-->

Inilah Tempat Wisata di Pontianak Kalimantan Barat Terpopuler

Destinasi Wisata Pontianak merupakan destinasi selanjutnya yang dapat dijadikan referensi untuk datang berkunjung pada waktu liburan tiba. Kota Pontianak terletak di Provinsi Kalimantan Barat dan dilintasi oleh garis Khatulistiwa. 

Destinasi wisata Pulau Kalimantan ini menyajikan panorama alam pantai, danau, pulau, hutan yang indah, serta lain lain, menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Mari yuk, kita lihat satu persatu wisata yang ada di Pontinak Provinsi Kalimantan Barat. Berikut adalah destinasi wisata di Pontinak yang bisa dikunjungi pada saat liburan tiba :

Inilah Tempat Wisata di Pontianak Kalimantan Barat Terpopuler

1. Pantai Pasir Panjang


Destinasi wisata Pantai Pasir Panjang menyajikan panorama alam yang indah dan menarik berupa hamparan pasir putih yang bersih, serta air laut yang jernih. Destinasi wisata yang satu ini juga terkenal sebagai spot surfing favorit. Pantai Pasir Panjang berada di Kota Singkawang, Pontianak. Tepatnya berlokasi di Jl. Pasir Panjang.

2. Danau Biru Singkawang

Danau Biru yang berada di Singkawang ini merupakan destinasi wisata beriktnya yang berada di Jalan Wonosari, Roban, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat. Sesuai dengan namanya Danau Biru Singkawang ini memiliki air danau yang kebiruan dan jernih, juga dikelilingi oleh perbukitan nan indah mempesona.

3. Pantai Kijing

Dengan panorama pasir putih dan barisan nyiur yang asri, Pantai Kijing merupakan destinasi wisata yang sayang kalau dilewatkan. Terletak di Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sungai Kunyit, Pontianak Barat, Provinsi Kalimantan Barat, mempunyai panorama alam yang indah dimana terdapat bukit yang indah dan pemandangan laut yang cantik.

4. Pulau Randayan

Terletak di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat, Pulau Randayan adalah pulau yang populer di Kalimantan Barat. Dimana terdapat pulau – pulau kecil yang indah disekitarnya, sehingga membuat wisatawan betah berlama – lama disini.

5. Pulau Temajuk

Termasuk salah satu objek wisata yang terkenal dengan pantai yang eksotis dengan hamparan pasir putih yang bersih serta permukaan laut yang biru indah mempesona. Pulau Temajuk ini terletak di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

6. Hutan Kota Untan


Terkenal sebagai Arboretum Sylva Untan, dimana terdapat berbagai tanaman khas Kalimantan yang budidayakan diantaranya 80-an species Anggrek, 190-an jenis pohon, serta berbagai species fauna serta serangga yang hidup disini. Hutan Kota Untan ini terletak di Bansir Laut, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

7. Keraton Kadriah

Adalah sebuah Bangunan Keraton peninggalan Kesultanan Pontianak yang berada di Jl. Tj. Raya No.1, Dalam Bugis, Pontianak Timur, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Disini Anda bisa menemui beragam perabot perabot bersejarah peninggalan Sultan dan Permaisuri, serta terdapat juga meriam kuno peninggalan Jepang dan Portugis. Tahukah Anda, Keraton Kadriah ini didirikan pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie. Beliau merupakan sultan pertama Kesultanan Pontianak.

8. Rumah Bentang Radakng

Merupakan Replika rumah adat suku Dayak di Kalimantan Barat yaitu Rumah Betang Radakng terdapat di Jalan Letjen Sutoyo, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Rumah Betang Radakng ini mempunyai panjang 138 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi 7 meter yang merupakan rumah adat terpanjang di Indonesia.

9. Tugu Khatulistiwa


Letak Tugu Khatulistiwa ini adalah di Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Siantan, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Tugu Khatulistiwa ini mempunyai keunikan yaitu saat tanggal 21 sampai 23 Maret atau 21 sampai 23 September, terdapat fenomena dimana matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa.

Ok pembaca, sekian dulu ya tulisan tentang Destinasi Wisata di Kalimantan tepatnya di kota Pontianak yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk berlibur ditempat ini. Salam sehat dan sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel