Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Algoritma Google Terbaru 2020 yang Wajib anda ketahui

Mastimon.Com - Dari tahun ke tahun Algoritma Google selalu mengalami pembaharuan. Pada tahun 2020 kini pun tentu ada trend terbaru dari SEO yang wajib diketahui. Khususnya bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia blogger penting sekali untuk tahu informasi update terkait Tren SEO. Kira kira perkembangan apa saja yang akan menjadi Algoritma Google tahun 2020?

Beberapa teknik mungkin akan tetap sama setiap tahunnya seperti penggunaan optimize untuk mobile users, penggunaan kata kunci dan lain sebagainya. Tapi berbagai perubahan yang terjadi akan lebih meningkatkan pengalaman bagi penggunanya. Dengan mengetahui pengaturan Algoritma Google terkini bermanfaat supaya website Anda akan tetap mempunyai peringkat yang baik dan tidak kalah bersaing.

Kemungkinan Anda akan bingung dan khawatir seputar prediksi Tren SEO di tahun 2020. Alih alih khawatir, cobalah simak informasi sebagai berikut yang akan memberi tahu Anda pola Algoritma terbaru yang bisa Anda gunakan supaya blog dapat terus bertahan. Dengan memanfaatkan Algoritma yang dirilis oleh Google ini Anda juga bisa mempertahankan peringkat blog Anda pada mesin pencari. Selengkapnya mari simak.

Algoritma Google Terbaru 2020 yang Wajib anda ketahui

1. Algoritma BERT

Apa itu BERT? BERT adalah istilah untuk singkatan yakni “Bidirectional Encorder Representations for Transformers”. Apa maksudnya? Algoritma Google yang satu ini berhubungan dengan pengolahan kata yang berkaitan dengan kata lain pada sebuah kalimat, bukan secara satu persatu melainkan berurutan. Tujuan utama dari BERT adalah untuk memberikan kepuasan bagi para pengguna Google sesuai dengan kata kunci yang mereka ketik.

2. Standar EAT

Setelah membahas BERT, Algoritma Google yang kedua adalah EAT. Ini juga merupakan singkatan dari kata Expertise, Authoritativeness dan Trustworthiness. Algoritma yang satu ini akan menilai berdasarkan keahlian atau kemampuan dari sang penulis serta dapat dipercaya oleh pembaca publik. Tingkat keahlian tersebut dapat diperhatikan dari isi dalam konten yang bersifat ilmiah juga kualitas yang baik.

3. Standar YMYL

Selanjutnya adalah YMYL yang merupakan singkatan dari kalimat “Your money your life”. Kategori YMYL akan lebih memberikan penilaian yang lebih ketat dari pihak google. Mereka akan mengecek secara menyeluruh mulai dari keabsahan suatu halaman web tentang sang penulis, perusahaan atau tentang admin web. YMYL mencakup website yang berisi tentang kehidupan dan keuangan seperti website tekait investasi, finansial, obat obatan, jual beli, pajak dan masih banyak lagi.

4. Panda Algoritma

Algoritma Panda mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda bukan? Algoritma terkenal ini mengalami pembaharuan atau update yang penting Anda ketahui. Mulai diluncurkan pada tanggal 24 Februari 2011 lalu tentu Anda sudah banyak menyaksikan perubahannya. Tujuannya sendiri adalah untuk memindahkan posisi situs konten yang memliki kualitas yang rendah.

Baca Juga :

Algoritma Panda akan secara otomatis mengesampingkan semua website yang mempunyai konten article duplikat, konten plagiarsm, konten spam, konten yang di dominasi dengan kata kunci dan masih banyak lagi. Halaman atau situs dengan hal hal tersebut akan diturunkan peringkatnya dalam beranda Google.

5. Penguin Algoritma

Algoritma Google Penguin diluncurkan sejak tahun 2012 lalu. Tujuannya sendiri adalah untuk memindahkan posisi halaman atau situs web yang mempunyai link spam. Algoritma ini telah berhasil mengubah pemahaman dari para situs yang mempromosikan dengan standar google. Ini juga merupakan mimpi buruk bagi mereka yang menggunakan baclink spam.

Penguin Algoritma kini sudah menurunkan peringkat dari website yang mempunyai backlink spam, backlink yang sifatnya tidak relevan, tidak natural dan lain sebagainya. Sejak tahun 2016 lalu, Algoritma Google penguin telah menjadi bagian dari ketentuan algoritma utama secara resmi. Maka, Algoritma Google yang satu ini tidak bisa disepelekan.

6. Pirate Algoritma

Pirate Algoritma adalah teknik SEO yang dikembangkan untuk menjawab kekhawatiran dan keluhan para pengguna terkait konten bajakan yang bisa mendapatkan peringkat pertama atau lebih tinggi di pencarian Google SERP. Bukankah sesuatu yang tidak adil? Oleh sebab itu dengan adanya algoritma Pirate masalah ini bisa diatasi dengan baik.

Untuk halaman situs yang dipengaruhi oleh Pirate adalah konten yang berisi musik, film ataupun buku yang tersedia untuk diunduh dan ditonton. Algoritma yang satu ini bertujuan untuk memindahkan posisi halaman situs yang mempunyai konten bajakan sebagai upaya untuk mengatasi adanya pelanggaran hak cipta.

7. Pigeon Algoritma

Berbeda dengan algoritma yang sudah kita bahas diatas. Pigeon Algoritma adalah ketentuan berlaku yang mempengaruhi hasil pencarian yang dipertimbangkan berdasarkan lokasi dari sang pengguna. Tujuannya sendiri adalah untuk memberikan hasil pencarian lokal yang sifatnya lebih relevan. Setelah resmi di rilis algoritma ini maka lokasi dan jarak pengguna ke objek yang ditawarkan sebagai hasil pencarian yang sudah diperhitungkan sebagai faktor peringkat.

8. Hummingbird Algoritma

Berikutnya adalah Hummingbird Algoritma yang ternyata kehadirannya mampu membawa perubahan besar bagi ruang lingkup interpretasi mesin pencari terhadap adanya permintaan pengguna. Tepatnya setelah secara resmi dirilis pada tahun 2013 lalu maka Hummingbird sebagai penekanan utama yang menyediakan hasil berdasarkan pemahaman niat pengguna.
Hal ini juga memaksudkan hasil pencarian yang bukan berdasarkan dari kata kunci secara langsung. Hummingbird algoritma ini telah mengoptimalkan pemahamannya terkait sinonim dan juga pembagian terkait konten berdasarkan oleh subjek.

9. Mobile Friendly

Algoritma Mobile Friendly telah diupdate dengan tujuan yakni untuk mempromosikan halaman yang dimaksimalkan untuk pengguna seluler dalam hasil mesin pencari yang dikirim ke perangkat selular tersebut. Perubahan ini sendrii akan memungkinkan halaman situs menjadi ramah seluler untuk perangkat yang lebih tinggi di hasil pencarian seluler.

Pembaharuan ini sendiri tidak akan mempengaruhi hasil pencarian untuk desktop. Perubahan lebih ditugaskan untuk pengguna seluler dengan halaman yang lebih relevan dan nyaman untuk perangkat seluler mereka. Perlu diingat bahwa aktivitas dari algoritma ini akan secara khusus ditujukan pada halaman tertentu bukan situs secara keseluruhannya.

10. RankBrain Algoritma

Algoritma selanjutnya yang tidak kalah penting adalah Rankbrain Algoritma. Tujuannya adalah untuk memberikan hasil yang terbaik berdasarkan relevansi dan pembelajaran mesin. Sistem ini akan memungkinkan Google untuk bisa menguraikan secara lebih baik dalam hal memahami arti dari permintaan sang pengguna dan memberikan hasil pencarian relevan berdasarkan teks permintaan.

Lihat Juga : aminsunhaji.com | Tutorial Blog, Android dan Pengetahuan Bisnis

Uraian diatas adalah informasi lengkap tentang pengaturan SEO terbaru tahun 2020 dalam Algoritma Google yang penting untuk diperhatikan. Dengan ketentuan Algoritma yang terus berubah ubah, Anda sebagai pembisnis online dalam sebuah blog atau website diharuskan terus tanggap dan sanggup menerima perubahan yang ada.

Dengan informasi ini diharapkan bisa menjadi bahan referensi renungan Anda untuk semakin memaksimalkan cara menerapkan teknik SEO terbaru melalui ketentuan Algoritma Google Terupdate. Panduan singkat ini bisa sebagai alat bantu supaya Anda tidak ketinggalan tips dan trik meningkatkan penghasilan melalui blog dari tahun ke tahun. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.