-->

9 Tempat Wisata Menarik di Sumatera Utara belum banyak diketahui

Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi terbesar di Indonesia yang tak boleh dipandang sebelah mata potensi wisatanya. Beragam pesona wisata, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga kuliner khas tersajikan di Provinsi yang beribu kota Medan ini.

Yuk, mari kita lihat satu persatu wisata apa saja sih yang ada di bumi Provinsi Sumatera Utara. Berikut adalah merupakan Tujuan Wisata Sumatera Utara yang bisa dijadikan referensi untuk tempat untuk berwisata saat liburan tiba :

9 Tempat Wisata Menarik di Sumatera Utara belum banyak diketahui

1. Salju Panas Tinggi Raja


Tujuan wisata bernama Salju Panas Tinggi Raja ini terletak di Desa Dolok Tinggi Raja, Kec. Silau Kahean, Kab. Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. Dinamakan Salju Panas karena terdapat sebuah kawah yang didominasi warna putih seperti salju serta air berwarna biru kehijauan yang bersuhu panas.

2. Air Terjun Sipiso piso


Tujuan wisata yang terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Karo, Provinsi Sumatera Utara ini adalah Air Terjun Sipiso-piso. Berada diatas ketinggian 800 meter diatas permukaan laut, Air Terjun Sipiso-piso menyajikan panorama alam cantik nan mempesona.

3. Taman Nasional Gunung Leuser


Taman Nasional Gunung Leuser merupakan Taman Nasional yang terletak diantara dua Provinsi yaitu Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara. Taman Nasional Gunung Leuser kalau dari Provinsi Sumatera Utara, terletak di Kabupaten Dairi, Karo, dan Langkat. Taman Nasional Gunung Leuser memiliki kawasan hutan yang menyimpan berbagai cagar alam, seperti Suaka Margasatwa Gunung Leuser, Suaka Margasatwa Kappi, Suaka Margasatwa Kluet, dan masih banyak.

4. Pulau Samosir

Destinasi wisata yang satu ini merupakan pulau wisata yang ada di tengah Danau Toba. Dengan panorama alam yang menarik banyak wisatawan ini, memiliki beberapa kegiatan seperti pertunjukan tari Sigale-gale, berkeliling Museum Huta Bolon Simanindo, hingga menikmati keunikan Batu Parsidangan.

5. Danau Toba


Danau Toba adalah danau yang memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km dan merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Danau Toba merupakan Daerah wisata yang berada di kaldera Gunung Supervulkan, Provinsi Sumatera Utara. Danau ini memiliki panorama alam yang indah dimana
terdapat pulau ditengah danau yaitu Pulau Samosir.

6. Pantai Pandan

Pantai yang terletak di Desa Pandan, Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara ini, memiliki panorama alam yang indah dimana pesona pasir putih dan air laut yang begitu jernih. Selain itu dipantai ini memiliki berbagai fasilitas seperti gazebo, kedai makanan, hingga penginapan.

7. Pantai Sorake dan Pantai Lagundri

Pantai yang sering dijadikan ajang kejuaraan surfing tingkat nasional maupun internasional ini terletak di Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Memiliki panorama alam pantai yang begitu indah dan mempesona dengan ombak mencapai 7 sampai 10 meter, sehingga Pantai Sorake dan Pantai Lagundri sangat cocok untuk even olah raga selancar atau surfing.

8. Bukit Gundaling


Bukit Gundaling adalah bukit yang terdapat di di Jalan Jamin Ginting, Berastagi, Karo, Provinsi Sumatera Utara. Di Bukit Gundaling ini kita dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Untuk mencapai bukit ini dapat ditempuh dengan menggunakan delman, menunggang kuda dan berjalan kaki.

9. Cagar Alam Sibolangit

Tujuan wisata yang satu ini terletak di Jalan Letjend Jamin Ginting KM 38, Batu Layang, Sibolangit, Provinsi Sumatera Utara. Cagar Alam Sibolangit memiliki panorama alam yang indah dimana terdapat beragam flora dan fauna langka seperti hewan langka lutung, pohon angsana, sonokembang dan lain lain.

Ok, sekian dulu tulisan tentang Tujuan Wisata Sumatera Utara. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk berlibur yang aman dan seru ditempat ini. Salam sehat dan sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel