-->

10 Cara belajar Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Bahasa Indonesia adalah Bahasa yang penting dikuasai khususnya oleh warga negara Indonesia itu sendiri. Oleh sebab itu sewaktu bersekolah, Anda akan menemui mata pelajaran Bahasa indonesia disetiap tingkat pendidikan. Mengapa demikian? Meskipun dalam kehidupan sehari hari Anda menggunakan Bahasa Indonesia. Nyatanya, masih banyak yang tidak tahu penggunaan bahasa yang baik dan benar. Anda masih perlu belajar banyak. Bagaimana caranya? Mulai dari mana?

Mahir dalam berbahasa Indonesia tidak hanya didapat ketika Anda belajar disekolah. Terutama apabila Anda ingin menguasai bahasa dengan lebih cepat dan efesien. Sebenarnya belajar bahasa Indonesia bisa sangat mudah dan menyenangkan apabila Anda tahu tips dan triknya. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang bukan orang Indonesia namun ingin menguasainya dengan fasih juga. Menguasai bahasa asing bisa dimulai dengan hal dasar yang praktis.

Mungkin beberapa orang diantara Anda yang ingin belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia sudah mencoba berbagai macam metode. Mulai dari les atau kursus bahasa, pendidikan bahasa Indonesia, menggunakan kamus bahasa Indonesia dan lain sebagainya. Namun, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan sebagai langkah belajar bahasa Indonesia. Selengkapnya mari simak informasinya pada poin poin berikut ini.

Cara belajar Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

1. Memiliki Kamus Bahasa Indonesia

Mempunyai kamus Bahasa Indonesia merupakan salah satu cara yang Anda perlukan untuk mengetahui terkait suatu kata atau kalimat yang tidak Anda mengerti maksud atau pengertiannya. Apalagi dijaman sekarang yang memiliki teknologi canggih, Anda sudah bisa mempunyai kamus versi elektronik di HP Smartphone atau Android saja. Sangat praktis sehingga Anda tidak perlu membawa kamus kemana mana.

Baca Juga :

Tidak hanya itu, berbagai aplikasi sudah banyak dirancang untuk membantu Anda belajar bahasa dengan mudah dan terampil termasuk belajar Bahasa Indonesia. Cobalah untuk mendapatkan aplikasi kamus terbaik belajar bahasa Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Pelafalan

Perlu diketahui bahwa setiap bahasa memiliki pelafalan yang berbeda beda. Begitu pula dengan Bahasa inggris, bahasa Indonesia dan lain sebagainya. Dalam pelafalannya sendiri Anda tidak dianjurkan untuk mencampurkannya. Sebab ada banyak perbedaan yang menonjol yang nantinya akan menyulitkan Anda belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Baik warga Indonesia atau orang asing, Anda tidak hanya perlu tahu arti dadi setiap kata atau kalimat namun juga cara penyebutannya atau pengucapannya.

3. Latihan Bahasa Baku

Dalam bahasa Indonesia memang berbeda antara bahasa baku dan bahasa sehari hari. Nah, untuk penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar Anda sendiri harus terbiasa dengan penggunaan bahasa baku. Ya ini adalah bahasa formal yang jarang digunakan dalam percakapan kehidupan sehari hari. Cobalah secara sedikit demi sedikit untuk berlatih bahasa baku dengan cara menulis dan berbicara. Ini adalah cara terbaik sebab teori tanpa praktik tentu akan kurang maksimal.

4. Proaktif memahami definisi

Apa yang dimaksud dengan proaktif memahami definisi? Ini adalah tahapan dimana Anda dimungkinkan untuk memiliki pemahaman definisi yang lebih baik. Tips ini berkaitan dengan poin nomor satu dalam daftar ini yakni penggunaan kamus. Namun untuk memahami definisi suatu kata dalam bahasa Indonesia, Anda juga bisa menggunakan KBBI versi online. Dengan secara aktif memahami setiap definisi, secara tidak langsung Anda akan mengetahui penggunaan kata tersebut dengan baik dan benar.

5. Latihan stuktur kalimat
Latihan struktur kalimat ini sangat penting juga untuk bisa menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Cobalah untuk mulai mengkategorikan komponen kalimatnya. Anda bisa mulai dengan kalimat sederhana saja dulu lalu tahap bertahap ke arah yang lebih kompleks. Ini juga merupakan langkah yang baik untuk bisa menulis dan membaca bahasa Indonesia yang baik.

6. Mengikuti dinamika perubahan bahasa

Tidak hanya kondisi dunia ini yang berubah ubah, dinamika bahasa juga bisa berubah ubah jadi Anda perlu update. Sebaiknya jangan hanya update terkait bahasa gaul saja, bahasa baku juga Anda perlu update. Bagaimana cara mengetahui informasi terkini? Anda bisa melihatnya di Koran, TV dan berbagai media lainnya yang memang pada dasarnya mendukung penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

7. Rajin membaca

Cara berikutnya sebagai tips yang penting dan tidak boleh ketinggalan untuk memguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah rajin membaca. Dengan membaca Anda juga akan dibantu memupuk minat akan bahasa Indonesia sedikit demi sedikit. Anda bisa mulai untuk membaca hal hal yang Anda sukai seperti membaca suatu topik, article, majalah, buku cerita dengan dukungan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

8. Jangan takut salah

Namanya belajar tidak ada yang selalu benar. Anda pasti akan mengalami kekeliruan, kesalahan dalam proses pembelajaran. Sebenarnya dari kesalahan Anda itu sendirilah yang akan membuat Anda banyak belajar hal hal yang belum Anda ketahui. Oleh sebab itu, jangan takut dikoreksi atau salah, sebab dari situ Anda akan terbiasa mengetahui aturan penulisan yang benar.

9. Menggunakan berbagai media

Belajar bahasa tidak hanya soal belajar bentuk kata, struktur kalimat, membaca dan lain sebagainya sebagaimana yang sudah kita bahas pada poin sebelumnya. Untuk mengasah keterampilan Anda lebih baik lagi, cobalah untuk menggunakan berbagai media atau sarana. Sebagai contoh adalah membuat musikalisasi puisi. Belajar membuat syair atau kalimat berirama akan menjadi tantangan tersendiri untuk meningkatkan skill berbahasa.

10. Menggunakan topik bahasa yang disukai

Belajar bahasa bisa lebih menyenangkan jika Anda menggunakan topik pembahasan yang Anda sukai. Misalnya cobalah untuk mengetahui tema yang Anda minati. Sebagai contoh tema percintaan yang biasanya disukai oleh anak muda. Anda bisa belajar membuat kata majemuk bertingkat dan selanjutnya mengenali ragam katanya. Misalnya dengan menuangkannya dalam pembuatan surat cinta. Pasti akan lebih menyenangkan jika itu adalah hal yang Anda sukai dan minati bukan?

Baca Juga : Bicara Indonesia | Berita Informasi dalam Cerita

Uraian diatas adalah beberapa metode belajar bahasa Indonesia tahap pertahap yang bisa sangat membantu siapa saja yang ingin lebih mendalami bahasa Indonesia dengan penggunaan yang baik dan benar. Cara tersebut cenderung lebih bersifat praktis, efesien, mudah dan cepat. Dengan cara yang tepat, memungkinkan Anda mencapai tujuan Anda untuk menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Jika Anda juga sedang atau pernah belajar bahasa asing lainnya seperti bahasa Inggris, bahasa Korea, bahasa China, bahasa Mandarin atau bahkan bahasa daerah umumnya akan ada perbedaan cara belajar. Namun, tidak soal perbedaan tersebut, salah satu kunci untuk bisa menguasai suatu bahasa dengan baik adalah niat dan kesungguhan. Jika sudah demikian, Anda pasti bisa menguasai suatu bahasa dalam kurun waktu yang singkat. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel