6 Hal yang perlu diperhatikan saat membuat Website sendiri

Membuat sebuah website kelihatannya begitu mudah dan hanya membutuhkan waktu yang tidak lama. Benarkah demikian? Bagi para web programming dan Web designer bisa jadi beranggapan demikian. Namun cara membuat sebuah website sendiri bisa menjadi suatu hal yang sulit ketika Anda tidak mengerti apa saja yang dibutuhkan untuk berhasil membuat sebuah halaman web yang menarik, unik dan informatif sesuai dengan keinginan Anda sebelumnya. Bisajadi Anda akan menyewa jasa penyedia layanan untuk membuat website secara profesional. Namun, bukannya tanpa biaya Anda harus menyiapkan sejumlah modal untuk itu. Membuat website sendiri adalah pilihan alternatifnya.


Namun, Anda jangan khawatir walaupun Anda adalah seorang pemula dalam proses pembuatan situs online sendiri, yakinlah Anda bisa membuatnya dengan baik. Bagaimana caranya? Praktek tidak akan berhasil tanpa adanya pengetahuan yang mumpuni. Sebelum mencoba tahap demi tahap pembuatan web untuk penunjang usaha online Anda, sebaiknya Anda perlu mengenal hal –hal dasar yang menjadi poin penting dalam proses pembuatan halaman web. Apa itu? Beberapa diantaranya adalah istilah –istilah yang kemungkinan Anda belum tahu, beberapa detail –detail informasi yang perlu diperhatikan, tips dan saran praktis untuk memperlengkapinya dan lain sebagainya.

Sekarang pun ada banyak sumber informasi yang berkembang dalam hal membuat sebuah situs untuk kepentingan bisnis online. Seperti halnya situs atau website, buku, tutorial video yang mengulas seputar cara –cara membuat website, cara mengembangkan halaman situs web, cara mempromosikan situs baik itu adalah berbentuk toko online, portal berita, website instansi atau pemerintah, blog, pengenalan perusahaan atau organisasi dan lain sebagainya. Memang berbagai media sudah banyak memberikan informasi yang bisa membantu Anda. Yang perlu Anda perhatikan yang pertama adalah kemauan untuk belajar.

Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut perihal pembuatan sebuah website yang baik dan benar. Maka, pertama yang perlu anda lakukan adalah perhatikan hal –hal dasarnay terlebih dahulu. Dengan memahami beberapa poin dasar Anda akan lebih siap membuat website dengan persentase keberhasilan yang lebih besar. Hal ini juga sangat penting bagi Anda yang tidak begitu Familiar dengan blog atau sejenisnya. Untuk itu, silahkan menyimak panduan mendasar di bawah ini sebelum Anda bergerak lebih lanjut memulai membuat blog.

6 Hal yang perlu diperhatikan saat membuat Website sendiri

1. Tentukan Tujuan pembuatan Website

Dewasa ini ada banyak sekali orang yang hanya mencoba –coba membuat web tanpa tahu tujuannya apa dan untuk apa itu dibuat. Hendaknya Anda menghindari situasi seperti ini. Pastikan sebelum membuat sebuah situs Anda telah merencanakannya dengan baik termasuk tujuan dan sasarannya. Untuk apakah sebuah situs web dibuat? Untuk keperluan marketing produk secara pribadi atau kelompok, bisnis tulisan berupa article, perusahaan, instansi atau pemerintahan dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Hal –hal tersebut ini tergantung pada perencanaan tujuan Anda. Apapun pilihan dan tujuan Anda kedepan, saran bagus untuk tetap fokus pada satu tujuan saja. Sebab satu tujuan yang sudah Anda buat sebelumnya akan sangat berpengaruh pada tahap –tahap selanjutnya bahkan untuk mulai mengembangkan sebuah blog.

2. Tentukan Nama Domain yang cocok

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan sebelum Anda beranjak membuat website adalah pikirkan nama domain yang cocok untuk website Anda tersebut. Mengapa demikian? Ini dapat diumpamakan sepertiingin mencari sebuah tempat, bukankah kita harus tahu alamatnya untuk mengunjunginya? Begitupula halnya dengan sebuah situs yang adalah tempat untuk mencari berbagai informasi yang diperlukan juga membutuhkan sebuah nama domain yang mudah diingat sebagai petunjuk untuk mencari informasi dalam web Anda sendiri.

Nama Domain ini dapat ditentukan sesuai dengan kreativitas pemiliknya. Dimana Anda diberi kebebasan untuk memberi nama sesuai dengan keinginan Anda. Tetapi, perlu diingat ada ribuan bahkan jutaan website yang sudah memiliki nama domain tertentu, jadi Anda harus berusaha keras memikirkan nama yang belum pernah di buat. Sebab Apabila nama domain yang Anda inginkan sudah tidak ada itu berarti sudah ada yang memilkinya dan hal tersebut tidak bisa di duplicate.

3. Membuat Logo Website

Bagaimana sebuah website bisa dikenali oleh para pengunjungnya dengan mudah? Selain daripada nama, logo juga memiliki peran dalam hal ini. Dengan logo website tersebut tentu saja akan mempunyai ciri khas tersendiri. Walaupun sering dianggap remeh oleh beberapa orang, pada kenyataannya logo adalah kewajiban untuk menunjukkan website seperti apa yang sedang Anda kelola seperti website bisnis, toko online, perusahaan tertentu atau web sekolah. Dari sinilah Anda bisa dikenali, sehingga tak jarang juga sebuah logo yang mencantumkan nama atau inisial pemilik nya. Sejelek apapun logo, ia tetap saja salah satu ciri khas dari sebuah situs web.

4. Mengenal server Web Hosting

Apakah Anda mengetahui apa itu Web Hosting? Yup, seorang yang ingin membangun website atau situs harus tahu apa itu hosting dan apa fungsinya terlebih dahulu. Web hosting ini sendiri adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk menyimpan file yang dibuat. Tentunya dengan memanfaatkan jenis layanan ini secara otomatis file –file yang Anda miliki dalam sebuah situs web akan tersimpan di perusahaan penyedia layanan yang Anda percayai. Karena sekarang ini ada banyak sekali penyedia layanan ini, maka Anda perlu berhati –hati dalam memilahnya. Pastikan Server Web Hosting yang Anda gunakan nantinya adalah yang terbaik dan dapat di percaya.

5. Pahami hal-hal dasar tentang Sebuah Web

Perencanaan dan persiapan yang baik perlu dilakukan. Diantaranya Anda perlu menyusun strategi. Bagaimana caranya? Sebaiknya sebelum melakukan rencana untuk membangun sebuah website, belajarlah terlebih dahulu seputar dasar –dasar pembuatan dan pengelolaan lebih lanjutnya. Anda tidak perlu memikirkan sampai benar –benar handal atau mahir tetapi sebaiknya pelajari web sederhana dan pembuatannya saja itu sudah baik. Dengan sedikit pengetahuan mendasar yang nantinya akan diperlengkapi dengan praktek akan membuat Anda lebih siap.

6. Ketahui kesalahan umum Website gagal

Tahukah Anda bisa dikatakan lebih dari 90% total website baru yang bermunculan mengalami kegagalan dalam hal pembuatan, pengelolaan, dan juga mungkin berbagai penyebab yang lainnya. Oleh sebab itu, untuk mengurangi resiko kegagalan website yang akan Anda buat sebaiknya Anda perlu dengan teliti memahami hal –hal dasar dan alasan mengapa sebuah web bisa dikatakan gagal. Sebagai intinya Anda harus berusaha menyadari hal –hal apasaja yang tentunya dapat menjadi faktor kegagalan Anda. Meskipun hal ini kelihatannya sulit tapi yakinlah dengan usaha yang sudah Anda persiapkan sebagaimana poin sebelumnya akan menuaikan hasil. Persiapan yang matang untuk mengantisipasi kegagalan adalah poin penting.

Uraian diatas adalah penjelasan singkat tentang apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membuat sebuah website sendiri. Melalui penjelasan singkat diatas, diharapkan Anda akan semakin mengerti mengenaiproses pembuatan sebuah situs itu sendiri tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tentunya ada banyak hal yang perlu anda perhatikan. Tetapi tentunya dengan upaya pemahaman yang Anda miliki akan membuat Anda mampu mengatasi kesulitan itu dengan cepat dan mudah. Anda juga bisa terus memperlengkapi pengetahuan Anda dengan mencari bahan panduan membuat blog di berbagai sumber terpercaya. Baca : Jasa Pembuatan Website Jakarta.

Sekarang ini ada banyak situs atau website online yang membahas khusus cara membuat blog beserta tips dan trik ampuh untuk berhasil mengelolanya. Anda bisa kunjungi beberapa dan lihat informasi tersebut bisa membantu Anda. Walaupun kita tahu sekarang ini banyak sekali website yang bermunculan dan bersaing dalam dunia internet, tidak membuat semangat kta surut. Kenyataan yang seperti inilah yang mengharuskan anda harus kerja keras, berfikir realistis dan kreatif. Dengan memperhatikan syarat dan ketentuan dalam pembuatan web Anda bisa membuatnya sebagai website yang berkualitas. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel