Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Perbedaan Website dan Blog yang Wajib diketahui

Mastimon.Com - Tertarik untuk membuat sebuah blog? Atau tertarik untuk membuat website? Kemungkinan Anda masih bingung dengan istilah keduanya sebab kebanyakan orang beranggapan bahwa keduanya adalah sama. Sebelum memulai suatu blog maupun website, setidaknya Anda perlu mengenali terlebih dahulu, apa itu blog? Dan apa itu website? Serta apa saja perbedaan dari keduanya yang bisa Anda ketahui?

Mengetahui perbedaan antara website dan blog sangat penting untuk mengetahui platform manakah dari keduanya yang lebih cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda baik untuk bisnis atau sekedar hobi menulis saja. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang pembisnis online kehadiran blog dan website memang sangat membantu. Hanya saja, Anda perlu tahu dengan tepat kegunaan dan manfaat keduanya yang berbeda.

Masing masing dari blog dan website memiliki keunggulan atau kelebihan yang berbeda, fungsi dan cara kerjanya juga berbeda. Selain itu, terdapat beberapa kelemahan keduanya juga yang berbeda. Sehingga pendapat yang menyatakan website dan blog memiliki pengertian dan definis yang sama adalah keliru. Untuk mengetahui selengkapnya terkait apa saja perbedaan antara website dan blog, silahkan ikuti uraian lengkap di bawah ini.

Perbedaan Website dan Blog

1. Konten

Dari Segi konten, blog dan website memiliki beberapa perbedaan. Umumnya sebuah konten blog akan berisi artikel, video ataupun podcast mengenai satu atau beberapa tema yang dimiliki oleh pemilik dari blog tersebut. Selain itu, blog juga umumnya lebih banyak mengulas tentang pengalaman, opini atau aktivitas dari sang pemilik blog. Blog juga bisa dibuat bisa berfokus pada satu tema seperti kuliner, travel, fashion, otomotif dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk konten website sendiri akan lebih berisi terkait informasi penting tentang suatu produk atau layanan. Sebagai contoh, Anda dapat membuat website sebuah perusahaan dengan isi sejarah, alamat, tentang produk, kontak perusahaan dan lain sebagainya. Selain itu website cocok digunakan untuk keperluan toko online, pendidikan hingga lembaga pemerintah.

2. Update

Selain dari segi konten, pada saat update konten pun blog dan website memiliki perbedaan. Tahukah Anda? Blog akan lebih sering memperbaharui kontenya secara rutin atau berkala yakni setiap hari, dua hari sekali atau bahkan seminggu sekali. Disetiap blog mempunyai jadwal update konten yang berbeda beda masing masing. Karena itulah, konten di blog akan lebih bersifat dinamis sebab adanya pembaharuan dalam kurun waktu tertentu.

Baca Juga :

Kalau update konten merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah blog maka berbeda dengan website yang mayoritas berisi informasi mengenai produk atau layanan. Sehingga update akan dilakukan apabila ada perubahan layanan atau produk yang tersedia.

3. Arah Komunikasi

Perbedaan yang terlihat jelas antara website dan blog adalah arah komunikasi. Pada blog, arah komunikasi yang dimiliki bersifat interaktif karena para pembaca blog dapat meninggalkan komentar di setiap konten article yang dirilis. Sedangkan untuk website berbeda, karena lebih bersifat satu arah dimana umumnya sebuah website tidak menyediakan kolom untuk berkomentar di setiap konten yang dimilikinya.

4. Pengelola

Anda pasti sudah sering mendengar istilah bagi orang orang yakni “Blogger” bukan? Nah, ini adalah sebutan populer untuk para penulis blog atau orang yang mempunyai blog. Biasanya seorang blogger akan mengelola blognya secara pribadi atau mandiri.

Di Indonesia sendiri sudah banyak blogger terkenal seperti Trinity Traveler, Raditya Dika, Diana Rikasari dan lain sebagainya. Berbeda dengan blog, website umumnya dikelola oleh para tim ahli atau dari perusahaan yang terdiri dari para developer, designer dan copywriter.

5. Gaya Bahasa

Perbedaan selanjutnya adalah dari gaya bahasa yang digunakan di blog dan website. Apabila Anda amati gaya bahasa yang digunakan setiap blog bersifat variatif atau tidak adanya batasan tertentu. Dalam beberapa blog mungkin menggunakan bahasa yang informasl sedangkan yang lainnya memilih untuk menggunakan bahasa yang formal.

Biasanya blog juga lebih banyak menggunaka bahasa yang personal supaya para pembaca tidak akan cepat bosan ketika membaca konten article yang dirilis tersebut. Nah, untuk website gaya bahasa yang digunakan akan lebih profesional dan sifatnya formal. Sebab tujuannya sendiri adalah formal seperti untuk pemerintah, instansi, organisasi, lembaga pendidikan atau juga perusahaan.

6. Subcribe

Supaya para pembaca tidak ketinggalan terbitan konten article terbaru, maka tersedianya tombol subcribe akan membantu untuk para pembaca bisa berlangganan pada blog. Nantinya para pembaca akan diberi pemberitahuan atau notifikasi di setiap konten terbaru.

Beberapa website memang menyediakan pilihan subscribe. Namun, berbeda dengan dari blog yang mengirimkan pemberitahuanterkait adanya update konten terbaru, website akan mengirimkan berupa newsletter yang isinya adalah tentang produk atau layanan terbaru.

7. Pembagian Konten

Selanjutnya yang bisa Anda perhatikan dalam hal perbedaan blog dan website adalah dari pembagian kontennya. Untuk blog sendiri umumnya akan dibagi berdasarkan tag dan kategori. Sedangkan untuk website akan dibagi konten didalamnya berdasarkan produk atau layanan yang tersedia atau ditawarkan. Hal ini memudahkan para pelanggan menemukan produk atau jasa yang dibutuhkan.

Lihat Juga : Sarang Koding | Belajar Website Gratis

Uraian diatas adalah deretan informasi yang memberitahu kita apa saja perbedaan dari blog dan website yang patut Anda ketahui. Apabila tujuan Anda adalah untuk berbagai cerita, opini atau pengalaman maka blog adalah platform yang cocok namun, jika Anda memiliki tujuan untuk bisnis, perusahaan, lembaga, organisasi, maka tentu yang lebih cocok adalah website.

Setelah mengetahui perbedaan keduanya, apakah Anda sudah bisa menentukan platform manakah yang Anda pilih untuk kebutuhan bisnis online yang tepat dan sesuai? Saran praktis lainnya Anda juga bisa memanfaatkan sebuah blog di dalam website karena dengan demikian hasilnya akan lebih menguntungkan. Semoga memberikan manfaat dan berhasil.