Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan nama Islam untuk Bayi Laki Laki dan Perempuan lengkap Artinya

Mastimon.Com - Setelah menikah, kebanyakan pasangan muda pasti mendambakan kehadiran seorang buah hati diantara mereka untuk melengkapi kehidupan rumah tangga. Ada banyak harapan orang tua bagi si anak. Hal ini terlihat dari pentingnya pemberian nama yang tentu mengandung doa. Untuk itu, Nama Islam untuk anak bayi laki laki dan perempuan beserta artinya lengkap menjadi referensi riset yang diperlukan orang tua.

Hadirnya anak merupakan anugrah terbesar dari TUHAN untuk para orang tua. Inilah juga yang menjadi alasan orang tua tidak mau melewatkan kesempatan mereka untuk memberikan nama yang terbaik. Banyak orang tua berharap melalui nama yang mereka berikan bisa menuntun sang buah hati sesuai dengan namanya. Menurut Anda nama paling bagus apa yang bisa Anda berikan untuk anak Anda?

Dibutuhkan pertimbangan yang matang untuk bisa memilih nama yang benar benar pas untuk sang anak. Meskipun ada banyak nama yang populer, terkenal, modern, keren dan lain lain mencari tahu arti dan maknanya tentu akan lebih baik lagi. Disini orang tua akan tahu nama seperti apa yang paling baik disandang anak mereka. Sebagai berikut adalah deretan nama nama islam dan artinya lengkap untuk bayi perempuan dan laki laki, mari simak.

Nama Islam untuk Bayi Laki Laki dan Perempuan lengkap Artinya

A. Nama Bayi Laki Laki Islam

1. Aulian

Nama Aulian dalam bahasa Arab mempunyai arti seorang pemimpin, teman, atau malaikat. Rekomendasi nama ini diambil dari Alquran yang memiliki arti sangat bagus. Beberapa contoh dan referensi rangkaian nama dan arti dari nama “Aulian” adalah sebagai berikut :
  • Aulian Awwab Irawan yang mempunyai ari seorang pemimpin yang taat kepada TUHAN serta adanya kebajikan dan kemasyuran.
  • Aulian Basira Ghayda memiliki arti yaitu pemimpin laki laki dengan paras tampan serta mampu memanfaatkan kecerdasannya dengan bijaksana.
  • Azzam Aulian Putra dengan arti pemimpin laki laki Muslim yang memiliki keagungan dan kebulatan tekad.

2. Atha

Nama selanjutnya adalah Atha. Nama ini adalah salah satu nama yang diambil dari Alquran dengan arti dan makna sangat baik. Artinya sendiri adalah kebaikan dan pemberian. Umumnya nama ini bisa cocok disematkan atau diletakkan pada awal maupun tengan dari nama si buah hati. Untuk beberapa contoh rangkaian dari nama “Atha” ini, silahkan simak informasi sebagai berikut :
  • Hizam Atha Oktarian merupakan nama yang mempunyai arti baik yaitu pemberian berupa anak laki laki di bulan Oktober serta mampu menjadi penolong.
  • Atha Rayhaan Shakeil merupakan salah satu rangkaian nama yang memiliki arti bagus yaitu anak laki laki yang memiliki paras tampan dan dijaga oleh TUHAN.
  • Atha Hafizh Alfahrezi merupakan nama yang mempunyai arti anak laki laki yang baik dan suka menjaga dan selalu memiliki semangat dalam bekerja.

3. Bashir

Bashir merupakan salah satu nama bayi laki laki islami yang memiliki arti yang sangat baik. Apa artinya? Artinya dari nama ini adalah pembawa berita baik. Bagus sekali bukan? Apalagi kalau nama ini dipadukan dengan istilah nama islam lainnya yang memiliki arti baik. Tentunya nama ini bisa menjadi harapan terbaik untuk sang buah hati. Sebagai berikut adalah rangkaian nama dari Bashir yang bisa Anda contoh.
  • Bashir Khairan Thaahir dengan arti yaitu anak laki laki pembawa kabar baik yang gembira dengan kesucian hati serta kebaikan.
  • Bashir Nufail Zuhayr memiliki arti dimana anak laki laki yang begitu pandai dan istimewa merupakan hadiah dari TUHAN.
  • Haziq Bashir Shaquile mempunyai arti baik yaitu seorang laki laki yang tampan dan memiliki kecerdasan merupakan hadiah dari TUHAN.

4. Fawaz

Nama selanjutnya yang direkomendasikan adalah Fawaz. Nama yang satu ini kalau Anda simak pasti kental dengan nilai islami bukan? Dalam bahasa Arabnya sendiri saja kata “Fawaz” atau “Fawwaz” berarti sukses loh. Tidak hanya itu, nama ini juga berarti berjaya dan menyukai ilmu pengetahuan. Nama ini akan begitu apik apabila dirangkai dengan nama lainnya seperti di bawah ini.
  • Fawaz Shabir Arrahmah mempunyai arti anak laki laki yang penyabar serta penuh dengan kasih sayang. Kelak, ia juga akan mencapai kemenangan di dalam hidupnya.
  • Fawaz Nadeem Abdias merupakan salah satu nama yang memiliki arti anak laki laki sukses yang patuh seperti pelayan bagi TUHAN. Ia mampu menjadi seorang teman yang baik.
  • Fawaz Asadel Demian dengan arti anak laki laki yang penurut, sukses dan makmur kelak.

Baca Juga :

5. Haidar

Berikutnya ada nama “Haidar”. Nama yang satu ini juga berasal dari dalam Alquran. Artinya sendiri adalah pemberani. Cocok sekali bagi orang tua yang memiliki harapan untuk anak mereka menjadi anak yang pemberani. Cobalah untuk menyelipkan nama ini dengan nama bagus lainnya seperti contoh dibawah ini.
  • Haidar Izadin Narain mempunyai arti yaitu anak laki laki dengan keberanian yang selalu rela berkorban untuk melindungi semua orang.
  • Haidar Ghaffar Susendra merupakan rangkainan nama yang mempunyai arti laki laki pemberani yang dilahirkan dengan kelembutan di hatinya.
  • Haidar Zhafran Abrisam memiliki arti anak laki laki dengan ketampanan serta keberuntungan keberanian untuk kemenangan sejati.

B. Nama Bayi Perempuan Islam

1. Adiba

Adiba adalah rekomendasi nama pertama untuk nama bayi perempuan dengan makna nama yang begitu indah. Artinya sendiri adalah beradab serta berpengetahuan di dalam bahasa Arab. Sebagai berikut adalah contoh rangkaian nama  dari Adiba.
  • Adiba Afsheen Myesha yang artinya adalah anak perempuan yang cerdas sebagai karunia kehidupan yang akan senantiasa bersinar layakya bintang dilangit.
  • Najma Adiba Orlin mempunyai arti yakni perempuan yang beradab dengan pengetahuan bak bintang berkilau emas.

2. Alesha

Nama berikutnya adalah “Alesha” yang mempunyai arti selalu dilindungi Allah atau dapat dikatakan beruntung. Cocok sekali disematkan pada nama depan, tengah maupun belakang pada nama panjang sebagai berikut.
  • Alesha Zahra yang mempunyai arti seperti bunga mawar yang selalu memperoleh lindungan Allah.
  • Naufalyn Alesha Rabbani artinya anak yang dermawan, cerdas, selalu berzikir supaya dilindungi Allah.

3. Balqis

Nama yang satu ini sangat cantik dan menjadi favorit bagi kebanyakan orang. Pada dasarnya nama ini sendiri diambil dari nama ratu yang kaya sekaligus istri dari Sulaiman AS. Berbagai referensi nama yang cocok dipadukan dengan Bilqis adalah sebagai berikut :
  • Balqis Fayruz Zaman dengan arti ratu yang menjadi permata sepanjang zaman serta untuk orang tuanya.
  • Callista Balqis Maharani yang arinya perempuan cantik bagaikan seperti ratu Balqis

4. Chayra

Nama yang satu ini dimodifikasi menjadi lebih modern menjadi Chayra. Asal kata yang benar adalah Khairah. Nama ini berasal dari Alquran yang memiliki arti kebaikan. Contoh rangkaian namanya adalah seperti berikut.
  • Chayra Shohwatul Islami memiliki arti perempuan yang baik  dalam mengantarkan kebaikan islami.
  • Khalida Chayra Khansa dengan arti perempuan yang mempunyai kebaikan abadi.

5. Fadiyah

Nama fadiyah sendiri berasal dari Arab yang berarti menyelamatkan atau tebusan. Untuk referensi rangkaian namanya adalah sebagai berikut.
  • Fadiyah Jalilah yang artinya perempuan agung yang menyelamatkan dengan tulus serta selalu berada di dalam jalan kebenaran.
  • Inayah Fadiyah Istiqomah yang memiliki arti perempuan yang suka menyelamatkan

Uraian diatas adalah daftar nama nama bayi islam beserta artinya terbaru dan lengkap. Sudah mendapatkan nama yang menurut Anda tepat untuk sang buah hati? Nama tersebut dikatakan terbaik karena bersumber dari agama sebagai salah satu dasar landasan pasti dalam kehidupan. Artinya yang sarat akan keindahan dan kebaikan tentunya akan menjadi satu hal yang bisa membuat bahagia.

Lihat Juga : multaqo.com | Blog informasi seputar Islami

Anak anak ketika sudah besar nanti dan mulai mengerti arti nama mereka, pasti akan senang dan bangga bahwa orang tua memilihkan nama yang terbaik dengan arti dan makna yang bagus. Pemberian nama merupakan bukti cinta kasih setiap orang tua kepada anak anak mereka. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan semoga sesuai dengan kebutuhan.