Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Sayuran Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Mastimon.Com - Ibu hamil rentan terhadap kondisi kurang darah. Oleh sebab itu, sang ibu perlu memperhatikan makanan dan minuman yang ia konsumsi. Khususnya adalah makanan sehat seperti sayuran dan buah buahan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin. Dibanding dengan mengonsumsi merk obat tertentu, sayuran lebih dianjurkan sebagai penambah darah bagi wanita hamil.

Kurang darah kerap juga disebut dengan “Anemia”. Ini adalah kondisi dimana jumlah pada sel darah merah/Hemoglobin berada di bawah normal. Karena kekurangan sel darah merah, maka akan mengakibatkan tubuh menjadi cepat lelah dan pusing. Hal ini tentu saja bisa berbahaya apabila terjadi pada masa kehamilan.

Khususnya ketika usia 3 bulan ibu mengandung, kebutuhan akan zat besi mulai meningkat. Maka, untuk itu, Ibu perlu meningkatkan juga kebutuhan suplai makanan terutama akan makanan dengan zat besi sebagai bahan baku untuk menghasilkan Hemoglobin.

Selengkapnya, untuk menghindari dampak buruk dari kurang darah atau anemia pada ibu hamil, sebagai berikut adalah daftar sayuran penambah darah yang efektif dan bagus untuk kesehatan. Penanganan dan cara mengatasi kurang darah akan dijelaskan terperinci di bawah ini.

20 Sayuran Penambah Darah untuk Ibu Hamil

1. Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang terkenal dan umum bagi kebanyakan ibu –ibu. Bayam juga bisa dikonsumsi dengan diolah menjadi aneka makanan lezat. Nah, apabila Anda sering menyaksikan film popeye, kuncinya dia menjadi pelau yang kuat adalah karena mengonsumsi sayuran bernutrisi tinggi ini.

Baca Juga :

Di dalamnya terdapat banyak serat, kalsium, protein nabati sampai dengan vitamin A da E. Tahukah Anda? Semuanya ini dapat secara efektif membantu dalam proses pembentukan hemoglobin atau sel darah merah. Sangat cocok untuk dikonsumsi ibu hamil untuk menangkal terjadinya kondisi kurang darah.

2. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran hijau yang memiliki manfaat bagus untuk menambah darah. Di dalamnya terdapat kandungan zat besi dan asam folat yang bagus untuk kesehatan. Selain itu, terdapat juga vitamin C yang membantu dalam proses penyerapan akan zat besi dalam tubuh.

3. Kacang Kacangan

Kacang kacangan menjadi makanan penambah darah yang baik. Selain itu terdapat juga unsur protein nabati yang tinggi. Beberapa jenis kacang –kacangan yang recommended adalah kacang merah, buncis, kacang hijau, lentil dan kacang polong.

4. Kentang

Anda pasti sudah tahu bahwa Kentang mengandung banyak sekali karbohidrat. Namun, tahukah Anda kentang juga mengandung setidaknya zat besi yang tinggi loh. Jadi, tidak ada salahnya menambahkan kentang di daftar makanan penambah darah Anda. Untuk lebih merasakan khasiatnya cobalah untuk mengolah si kentang dengan cara direbus atau dikukus. Ini akan membuatnya lebih sehat.

5. Ubi

Ubi mengandung banyak nutrisi dan vitamin khususnya zat besi yang sangat bagus untuk memenuhi kadar darah dalam tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat karena ubi bisa menambah aupan oksigen ke dalam darah dengan baik. Pengonsumsiannya juga cenderung aman bahkan bisa di makan sebagai pengganti nasi loh. Jangan lupa untuk merebusnya sampai matang.

6. Biji Labu

Biji labu biasanya dijadikan sebagai cemilan di negara kita. Siapa sangka ternyata dari biji labu sang ibu bisa memperoleh banya manfaat. Salah satunya adalah membantu dalam memenuhi asupan akan zat besi, omega 3, seng dan juga vitamin C. Setidaknya ibu hanya perlu mengonsumsi sebanyak 200 gram biji labu, maka ibu hamil sudah bisa mendapatkan bantuan kadar zat besi sebanyak 8.9 mg loh.

7. Daun Basil

Daun basil memiliki khasiat untuk mengatasi tekanan darah rendah. Bagaimana bisa? Anda hanya perlu mengolah daun basil ini menjadi jus dengan menambahkan komposisi sehat lainnya seperti madu. Selanjutnya, minumlah setiap pagi ketika perut sang ibu belum terisi.

8. Wortel

Wortel terkenal akan vitamin A yang baik untuk menyehatkan mata. Tapi tahukah Anda? Wortel juga baik untuk melancarkan peredaran dan sirkulasi darah serta mengatasi secara baik adanya tekanan darah rendah. Untuk mendapatkan manfaat sepenuhnya Anda bisa menambahkan beberapa sendok madu dan diminum saat pagi hari.

9. Ginseng

Ginseng merupakan salah satu tanaman yang berasal dari negara Korea. Tanaman ini dipercaya berkhasiat dari jaman dahulu. Ginseng mampu mengatasi tekanan darah rendah serta terbukti bisa menstabilkan tekanan darah Anda. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk suplemen yang aman untuk bayi dan Anda.

10. Bawang Putih

Bumbu dapur yang tidak pernah bisa lepas menjadi stok ibtu –ibu adalah bawang putih. Jenis tanaman yang satu ini memang bisa membuat sebuah sajian makanan menjadi tambah lezat. Namun, yang terpenting bawang putih juga berkhasiat dalam melancarkan peredaran darah. Anda bisa mengonsumsinya dengan jumlah 2 siung setiap hari. Baik juga memakannya bersama nasi.

11. Daun Kemangi

Daun kemangi sering digunakan dalam sajian makanan, tapi dalam kandungannya ternyata juga penting dalam menormalkan tekanan darah Anda. Misalnya di dalamnya terdapat Pottasium, Magnesium, Vitamin C dan vitamin B5 yang sangat baik untuk kelangsungan asupan darah Anda.

12. Kubis

Kubis memiliki banyak sekali jenis mulai dari kubis putih, kubis ungu dan kubis hijau. Tidak berdasarkan jenisnya, kandungannya sangat bagus meliputi asam folat yang lumayan tinggi sekitar 43 mcg/100 gram. Selain itu juga, kubis memiliki manfaat dalam mencegah bertumbuhnya sel kanker.

13. Tomat

Buah dengan pesona warna merah ini mengandung zat besi setidaknya ada 2 mg/100 gram. Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin C yang mempunyai fungsi antioksidan, baik bagi kulit, mencegah sel kanker dan lain sebagainya. Manfaatnya yang bagus untuk menambah darah juga dibarengi banyak manfaat lainnya, jadi tidak ada salahnya ibu untuk mengonsumsinya juga.

14. Kedelai

Kedelai banyak diolah menjadi aneka jenis makanan dan minuman dengan sejuta manfaat. Sebut saja ada tempe, tahu dan susu kedelai. Ini adalah jenis makanan sehari –hari yang sering Anda dengar atau konsumsi bukan? Makanan dari bahan baku kedelai dilansir mampu mengatasi anemia pada masa kehamilan.

Di dalamnya terdapat kandungan zat besi sekitar 6.5 mg/75 gram. Ini adalah kadar yang cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi Anda. Selain itu terdapat juga protein yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

15. Kacang Merah

Mempunyai banyak antioksidan bisa menjadi satu jenis makanan yang cocok untuk Anda. Kandungannya juga terdapat zat besi yang mencukupi sekitar 2.3 mg/75 gram nya. Ibu bisa mengekreasikan kacang merah ini dengan jenis makanan lainnya sebagai bahan masakan atau tambahan saja.

16. Kacang Kapri

Kacang Kapri adalah salah satu jenis kacang –kacangan yang memiliki serat yang sangat tinggi. Selain itu terdapat asam folat berkisar 1.7 mg/100 gram. Bukankah ini kadar yang cukup untuk memenuhi kebutuha Anda akan serat dan asam folat? Yang terutama jenis kacang yang satu ini juga baik untuk menstabilkan peredaran darah Anda.

17. Kacang Polong

Kacang polong juga tidak ingin ketinggalan dalam hal ini. Tanaman yang satu ini layak menjadi pilihan makanan Anda juga, karena khususnya pada masa kehamilan bisa menjadi asupan untuk menambah darah. Kandungan asam folat di dalamnya adalah sekitar 63 mcg/100 gram.

18. Labu

Labu terkenal akan seratnya yang tinggi. Namun, sebenarnya tidak hanya itu saja. Di dalam labu terdapat kandungan yang bisa menambah darah untuk hamil. Menariknya lagi ada asupan zat besi sebanyak 1.4 mg/100 gram nya. Labu juga bisa diolah menjadi aneka makanan enak baik sebagai sayuran maupun makanan manis seperti kolak labu.

19. Seledri

Seledri merupakan satu jenis sayuran yang biasanya menjadi bahan tambahan dalam sajian utama. Namun, tahukah Anda? Seledri mampu masuk dalam daftar sayuran penambah darah efekstif. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, E dan K yang fungsinya sangat baik untuk tubuh.

20. Selada

Setelah seledri kita membahas tentang selada. Selada ternyata memiliki kandungan mineral dan vitamin yang lumayan banget. Misalnya asam folat yang terdapat di dalamnya diperkirakan mencapai 29 mcg/100 gram. Inggin tau lebih jauh tentang Tips Kesehatan silahkan berkunjung ke situs tausehat.com.

Uraian diatas adalah daftar nama sayuran sebagai pola makanan sehat untuk bunda. Selain berkhasiat menambah darah, tentu ada banyak manfaat lainnya yang diperoleh. Tips kesehatan lainnya yang perlu Anda terapkan adalah konsumsi sayuran dengan taraf yang wajar, jangan hanya terpaku pada satu jenis saja. Cobalah untuk mencoba beberapa jenis sayuran yang ibu sukai.

Lengkapi kebutuhan makanan ibu dengan jenis makanan dan minuman sehat lainnya. Layaknya seperti buah –buahan yang kaya akan vitamin dan nutrisi, minuman sehat seperti air putih dan susu. Tidak lupa untuk menerapkan pola hidup sehat yakni berolahraga dan tidur yang cukup. Sekian kiat –kita menambah darah bagi wanita hamil. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.