HTTPS ini akan menambah kreadibilitas website tersebut, sehingga akan tampak lebih profesional di mata para pengguna internet.

4. Memperbaiki Error Situs Web

Google menetapkan telah menerapkan HTTPS dan mempunyai sertifikat SSL. Dengan demikian, situs website tidak akan dianggap sebagai situs yang tidak aman dikunjungi. Website yang menerapkan HTTPS akan terhindar dari kondisi masalah tidak dapat mengakses alamat web.

5. Meningkatkan SEO

Selain semua fungsi dan keunggulan dari diterapkannya HTTPS yang sudah disebutkan diatas, tidak ketinggalan fungsinya adalah untuk meningkatkan SEO. Ya, secara langsung pemasangan HTTPS akan membuat website Anda lebih mudah ditemukan dalam hasil pencarian di Google loh. Hal ini bisa terjadi karena Google sendiri mengatur algoritma nya untuk mengutamakan website dengan proteksi HTTPS yang tampil pada halaman pencarian.

Perbedaan HTTPS dan HTTP

Perbedaan keduanya yang paling utama adalah dari segi keamanannya. Nah, HTTPS merupakan versi yang lebih aman karena sudah menerapkan sistem enkripsi. Sistem ini yang akan membuat website jadi lebih sulit untuk ditembus oleh hacker. Dengan demikian inilah alasan mengapa penggunaan HTTPS ini sangat disarankan khususnya jika website berhubungan dengan data penting seperti informasi pelanggan. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah pembahasan lengkap tentang HTTPS, cara kerja, fungsi dan bedanya dengan HTTP yang wajib Anda tahu. Khususnya jika Anda sedang berencana untuk membuat sebuah website atau blog, Anda bisa mempertimbangkan untuk menerapkan HTTPS. Selengkapnya untuk baca berbagai informasi artikel terbaru tentang Web seperti ini bisa Anda lihat di evteknovin.com

Salah satu tips lagi yang perlu Anda ketahui tentang HTTPS adalah jika Anda sedang berada di posisi sebagai pengguna dan ingin mencari sesuatu pada sebuah browser, sebaiknya akses situs website yang menerapkan HTPPS, karena lebih aman sehingga bisa melindungi perangkat dan data diri Anda. Semoga bermanfaat.