-->

10 Tata cara mengirim Lamaran Kerja via Email yang Benar

Mastimon.Com - Lamaran Kerja adalah satu langkah penting untuk mendapatkan pekerjaan. Tanpa adanya surat lamaran, perusahaan, toko atau tempat yang Anda tuju tidak akan mengetahui maksud dan tujuan Anda. Biasanya lamaran kerja ditulis dalam lembaran kertas atau print out. Tapi bagaimana caranya mengirim lamaran kerja via email?

Kecanggihan teknologi sekarang mengharuskan semua hal dapat dikerjakan secara instan dan cepat. Mengirim lamaran kerja melalui Gmail dan Yahoo adalah cara paling cepat. Anda bisa melakukannya di HP Android, laptop maupun komputer saja dengan waktu yang relatif singkat. Namun, karena tidak mengetahui langkah yang benar pengiriman lewat email, banyak orang lebih memilih cara manual.

Untuk membantu Anda dalam hal ini, cobalah untuk mengikuti panduan singkat dan lengkap seputar teknik yang baik dan benar untuk mengirimkan lamaran kerja, CV atau riwayat hidup dan perlengkapan lainnya untuk melamar pekerjaan yang Anda inginkan. Anda bisa mengirimkan semua file sekaligus secara mudah. Untuk informasi selengkapnya silahkan ikuti informasinya di bawah ini.

Tata cara mengirim Lamaran Kerja via Email
https://www.mastimon.com/2019/10/download-template-cv-lamaran-kerja.html

1. Siapkan semua dokumen persyaratan

Dokumen yang diperlukan atau diminta oleh sebuah perusahaan harus benar benar Anda ikuti. Misalnya aturan seperti warna pas foto, ukuran, mencantumkan ijazah, KTP, riwayat hidup dan lain sebagainya. Usahakan juga untuk semua file yang akan dikirimkan jangan terlalu besar. Untuk memperkecilnya Anda bisa menggunakan resize file yang memiliki ukuran diatas 2 MB. Buatlah semua berkas yang Anda buat semenarik mungkin dan lengkap.

2. Ubah semua berkas menjadi PDF

Umumnya akan lebih baik jika Anda mengubah format dokumen menjadi PDF. Apabila Anda sebelumnya membuat dalam bentuk word cobalah untuk convert ke PDF. Atau jika memerlukan tanda tangan, Anda bisa print terlebih dahulu, tanda tangan lalu scan. Semua berkas mencangkup surat lamaran pekerjaan, CV, kartu identitas, foto dan berbagai surat pendukung lainnya harus Anda scan dengan format file yang sama. Atau bisa di scan menjadi satu file saja.

3. Gunakan Email profesional

Salah satu hal yang sering diremehkan oleh para pelamar pekerjaan adalah dari email yang mereka gunakan. Sebaiknya Anda menggunakan email dengan nama asli Anda. Sebab, banyak perusahaan besar mempertimbangkan terkait keformalan si pelamar. Usahakan untuk tidak menggunakan email dengan nama samaran atau nama lain yang aneh. Nama lengkap Anda sudah cukup bagus untuk dilihat sebagai pengirim.

Apabila Anda belum mempunyai email seperti kriteria yang disebutkan, segeralah untuk melakukan pendaftaran email baru dengan nama yang sesuai. Proses pembuatan email pun tidak sulit bahkan sangat mudah dan cepat. Anda hanya membutuhkan sekitar 10 menit untuk membuatnya.

4. Mengikuti Standar Pengiriman Email

Poin yang satu ini adalah hal yang terpenting ketika saat akan mengirimkan lamaran lewat email. Anda harus memperhatikan setiap bagian isi email. Hal ini mencangkup mengisi subjek, isi email dan melampirkan file lamaran dengan baik dan benar. Selain itu perlu diingat, meskipun lamaran email ditunggu selama 24 jam, upayakan untuk tidak mengirimnya jam 12 malam. Hal ini untuk menghindari ketidaksopanan, usahakan untuk mengirim pada saat jam kerja.

5. Isi alamat Email perusahaan dengan baik

Anda harus benar benar mengetahui email perusahaan atau tempat yang ingin Anda lamar. Salah dalam mengisi alamat email yang dituju, pesan tidak akan tersampaikan. Yang terpenting setelah itu, hindari kesalahan dalam hal mengetik alamat email perusahaan supaya surat lamaran bisa benar benar sampai ketempat yang dituju.

6. Isi Subjek atau Judul Email dengan benar

Dibeberapa lowongan pekerjaan biasanya mencantumkan beberapa ketentuan yang harus diikuti seperti subjek dalam pengiriman surat lamaran kerja. Memang, dalam beberapa perusahaan lainnya tidak memberikan ketentuan itu, maka sebaiknya Anda selalu teliti dalam mengisi subjek. Dengan mengisi subjek email memiliki fungsi yang baik untuk memudahkan perusahaan mengetahui email yang masuk dengan membaca judulnya saja.

7. Isi badan Email

Beberapa perusahaan memberikan ketentuan untuk mengisi badan email, namun sebagian lagi tidak. Untuk perusahaan yang tidak mengharuskan ketentuan itu, maka Anda bisa menggunakan salam pembuka dan memperkenalkan diri Anda saja. Hal terpenting saat mengisi badan email jangan terlalu panjang sebab hal ini akan menyebabkan terabaikannya lamaran Anda.

8. Lampirkan semua persyaratan

Apabila sudah mengikuti semua prosedur yang disediakan diatas, hal berikutnya yang tidak kalah penting atau inti dari pengiriman surat lamaran adalah melampirkan semua persyaratan file. Pastikan semua berkas sudah Anda lampirkan secara lengkap. Seperti yang sudah kita singgung sebentar di atas bahwa ukuran tidak lebih besar dari 2MB sebagai batasnya.

9. Periksa ulang kembali semua bagian

Setelah semua sudah diisi dan dilampirkan, Jangan langsung kirim email Anda tersebut. Sebelum itu lakukan pemeriksaan ulang. Hal ini dilakukan dengan meninjau dari awal sampai akhir termasuk bagian nama alamat perusahaan yang dituju, subjek atau judul, bagian isi email, dan lampiran yang akan dikirim apakah sudah lengkap atau belum. Tahap ini penting dilakukan untuk meminimalisir adanya kesalahan penulisan atau salah melampirkan berkas.

10. Kirim lamaran

Apabila melalui pemeriksaan semua sudah lengkap dan benar, tiba saatnya untuk mengirimkan lamaran pekerjaan Anda dengan cara menekan tombol kirim atau send yang umumnya terdapat di bagian bawah email. Dengan demikian Anda sudah selesai dalam mengirim email. Berikutnya, Anda hanya perlu berdoa semoga surat lamaran Anda dibaca, dibalas dan diterima oleh peusahaan impian Anda.

Lihat Juga : pencaker.id | Situs Lowongan Kerja

Uraian diatas adalah metode lengkap penggunaan email yang efektif dan efesien untuk kebutuhan melamar pekerjaan. Contoh surat lamaran tersebut bisa sangat menarik jika Anda mengikuti semua tips dan trik yang diberikan. Cara ini umumnya banyak dilakukan dan hasilnya baik. Tapi mungkin Anda harus menunggu berapa lama panggilan kerja lewat email ini.

Meskipun demikian, kecanggihan teknologi ini baru satu yang Anda pelajari. Ada berbagai cara lainnya untuk mendapatkan pekerjaan atau mencari pekerjaan hanya dengan perangkat dan koneksi internet Anda. Aplikasi cari kerja dan kirim lamar pekerjaan juga sangat membantu. Beberapa diantaranya bahkan menyediakan fitur trik kirim 100 lamaran via email. Semoga informasi ini bisa bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel