Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Belajar di Rumah selama Corona supaya tidak Membosankan

Selama Pandemi Corona ada beberapa perubahan yang perlu disesuaikan. Salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. Anak anak sekolah baik TK, SD, SMP, SMA/SMK sampai dengan mahasiswa diharuskan menjalankan pembelajaran di rumah secara online. Belajar dirumah bisa jadi sangat membosankan, oleh karena itu Anda perlu tips dan trik supaya belajar dirumah jadi menyenangkan.

Pengaturan belajar dirumah saja penting untuk menekan penularan COVID 19 lebih tinggi lagi. Daripada mengeluh karena melakukan setiap pekerjaan dari rumah termasuk bersekolah, lebih baik mencari tahu metode belajar yang seru. Apalagi karena proses belajar dilakukan secara online, Anda bisa menemukan berbagai ide kreatif mengisi kegiatan belajar terbaik supaya tidak cepat bosan.

Sekarang, ada banyak teknologi yang mendukung pembelajaran sekolah yang menyenangkan. Misalnya dalam bentuk aplikasi belajar terbaik dan terlengkap, kuis tanya jawab online, audio dan video belajar, game pembelajaran dan masih banyak lagi. Jika cara belajar Anda dirumah hanya begitu begitu saja dan membosankan, yuk simak cara belajar yang seru dan tidak membosankan dalam bentuk pembelajaran itu sendiri maupun aktivitas tambahan di bawah ini.

Tips Belajar di Rumah selama Corona supaya tidak Membosankan

1. Menetapkan rutinitas

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menetapkan rutinitas yang baik dalam keseharian jadwal belajar. Meskipun mungkin dalam keadaan libur, anak anak harus tetap menjalankan rutin hariannya. Jangan terus bangun siang atau malah terlalu banyak bersantai. Menetapkan rutinitas ini termasuk dalam menentukan kapan waktunya mandi, makan, belajar, bermain dan beristirahat.

Hal ini penting bukan hanya mengajarkan kepada anak hidup disiplin tapi juga membuat anak tidak cepat bosan dengan rutinitas sehari hari yang itu itu saja. Pastikan juga bahwa Anda membuat rutinitas setiap hari yang bervariasi sehingga akan memiliki kecenderungan yang kreatif. Rutinitas bisa dibuat dalam satu minggu penuh termasuk waktu rekreasi dan istirahat.

2. Mencari ide aktivitas yang dapat dilakukan

Menyambung dari poin nomor satu yakni menetapkanrutinitas, bagus sekali untuk menambahkan berbagai ide aktivitas yang kreatif untuk dilakukan. Jika Anda masih bingung, sebenarnya ada banyak sekali kegiatan kreatif tersebut. Referensi belajar kreatif tersebut bisa dimulai dari melibatkan anak dalam pekerjaan rumah, membuat suatu karya, melakukan olahraga, bermain dan rekreasi bersama anggota keluarga dan masih banyak lagi yang lainnya. Ide aktivitas juga bisa disesuaikan dengab kesukaan sang anak.

3. Memanfaatkan aplikasi belajar

Di jaman yang canggih sekarang, ada berbagai aplikasi belajar terbaik yang bisa membantu anak anak mendapatkan komplit pembelajaran yang berbeda. Aplikasi belajar modern sudah dirancang sedemikian kreatifnya dengan menyediakan berbagai alat bantu belajar bervariasi. Anak bisa menonton video pembelajaran atau mendengarkan audio dan lain sebagainya.

Materi pembelajaran yang lengkap dari bahasa inggris, matematika, bahasa indonesia, ilmu pengetahuan akan membantu anak memperoleh materi pembelajaran yang tepat sesuai dengan kurikulum pembelajarannya di sekolah.

4. Melakukan praktek pembelajaran

Dalam proses pembelajaran tentunya bukan hanya mendapatkan teori saja bukan? Tentu setiap topik memerlukan yang namanya praktek atau melakukannya secrara langsung. Dengan demikian akan mendorong anak untuk lebih memahami pembelajarannya. Sebagai contoh anak bisa melakukan percobaan sains seperti mengamati lingkungan sekitar atau mengambil sampel dan menuliskan hal hak yang dia dapat dari alam.Secara seimbang menerapkan pembalajaran teori dan praktekakan membuat pembelajaran tidak cepat membosankan.

5. Berolahraga

Apa hubungannya olahraga dengan belajar? Olahraga memang berhubungan dengan kesehatan dan kebugaran tubuh. Jika tubuh Anda tidak bugar, maka akibatnya bisa membuat proses belajar menjadi lemas dan tidak berkonsentrasi dengan baik selanjutnya Anda jadi tidak menikmati proses pembelajaran yang dilakukan. Oleh karena itu, dalam hal ini pentingnya memasukkan waktu olahraga dalam rutinitas pembelajaran Anda.

6. Menonton film pembelajaran

Kebanyakan orang menyukai yang namanya menonton film. Nah, di akhir pekan atau waktu tertentu yang Anda tetapkan bisa nihuntuj menonton film pembelajaran. Film pembelajaran yang dimaksud adalah film yang mengandung hal hal yang sedang Anda pelajari. Sebagai contoh, apabila Anda sedang belajar bahasa inggris maka cobalah untuk menonton film barat yang sesuai tanpa subtitel atau terjemahan. Hal ini tentu akan semakin menggugah minat Anda untuk belajar.

7. Menciptakan ruang pembelajaran yang kondusif

Menciptakan ruang belajar yang kondusif adalah salah satu cara lain yang bisa dilakukan untuk menjadikan kegiatan belajar menjadi menyenangkan. Jika suasana dalam ruang belajar mendukung, Anda tentu akan lebih menikmati setiap proses belajarnya. Anda bisa memilih ruangan yang tenang atau menghiasinya dengan hal hal yang Anda sukai.

8. Membuat kerajinan tangan atau Crafting

Aktivitas ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dirumah. Disela sela belajar Anda bisa menyisipkan waktu luang untuk membuat aneka karya atau kerajinan tangan. Selain bisa dimanfaatkan sebagai ajang untuk mengasah keterampilan juga akan menbuatkegiatab Anda lebih bervariasi sehingga tidak akan cepat bosan.

Bahan yang diperlukan pun tidak harus yang sulit ditemukan. Anda bisa menggunakan bahan bahan dari alam seperti halnya daun kering, sedotan, plastik, stik kayu, pewarna, kertas dan masih banyak lagi yang lainnya. Hasil karya ini bisa Anda pajang di ruang belajar Anda atau memberikannya kepada seseorang yang Anda sayangi.

9. Bermain game atau permainan

Bermain game atau permainan dapat dikatakan sebagai jenis rekreasi yang bisa dilakukan selama dirumahaja. Sekarang ada banyak sekali game terbaik untuk dimainkan mengisi sela sela belajar dan merilekskan pikiran. Misalnya ada permainan monopoli, ular tangga, Halma, puzzle dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, patut diingat untuk membatasi bermain game hanya pada taraf waktu yang ditentukan. Selanjutnya, tetap utamakan pembelajaran.

10. Tetap terhubung dengan teman

Poin berikut ini tidak boleh ketinggalan yakni tetap berkomunikasi dengan baik dengan teman teman. Belajar dirumah saja bukan berarti Anda memutus silaturahmi yang terjalin di sekolah. Cobalah untuk secara rutin berkomunikasi dengan teman terdekat Anda melalui aplikasi komunikasi yang sekarang banyak digunakan seperti halnya zoom, skype, googlemeeting atau melalui sosial media whatsaap atau line.

Saling berkirim pesan dan melakukan panggilan adalah cara praktis untuk tahu kabar masingmasing. Anda bisa bercerita pengalaman selama belajar dirumah, suka dan duka dirumahaja atau untuk mengungkapkan betapa rindungnya Anda dengan teman teman.

Lihat Juga : DAPODIK.co.id | Blog informasi tentang Pendidikan

Uraian diatas adalah informasi seputar tips dan trik belajar dirumah yang populer dengan kesan asik dan seru. Anda tidak akan merasa jenuh, tapi sebaliknya didorong untuk menyukai proses belajar. Memang ada kelebihan dan kekurangannya saat bersekolah dari rumah, tapi mari jadikan kekurangan tersebut sebagai semangat Anda untuk terus belajar dan meraih prestasi yang baik.

Metode pembelajaran diatas bisa Anda terapkan dalam proses pembelajaran Anda. Lakukan yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan Anda sekarang. Tips dan trik tersebut juga banyak diulas dalam situs web belajar terbaik dan terkenal seperti halnya Ruang guru, Zenius, Kelas pintar, Quipper, Duolingo dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga dengan informasi ini bisa membantu proses belajar Anda yang menyenangkan. Selamat mencoba.