Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEO Blogger terbaru 2020 untuk Pemula

Mastimon.Com - Belajar SEO blog adalah salah satu cara yang sangat penting untuk bisa berhasil dalam bisnis blogger. Apalagi sebagaimana yang kita tahu dari tahun ke tahun algoritma google selalu mengalami pembaharuan. Setiap tahun ada teknik SEO blogger terbaru yang wajib diketahui oleh para penulis web. Khususnya pada tahun 2020 ini para pemula perlu belajar semua hal terkait tips SEO.

Apa itu SEO? Bagaimana cara kerja SEO? Bagaimana cara menerapkannya? Dan masih banyak lagi pertanyaan dasar yang mungkin sudah Anda pahami. Tapi bagaimana dengan SEO 2020? Anda perlu belajar kembali terkait SEO Blogger terbaru tahun 2020 baik Anda yang sudah profesional maupun yang masih dalam taraf awam atau pemula.

Banyak sumber menyediakan informasi lengkap yang membahas tentang SEO. Tapi semua materi tersebut tidak bisa dijadikan sebagai panduan terbaik SEO. Mengapa demikian? Sebab berbagai tips SEO yang ada harus terus berkembang mengikuti perkembangan zaman dan teknologi mesin pencari semacam Google. Seperti tahun 2020 ini ada beberapa SEO blogger terbaru yang bisa Anda ketahui sebagai berikut.

SEO Blogger terbaru 2020 untuk Pemula

1. On Page SEO

On Page SEO adalah salah satu kegiatan yang dilakukan pada website itu sendiri. Tujuan dalam diterapkannya On Page SEO adalah supaya konten akan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari pada saat melakukan pengumpulan data. Umumnya On Page SEO akan terbagi menjadi 2 bagian yakni On page Website dan On page article.

Kebanyakan para pemula selalu melupakan On page SEO yang satu ini, padahal secara keseluruhan tips SEO ini sangat penting sebagai dasar supaya website yang dimiliki bisa bersaing di mesin pencari. Apabila terjadi On page SEO yang bermasalah ini seperti pondasi bisnis yang rapuh sehingga SEO yang lainnya tentu akan bermasalah.

2. Off Page SEO

Yang kedua ada Off Page SEO yang mungkin kita kenal dengan istilah Link Building atau Backlink. Ini adalah salah satu hal yang sangat penting yang berkaitan dengan konten yang baik dan backlink. Apa itu backlink? Anda yang masih pemula kemungkinan masih awam dengan istilah yang satu ini. Backlink merupakan link yang diberikan kepada website lain yang lebih terkenal.

3. Algoritma BERT

Trend SEO terbaru yang perlu Anda ketahui adalah Algoritma BERT. Algoritma ini sendiri akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap teknik SEO secara menyeluruh sehingga sejak kehadirannya sangat menarik perhatian bukan hanya para pemula tetapi juga orang orang yang sudah profesional dengan SEO.

Baca Juga :

Algoritma BERT ini memberikan lebih banyak pilihan kepada padara pengguna, sebab dalam ketentuannya akan benar benar disesuaikan dengan kebutuhan sang pengguna dan tidak berpatokan pada riset kata kunci yang tersedia. Pada tahun 2020 ini para profesional SEO dibidangnya ini bermaksud membuat tujuan BERT agar bisa mengetahui konten seperti apa yang diinginkan oleh para audiensnya.

4. EAT dan YMYL

Pernah mendengar istilah ini sebelumnya? Istilah EAT merupakan singkatan dari Expertise, Authoritativeness dan Trustworthiness. Sedangkan untuk YMYL adalah singkatan dari “Your money your life”. Mungkin kedua istilah ini sudah Anda lihat karena beredar dimana mana sebagai jargon yang penting. Misalnya di tulisan blog, forum, komunitas grup facebook dan video youtube serta lain sebagainya.

Dalam Algoritma ini akan didasarkan pada kepentingan siapa yang bertanggung jawab terhadap situs web. Ini adalah penilaian khusus dariEAT pada konten YMYL yang wajib dibuat oleh seorang author dengan keahlian yang tentunya bisa dipercaya atau seseorang yang memiliki kemampuan yang cocok dengan konten tulisan tersebut. Pada tahun 2020 EAT dan YMYL akan menjadi komponen yang sangat penting.

5. UX dan Technical SEO

Tren SEO pada tahun 2020 berikutnya adalah UX dan Technical SEO. UX sendiri adalah singkatan dari User Experience. Setiap orang yang sudah profesional dalam bidang SEO sebenarnya tidak harus ahli dalam bidang UX juga. Tapi setidaknya mereka juga harus mempunyai pemahaman yang baik terkait prinsip dasar UX pada situs web. Sebab UX sendiri akan lebih berfokus pada pengalaman yang didapatkan pengunjung pada saat mengunjungi situs web Anda tersebut.

6. Mobile SEO

Mobile SEO adalah salah satu teknik SEO 2020 yang selanjutnya wajib diketahui. Sebab ponsel sendiri sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Perkembangan Android dan smartphone yang canggih akan membuat seseorang lebih memiliki ketergantungan terhadap ponsel mobile mereka. Untuk itu penting bagi Anda untuk memaksimalkan tampilan baik diponsel supaya pengalaman pengguna yang berkunjung lebih baik.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan keramahan pada mobile. Beberapa diantaranya adalah Struktur situs, page load, AMP (accelerated Mobile Page) dan juga PWA (Progressive web apps). Dengan cara ini Anda tidak akan terkena dampak resiko kehilangan pengunjung hanya karena situs Anda tidak responsive dan mobile friendly.

7. Riset Kata Kunci

Riset kata kunci sebenarnya bukan bagian dari SEO. Ia termasuk dalam tips membuat konten article itu sendiri, Namun menurut beberapa pakar SEO meriset kata kunci merupakan salah satu cara penting yang diberikan sebagai tips SEO bukannya tanpa alasan. Apalagi sebagaimana yang kita tahu tidak semua orang mampu meriset kata kunci dengan benar dan baik.

Ketika Anda sudah belajar SEO, tapi tidak tahi belajar riset kata kunci yang banyak bisa didapatkan digoogle tentu akan membuat semua upaya Anda sia sia. Hal ini bisa dibayangkan seperti Anda sudah letih belajar SEO, konten juga kemungkinan sudah mendapatkan peringkat pertama di mesin pencari tapi tidak ada pengguna yang mencari dengan kata kunci yang Anda gunakan. Bukankah hasinya menjadi kesia siaan.

8. Evaluasi

Tahap Evaluasi ini menjadi hal penting dasar bagi para pemula. Hal ini bisa Anda lakukan ketika Anda kemungkinan sudah berupaya untuk menerapkan SEO selama berminggu minggu kemudian. Dalam tahap ini jika Anda melihat hasil baik berupa trafik yang terus meningkat berarti cara yang Anda lakukan sudah benar. Tapi sebaliknya jika Website belum naik rangking, kemungkinan besar teknik yang digunakan kurang benar.

Lihat Juga : ALBAIHAQI

Uraian diatas adalah kumpulan informasi yang dibahas secara lengkap tentang SEO Blogger terupdate tahun 2020 yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui informasi ini Anda akan dibantu untuk semakin memaksimalkan bisnis online Anda. Sebab teknik dan tips untuk SEO terbaru yang mencangkup algoritma Google sangat penting untuk menentukan kesuksesan website Anda.

Tidak hanya untuk SEO Blogger, cara yang sama juga perlu Anda terapkan dalan SEO youtube dan usaha online sejenisnya. Anda perlu terus update terkait informasi dan mengikuti perkembangan jaman terkait perkembangan SEO dari tahun ke tahun. Semoga tahun 2020 ini adalah tahun keemasan Anda untuk semakin menuai keberhasilan. Semoga bermanfaat.