Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips memilih Pekerjaan yang tepat sesuai Potensi Diri

Memiliki pekerjaan yang sesuai dengan potensi diri adalah impian semua orang. Terlebih lagi bagi mereka yang mempunyai cita -cita dan teringin menggapainya akan mencoba berbagai macam cara untuk meraih pekerjaan tersebut. Namun, tahu kah Anda? Menurut beberapa pengalaman, Kebanyakan orang berpikir cocok dengan pekerjaan tertentu, tetapi setelah menjalaninya alih -alih malah merasa tidak cocok dan ingin mencari pekerjaan yang baru. Mengingat saat ini sangat susah mencari pekerjaan. Hasilnya ada banyak orang yang merasa putus asa dan mengalami depresi. Yang lain lagi menyerah karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan yang cocok.


Mencari pekerjaan dapat dikatakan tidaklah mudah untuk dilakukan oleh sebagian besar orang. Di tambah lagi dengan jumlah para mahasiswa atau pelajar yang baru lulus setiap tahunnya lebih banyak apabila dibandingkan dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia. Inilah salah satu Faktor terbesar angka pengangguran yang semakin banyak meskipun sudah bergelar sarjana sekalipun. Ada juga yang terpaksa memilih suatu pekerjaan yang sedang dibutuhkan meskipun tidak sesuai dengan jurusan yang ditempuh sebelumnya selama masa pendidikan. Ini juga yang akhirnya membuat kualitas kerja yang kurang maksimal.

Memilih suatu pekerjaan dari banyaknya jenis pekerjaan membutuhkan pikiran dan persiapan yang matang. Walaupun sebagian besar orang telah gagal dalam hal memilih pekerjaan dan tidak puas, sebagian nya lagi Ada yang merasa sangat bahagia dan merasakan kepuasan dari bekerja. Bagaimana bisa? Mungkin Anda adalah salah satu orang yang baru menginjakkan kaki dalam dunia kerja, atau sekarang sedang berusaha bangkit dalam keterpurukkan. Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok asalkan Anda memperhatikan dengan baik –baik berupa tips dan nasehat terpercaya.

Kemungkinan Saran praktis untuk memilih pekerjaan ini sudah banyak diulas bahkan oleh orang –orang terdekat Anda. Seperti misalnya orang tua, kakak, saudara dan kerabat yang sangat mengasihi Anda. Setiap nasehat yang diberikan adalah nilai positif dan dapat membantu Anda. Tapi mungkin dari Anda ada yang masih bingung dalam menentukan pilihan tempat bekerja yang tepat. Mengingat setiap orang mempunyai karakter, kemampuan dan minat yang berbeda –beda. Maka ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan sebelum membuat keputusan untuk bekerja. Sebagai berikut adalah cara menilai suatu pekerjaan dinyatakan layak untuk Anda atau tidak. Silahkan disimak.

6 Tips memilih Pekerjaan yang tepat sesuai Potensi Diri

1. Mengenali Diri Sendiri terlebih dahulu

Tips yang paling utama adalah cobalah mengenali diri Anda sendiri terlebih dahulu. Apa maksudnya mengenali diri sendiri? Anda bisa tanyakan pada diri Anda, jenis pekerjaan seperti apa yang Anda sukai dan kegiatan apa yang membuat Anda tertarik untuk menjalankannya tanpa harus diperintahkan? Ini penting untuk mengetahui apa yang benar –benar Anda nikmati. Jangan lupa untuk mencari tahu juga jenis keterampilan tertentu yang Anda miliki. Misalnya, Anda merasa ahli dalam bidang menjahit, menggambar, menulis, memasak, bermain alat musik dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk bisa membantu Anda mengetahui lebih dalam lagi tentang diri Anda sendiri.

2. Jangan terpengaruh dengan orang lain atau keadaan

Perlu diingat Anda hidup bukan hanya tentang Anda saja melainkan ada orang –orang disekitar kita juga. Sebagian dari mereka mungkin sangat mendukung Anda termasuk keluarga, kerabat dan sahabat, tetapi sebagian nya lagi bisajadi secara tidak sengaja atau bahkan sengaja memberikan dukungan yang negatif. Beberapa orang bahkan lebih suka berkomentar dan mengemukakan opini nya masing –masing terhadap apa yang Anda lakukan.

Mungkin Anda mendengar hal positif tapi tidak menutup kemungkinan juga hal negatif yang dapat menurunkan semangat Anda untuk bekerja. Bagaimana sikap Anda dalam menyikapi hal tersebut? Sekali lagi setelah Anda mengenali diri Anda dan sudah tahu kemana harus melangkahkan kaki, jangan pernah mundur hanya karena omongan orang lain yang tidak mengenakkan atau bahkan keadaan yang terus mendesak Anda untuk berhenti. Tetap memiliki pendirian sendiri dapat membuat Anda tidak akan menyesal nantinya.

3. Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain

Sikap membandingkan diri dengan orang selalu ada dalam diri setiap manusia. Tapi tahu kah Anda? Jika hal ini sedang berada dalam diri Anda sebaiknya segera singkirkan. Mengapa? Pernahkah Anda mendengar perumpamaan ini? Rumput tetangga terlihat lebih hijau daripada rumput milik kita sendiri. Ini tidak sama sekali menunjukkan rasa syukur yang sudah Tuhan yang Maha Esa berikan untuk kita masing –masing. Dengan memiliki sikap seperti ini kita tidak akan pernah puas dan merasa ada saja yang kurang. Bagaimana seharusnya Anda menyikapi hal ini?

Baca Juga :

Selalu bersyukur dengan apa yang Anda miliki sekarang adalah yang terbaik. Tetaplah fokus pada tujuan Anda sendiri, karena dengan bersyukur akan memudahkan Anda untuk bisa menemukan passion yang sesungguhnya. Bisajadi apa yang Anda miliki sekarang ini belum tentu orang lain miliki. Atau bahkan banyak orang ingin seperti Anda? Berusaha menjadi orang lain dan bekerja seperti orang lain tidak akan membuat Anda bahagia.

4. Mengenali lingkungan pekerjaan

Bagi Anda yang pada akhirnya ingin memilih pekerjaan di sebuah kantor perusahaan, instansi, usaha dan bisnis tertentu, alangkah lebih baik untuk melihat dan mengenali lingkungan tempat Anda bekerja tersebut. Hal ini bisajadi penting sebab dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja Anda dalam bekerja. Seringkali tempat kerja yang kondusif bisa memberikan kenyamanan selama bekerja. Mungkin Anda bisa mencari informasi nya dengan menanyakan pada orang yang bekerja disana atau memanfaatkan internet dan website nya. Setelah mendapatkan informasi secara garis besarnya Anda bisa menentukan apakah pekerjaan tersebut cocok atau tidak untuk Anda.

Selain itu, pada saat interview kerja disinilah moment yang tepat untuk Anda mengetahui bagaimana cara kerja Anda nanti. Anda perlu memastikan apakah pekerjaan tersebut dapat menghambat hubungan Anda dengan orang yang Anda sayangi seperti keluarga atau tidak, transportasi apa yang Anda gunakan, bahkan berapa besar gajinya apakah sesuai dengan kemampuan Anda atau tidak. Dengan mengetahuinya Anda bisa menghindari hal –hal yang membuat Anda merasa salah memilih pekerjaan dan bahkan harus berhenti.

5. Memahami setiap aturan kerja yang berlaku

Selain mengenali lingkungan pekerjaan yang mencangkup reputasi, rekan sekerja, cara kerja, gaji, tunjangan dan lain sebagainya. Yang tak kalah penting yang lainnya adalah memahami setiap aturan kerja yang diberlakukan. Setiap perusahaan atau instansi memiliki aturan yang berbeda –beda sesuai dengan kebijakan yang telah dibuat. Mungkin beberapa diantaranya tidak sesuai dengan keinginan Anda. Walaupun begitu apakah peraturan tersebut bisa menghambat Anda atau tidak, Anda perlu menilainya dalam berbagai sudut pandang yang positif. Silahkan Anda sesuaikan mulai dari jadwal kerja, ketersediaan cuti, perhitungan sakit, izin dan lain sebagainya.

6. Kemauan belajar dan rajin

Selanjutnya untuk sikap yang perlu dikembangkan adalah Kemauan belajar dan rajin. Walaupun kemungkinan Anda mendapatkan pekerjaan tertentu yang sudah baik kalau Anda tidak mau belajar, hal tersebut akan percuma saja. Pekerjaan yang tepat dan sesuai bisa Anda dapatkan jika diiringi dengan semangat belajar hal baru dan rajin. Selain membangkitkan nilai positif untuk Anda, atasan dan rekan sekerja Anda pasti akan sangat senang bekerjasama untuk Anda. Anda pun dapat terus mengembangkan potensi diri dan memiliki jenjang karir yang bagus jika Anda terus mau belajar dan tidak malas. Ini adalah kunci mencapai kesuksesan.

Uraian diatas adalah Informasi secara singkat dan jelas bagaimana caranya Anda bisa memilih satu pekerjaan yang tepat. Dan yang terutama adalah diharapkan Anda dapat menikmatinya dan merasa betah. Apabila kita sudah merasa betah dan senang maka Anda tidak akan mudah mengeluh dan mempunyai semangat untuk terus meraih kesuksesan. Entah Anda yang menginginkan pekerjaan paruh waktu, freelance atau bahkan full time, pilihan ada di tangan Anda. Melalui berbagai Trik dan strategi memilih pekerjaan yang tepat diatas semoga dapat membantu dan meyakinkan Anda. Baca : Soal Ujian CAT CPNS 2019 Semua TES, Online dan PDF.

Apabila banyak pekerjaan yang Anda rasa tidak cocok dengan kepribadian dan kemampuan Anda, Cobalah untuk mengembangkan kemampuan Anda dengan memiliki usaha sendiri. Selain Anda bisa mengembangkan potensi dalam diri, nantinya Anda juga bisa memberikan lapangan pekerjaan untuk orang lain. Dengan demikian, Anda juga dapat membantu mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia. Apapun nantinya pekerjaan Anda, Admin turut mendoakan supaya kita semua bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan diri kita dan meraih kesuksesan.