Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips menjaga Kehamilan Trimester Pertama agar tetap Sehat

Pasangan yang sudah menikah sudah tentu mengharapkan kehadiran seorang bayi dalam keluarga mereka. Bagaimana saat karunia itu diberikan dan anda hamil untuk yang pertama kali. Buat para ibu yang sudah pernah hamil pasti mengerti Tips dan Trik sederhana supaya kandungan tetap terjaga aman, sehat sampai melahirkan.


Baca Juga : Daftar nama anak laki laki dan anak Perempuan lengkap dengan artinya

Kehamilan pada Trimester pertama sudah tentu sangat rawan terjadinya keguguran jadi harus dijaga dengan baik. Ada banyak tips yang dibagikan tetapi karena terlalu banyak terkadang yang terjadi tidak dilaksanakan semuanya (terabaikan). Disini mastimon.com akan berbagi buat anda sekalian apa saja makanan yang baik dan kegiatan atau aktivitas yang tidak diperbolehkan.

10 Tips menjaga Kehamilan Trimester Pertama agar tetap Sehat

1. Tetap Beraktivitas

Aktivitas sehari hari membuat badan kita tetap sehat dan fit. Buat yang bekerja di perusahaan silahkan melakukan pekerjaan seperti biasanya.  Informasikan ke atasan supaya tidak diberikan pekerjaan berat seperti mengangkat bebean yang berlebih. Sedangkan jika sebagai IRT (Ibu Rumah Tangga) lakukan kegiatan rumah dan jangan dibiasakan banyak duduk.

2. Olah Raga Ringan

Mengerakkan seluruh bagian tubuh adalah program sederhana yang bisa dilakukan supaya kondisi badan tetap sehat. Lakukan perjalanan kecil setiap pagi di sekitar rumah ataupun bisa juga melakukan gerakan gerakan ringan. Jangan melakukan lari jarak jauh, lakukan joging atau jalan jalan kebeberapa tempat.

3. Pilih Makanan yang Sesuai

Ibu hamil terbilang cukup sensitif jadi jangan asal mengkonsumsi makanan. Usahakan memilih makanan yang tidak membuat mual sang ibu. Jika sering terjadi muntah itu akan mempengaruhi janin dan akibatkan akan fatal. Hindari bau yang membuat mual dan pilih makanan sehat yang disuka supaya tetap terjaga fisiknya.

4. Jangan Stress dan mudah Emosi

Emosi seseorang tidaklah bisa ditentukan akan selalu baik. Disini peran serta seorang suami sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisi istri. Jangan membuat sang Ibu merasa jengkel dan usahakan ikuti apapun yang di ingginkan. Supaya tetap Fressh pikiran maka lakukan perjalanan ke suatu tempat seperti berlibur ke pantai atau tempat Wisata lainnya.

5. Istirahat yang Cukup

Tidur yang sehat yaitu antara 7 sampai dengan 8 jam setiap harinya. Usahakan saat siang hari selalu beristirahat tidur selama 30 menit sd 1 jam. Untuk malam harinya mulai tidur dari jam 21.00 sampai dengan 05.00 pagi. Dengan istirahat yang cukup maka otak tidak akan bekerja keras setiap hari. Badan akan lebih segar dan nyaman.

6. Konsultasi ke Dokter

Supaya tetap aman dan tidak ada masalah dengan kandungan maka anda wajib memeriksakannya ke Dokter Kandungan. Cara ini untuk mengetahui apakah janin yang ada berkembang dengan baik atau tidak. Disana juga kita akan mendapatkan berbagai macam Tips supaya kehamilan tetap sehat. Jika diberikan obat silahkan ikuti anjuran yang diberikan dokter.

7. Mengkonsumsi Susu

Susu adalah minuman yang banyak mengandung Protein. Jangan berpatokan dengan susu Sapi jika mual itu datang. Silahkan coba susu Kedelai ataupun susu kehamilan lainnya. Dengan minum susu maka nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi. Buat para suami wajib memperhatikan dan memastikan istri meminum susu ya hehehe.

8. Mengkonsumsi Air Kelapa

Selain mengkonsumsi air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kita bisa mengkonsumsi air kelapa. Ibu hamil terkadang lemas jadi dengan minum air kelapa dapat segar kembali karena di dalamnya terkandung Elektrolit untuk menganti cairan tubuh. Carilah di warung yang menjual Es Kelapa dan jika tidak ada bisa datang ke kebun kelapa untuk membelinya.

Baca Juga : Tips cepat HAMIL dengan cara mudah dan pola hidup sehat

Itulah beberapa Tips untuk menjaga Kesehatan Kehamilan pada Trimester Pertama supaya tetap sehat. Untuk jenis makanan yang baik di konsumsi anda bisa mencoba Buah buahan yang segar, Sayur sayuran, Kacang Kacangan dan Seafood. Dengan berbagai macam Vitamin yang kita konsumsi maka kehamilan akan semakin tumbuh dan berkembang dengan baik.

Buat kalian yang inggin mengetahui lebih banyak Informasi tentang Kehamilan mulai pertama sampai proses melahirkan bisa berkunjung ke situs SaratKabar.Com. Terimakasih atas kunjungannya ke blog sederhana ini, jangan lupa berikan saran dan pengalamannya di kolom komentar. Sampai jumpa lagi pada artikel kami selanjutnya.