-->

9 Tempat Wisata di Palangkaraya dan sekitarnya yang bagus dan Ngehits

Palangka Raya adalah ibukota dari Provinsi Kalimantan Tengah. Merupakan 3,6 kali lipat luas kota Jakarta, Palangka Raya dibangun pada tahun 1957. Palangka Raya memiliki destinasi wisata yang tidak kalah dengan destinasi wisata di wilayah Kalimantan lainnya.

Dibawah ini merupakan tujuan wisata di Palangka Raya Kalimantan Tengah yang cocok untuk dijadikan tempat untuk berlibur bersama keluarga. Yuk kita lihat apa saja Wisata Palangka Raya Kalimantan Tengah ini.

9 Tempat Wisata di Palangkaraya dan sekitarnya yang bagus dan Ngehits

1. Taman Nasional Bukit Raya


Pernah kah Anda berkunjung ke Taman Nasional Bukit Raya yang terletak di Pulau Kalimantan. Tepatnya lokasinya berada di perbatasan antara provinsi Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah. Tempat wisata ini merupakan Taman Nasional yang memiliki panorama alam dimana terdapat hewan hewan endemik yang dilindungi seperti Beruk Sikan Seluang, Baung Adung, Orang Utan, dan spesies satwa lainnya.

2. Danau Tahai


Danau Tahai merupakan daerah wisata yang menyajikan danau gambut dengan air yang berwarna kemerahan. Juga terdapat “Rumah Lanting” atau rumah terapung diatas danau, sehingga menambah keunikan serta keindahan danau tersebut. Danau Tahai berlokasi di Tumbang Tahai, Bukit Batu, Kota Palangka Raya,Provinsi Kalimantan Tengah.

3. Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng

Destinasi wisata berikutnya adalah Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng yang tidak jauh dari Danau Tahai. Selain kita dapat berinteraksi langsung dengan orang utan tersebut, juga sambil berfoto ria dan memandang panorama alam yang sejuk nan indah.

4. Taman Nasional Sebangau

Berikut ada destinasi wisata Taman Nasional Sebangau yang terletak di Desa Bangkirai, Kecamatan Sebangau, Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah. Selain menikmati panorama alam yang indah, di Taman Nasional Sebangau ini terdapat juga rumah bagi 808 jenis flora, 182 jenis burung dan 54 spesies ular. Juga merupakan rumah bagi hewan mamalia seperti Orang Utan, Bekantan, Owa, Beruang Madu, dan lain lain.

5. Taman Nasional Tanjung Puting


Taman Nasional Tanjung Puting ini merupakan salah satu cagar biosfer yang ditetapkan oleh UNESCO. Terletak di Teluk Pulai, Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah ini tidak terlepas dari penelitian - penilitian di bidang terkait. Memiliki panorama alam yang asri dan indah dimana habitat satwa dan flora dilindungi.

6. Jembatan Kayahan

Merupakan jembatan yang melintasi Sungai Kahayan dengan panjang 640 meter ini adalah Jembatan Kahayan. Jembatan yang terletak di Jl. S. Parman, Langkai, Pahandut, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah ini adalah sangat cocok untuk berfoto ria saat matahari terbenam disore hari.

7. Bukit Tangkiling

Tujuan wisata selanjutnya adalah ke Bukit Tangkiling yang terletak di Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. Puncak Bukit Tangkiling memiliki ketinggian 500 meter dan terdapat biara pertapaan atau Bukit Doa Karmet serta Pura Kaharingan dan Pura Sali Paseban.

8. Rumah Adat Dayak Pasir Panjang


Terletak di Desa Pasir Panjang, Pangkalan Bun, Provinsi Kalimantan Tengah adalah Rumah Adat Dayak Pasir Panjang. Replika dari rumah adat “Betang” khas masyarakat Dayak di Pasir Panjang merupakan tempat yang sering dijadikan sebagai pusat dari upacara adat, acara-acara kesenian dan pertunjukkan adat lainnya.

9. Museum Balanga

Museum Balanga adalah destinasi wisata yang menyajikan replika rumah adat, baju-baju tradisional, senjata, dan lain lain. Museum Balanga ini terletak di Jl. Tjilik Riwut No.KM, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Ok pembaca, cukup sampai disini dulu Wisata Palangka Raya Kalimantan Tengah. Semoga dijadikan referensi untuk datang berwisata ke Pulau Kalimantan ini. Salam sehat dan sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel