Syarat daftar Kartu Prakerja Online terbaru 2020

Pandemi virus corona memberikan pengaruh yang besar dalam segala segi kehidupan. Salah satunya adalah dalam bidang pekerjaan. Banyak orang tidak bisa bekerja seperti biasanya, yang lain terkena PHK dan UMKM yang telah kehilangan pendapatannya. Untuk itu, pemerintah berupaya mengatasinya dengan program terbaru yakni melaluikartu Prakerja Online tahun 2020 dengan beberapa syarat dan ketentuan daftar yang berlaku.


Anda mungkin yang baru mengetahuinya akan bertanya, apa pengertian dari Kartu Prakerja online? Apa manfaatnya kalau saya mendaftar? Apa saja yang bisa saya dapatkan? Kapan pendaftaran dibuka? Dan bagaimana caranya bergabung untuk mendapatkan kartu Prakerja tersebut? Pertanyaan tersebut banyak menjadi bahan perbincangan masyarakat. Baik dalam gelombang 1, 2, 3 dan seterusnya Anda perlu mendapatkan informasi update.

Cara mendaftar diri untuk mendapatkan kartu prakerja online tahun ini sebenarnya tidak dikatakansulit. Hal ini bergantung apakah Anda bisa memenuhi syarat  atau memiliki cukup bukti bahwa Anda memang layak mendapatkannya. Informasi yang akurat dan dapat dipercaya sangat penting untuk Anda bisa mempersiapkan syarat dan ketentuan mendaftarkan diri dalam prakerja online tahun 2020. Oleh sebab itu, informasi dibawah ini akan membahas selengkapnya.

1. Pengertian Kartu Prakerja Online

Sebelum membahas terkait syarat dan cara mendaftar, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu apa itu kartu Prakerja Online. Tidak masuk akal bukan jika Anda ingin mendaftar tapi tidak tahu pengertian maupun definisi kartu Prakerja online tersebut. Mengenali pengertiannya akan memberikan kepada Anda gambaran singkat terkait Prakerja online.

Baca Juga :

Nah, sebagai informasi Kartu Prakerja Online ini adalah suatu program yang bertujuan untuk pengembangan kompetensi. Hal ini dilakukan dalam bentuk bantuan berupa biaya yang ditujukan secara khusus kepada mereka pencari kerja, pekerja yang terkena PHK atau pekerja yang membutuhkan kompetensi.

2. Manfaat mendapatkan Kartu Prakerja Online

Setelah mengetahui pengertiannya dengan baik dan benar. Anda juga perlu tahu apa manfaat atau keunggulan yang dimiliki kartu Prakerja Online ini. Dengan mengetahui manfaatnya sebelum mendaftar Anda akan lebih memiliki tujuan dan rencana kedepannya jika menerima kartu prakerja online tersebut.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah sebagai berikut :
  • Mendapatkan insentif bulanan
  • Meningkatkan peluang karir
  • Efektivitas kerja
  • Lebih produktif
  • Standarisasi prosedur
  • Lebih terampil
  • Menggunakan keterampilan secara sistematis, dll

3. Syarat dan ketentuan mendaftar kartu Prakerja Online

Setelah mengetahui semua hal diatas, barulah Anda mencari tahu apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku untuk bisa mendaftar dan mendapatkan kartu prakerja online tersebut. Syarat yang harus dipenuhi tidak sulit apabila memang Anda cocok sebagai prakerja online yang ditetapkan. Syarat yang dimaksud dibuktikan dalam beberapa dokumen penting.

Syarat syarat yang harus Anda penuhi dalam mendaftar prakerja online adalah sebagai berikut :
  • Pengguna harus berumur minimal 18 tahun keatas atau sudah berkeluarga dan tidak berada dibawah perwalian.
  • Pengguna adalah Warga Negara Indonesia atau WNI
  • Pengguna sedang tidak mengikuti pendidikan formal apapun seperti bersekolah atau berkuliah.
  • Pengguna menyiapkan beberapa syarat dokumen untuk mengisi data di pendaftaran online seperti Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Sebab nantinya Anda akan mengisi seperti nama lengkap, alamat domisili, alamat tempat tinggal, foto KTP serta foto selfie dengan KTP.
  • Pengguna membuat dan mengisi data akun prakerja di website resmi prakerja online.
  • Memiliki Email pribadi untuk mendapatkan informasi dan petunjuk.

4. Tahapan mendaftar Kartu Prakerja Online

Mendaftar kartu Prakerja Online tidak secara langsung melainkan melalui beberapa tahapan yang harus Anda lalui. Tahapan seperti apa itu? Langkah langkah mendapatkan kartu prakerja terdiri dari beberapa bagian mulai dari tahapan pendaftaran yang dilakukan disitus resmi prakerja.co.id dengan menyiapkan beberapa syarat dokumen lengkap.

Selanjutnya adalah tahap penyeleksian, setelah lolos seleksi Anda akan diperintahkan untuk memilih jenis pelatihan yang Anda butuhkan. Barulah setelah itu Anda akan menerima pelatihan. Dari pelatihan ini, diakhir Anda akan menerima sertifikat elektronik. Namun, saat menerima pelatihan Anda masih harus melakukan satu hal lagi yakni memberikan ulasan dan rating supaya bisa melangkah ke tahapan selanjutnya.

Lihat Juga : sriwijayaaktual.com | Sumber informasi Realita, Tajam dan Terpercaya.

Uraian diatas adalah informasi terkini yang memberikan informasi dengan jelas apa saja hal hal dasar yang perlu Anda miliki supaya bisa mendaftar dalam kartu prakerja online. Dengan tertib mengikuti peraturan yang telah dibuat dan memiliki semua syaratnya, Anda pasti bisa mendapatkan kartu prakerja online dengan mudah dan cepat. Hingga, Anda bisa mendapatkan juga manfaat dari program pemerintah yang dijalankan ini.

Kartu prakerja online tahun 2020 ini adalah salah satu program pemerintah dalam upaya untuk mengatasi dampak covid 19 yang lebih besar. Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin dan mari kita dukung sepenuhnya dengan ikut berpartisipasi baik dalam mendaftar atau menunjukkan apresiasi positif. Semoga wabah virus corona segera berakhir. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel