Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara merawat Komputer agar Awet dengan Baik dan Benar

Mastimon.Com - Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang memiliki banyak fungsi dan kelebihan dibandingkan dengan perangkat yang lainnya. Bayangkan situasinya, apabila komputer yang Anda miliki tiba tiba lemot, bermasalah atau error tentu akan menjengkelkan sekali bukan? bukannya tanpa perhatian, Komputer perlu dirawat dengan cara yang baik dan benar supaya awet. Bagaimana caranya?

Penggunaan komputer untuk mengolah dan menyimpan data memang sangat bisa diandalkan. Apalagi kapasitas dan ketahanannya cenderung lebih baik daripada laptop atau notebook. Meskipun demikian, jika Anda ingin komputer Anda bertahan lama dengan kondisi fisik yang bagus, setidaknya Anda harus tahu tips dan trik merawat komponen dalam komputer baik dari segi Hardware maupun software.

Secara lebih terperinci dan detail, mari kita simak bersama –sama langkah –langkah jitu untuk membuat komputer Anda tetap baik dari waktu ke waktu dengan cara yang sederhana. Pemeliharaan tentu saja akan mencangkup bagaimana cara Anda menggunakan atau mengoperasikan komputer? Lalu perhatikan komponen lainnya seperti cara merawat PC, keyboard, baterai dll? Yuk kita bahas.

Cara merawat Komputer agar Awet dengan Baik dan Benar

1. Pastikan menggunakan tegangan listrik yang stabil

Sebagai salah satu perangkat elektronik, komputer tidak bisa hidup tanpa adanya arus listrik. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah di dalam komputer terdapat juga berbagai komponen yang saling berhubungan dengan data –data digital. Maka, hal ini akan sangat bergantung dengan kestabilan arus tegangan listrik yang Anda gunakan.

Tegangan listrik yang stabil adalah salah satu cara merawat komputer Anda. Umumnya hal seperti ini bisa diatasi dengan memasang UPS atau stabilizer. Sehingga pada saat ada daya listrik yang tiba –tiba turun, komputer tidak akan merasakan goncangan akibat adanya alat tersebut.

Selain itu UPS juga dilansir dapat menyimpan daya, apabila terjadi pemadaman listrik, maka Anda masih bisa mematikan komputer terlebih dahulu dengan shutdown. Umumnya pematian komputer secara tiba –tiba karena pemadaman listrik juga berpengaruh terhadap kinerja si komputer.

2. Maksimalkan kinerja pendingin komputer

Semua jenis perangkat manapun di dalamnya pasti ada terdapat Integrated Circuit atau IC yang menggunakan pendingin. Entah bagaimanapun sistem tersebut bekerja, tentu saja akan dibekali dengan pendingin yang sudah tersistem termasuk komputer. Maka, Anda bisa menggunakan pendingin komputer tersebut sebagai satu cara untuk merawat komputer Anda.

Di dalam CPU terdapat sistem pendingin inti yakni berfungsi pendingin processor sebagai salah satu komponen penting dalam komputer. Nah, di dalamnya ada dua komponen lagi bernama material logam dan fan atau kipas. Anda perlu menggunakan kipas pendingin ini secara baik agar bisa bekerja secara maksimal.

Selanjutnya, gunakan juga fan (pendingin)yang ada pada casing untuk bisa mendinginkan ruang CPU yang di dalamnya terdapat komponen lainnya. Tidak lupa hal ini juga diimbangi dengan power supply supaya power supply ke daya motherboard tidak berkurang oleh sistem pendingin.

3. Mematikan komputer dengan cara yang benar

Hal hal kecil seperti halnya langkah mematikan komputer memang perlu diperhatikan. Meskipun hanya hal sederhana tapi ternyata hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan si komputer. Bisa dibilang hal kecil bisa berdampak besar. Tidak seperti perangkat lainnya layaknya TV atau radio yang tinggal tekan on/off, komputer lebih terstruktur.

Baca Juga :

Mematikan komputer dengan cara yang sembarangan dapat berdampak buruk terhadap kinerja komputer Anda. Jangan pikir karena Anda sedang buru –buru dan langsung mematikan begitu saja dengan cara instan atau sewajarnya itu tidak apa –apa. Ini adalah pemikiran yang salah. Jadi, oleh karena itu sebaiknya Anda selalu mematikan komputer sesuai dengan prosedurnya.

4. Hindarkan komputer dari hal yang berdampak buruk

Komputer adalah alat yang rentan terhadap hal –hal yang sifatnya negatif bagi perangkat. Misalnya, kita perlu memperhatikan apa saja yang ada dan kita lakukan disekitar komputer. Beberapa hal yang dimaksud adalah sebagai berikut :
  • Tempatkan komputer di area yang tidak terkena paparan matahari langsung, tidak terlalu banyak debu yang masuk dan tidak terlalu lembab. Lebih bagus lagi gunakanlah ruangan AC.
  • Apabila Anda masih menggunakan monitor tabung, maka perlu diperhatikan untuk jangan memposisikan speaker di dekat monitor sebab hal ini tentu saja akan menimbulkan kerusakan pada monitor itu sendiri.
  • Jangan menaruh cairan apapun di dekat komputer. Seperti halnya minuman dingin diatas perangkat komputer atau disekitarnya. Sebab bisa saja kita secara tidak sengaja menjatuhkannya sehingga membasahi komputer. Jika demikian, akibatnya bisa fatal.
  • Rapikan bagian kabel –kabel yang berada disekitar atau diluar komputer yang tercecer berantakan. Sebab bisa saja dimakan tikus atau tersandung sehingga akan berakibat sangat buruk.

5. Bersihkan Hardware secara teratur

Agar komputer bisa tahan lama, maka Anda perlu secara teratur membersihkannya. Meskipun sudah diletakkan di tempat yang jauh dari debu, tapi membersihkannya agar tetap terjaga bersih dan rapi tidak ada salahnya bukan? Anda bisa membersihkan dalam kurun waktu 2 bulan atau beberapa bulan sekali.

Tahukah Anda? Jika komputer tidak pernah dibersihkan pada bagian hardwarenya , maka bisa jadi akan ada debu atau kotoran yang menempel dalam waktu yang cukup lama. Ini tentu saja akan berpengaruh terhadap kinerja komputer menurun, menghambat sirkulasi komputer sehingga cepat panas.

6. Menggunakan perangkat lunak yang original

Tidak jarang juga, komputer tidak bertahan lama atau error bukan hanya faktor luar. Melainkan bisa juga faktor dari dalam atau perangkat software. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya usahakan untuk selalu menggunakan perangkat lunak yang original.

Minimal Anda menggunakan perangkat yang sifatnya original di sistem windows atau yang lainnya. Akan lebih baik lagi kalau Anda hanya menggunakan perangkat yang sudah terpasang dikomputer Anda saja. Hati –hati terhadap pemasangan perangkat yang beresiko virus atau lain sebagainya.

7. Lindungi sistem dengan Antivirus yang Update

Virus terhadap komputer memang cukup meresahkan bukan? Bahkan sifatnya sangat serius, bisa saja menyebabkan data yang hilang atau bahkan parahnya membuat komputer mati total. Pasti Anda tidak mau hal ini bukan? Maka, salah satu cara praktis nya adalah memasang antivirus diperangkat komputer Anda.

Antivirus seperti apa yang baik untuk komputer kita? Tentu saja, komputer yang sifatnya universal atau bisa menangkal semua jenis virus yang ada. Supaya bekerja lebih maksimal, updatelah antivirus pada database baru Anda.

8. Maintenance dan Management Aplikasi

Proses maintenance  dalam arti ini adalah memangement file atau software di dalam komputer Anda. Beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut :
Apabila dibutuhkan lakukanlah Fregmentasi (Disk Defrag)
Meminimalisir software atau aplikasi yang tidak penting atau tidak digunakan
Lakukan pembersihan file sampah yang ada di komputer

9. Mematikan Komputer saat hujan

Tahukah Anda? Cuaca yang tidak bersahabat bisa berpengaruh ketika komputer Anda nyala. Apabila disekitar Anda sekarang sedang hujan maka sebaiknya Anda matikan saja komputer terlebih dahulu. Apalagi kalau cuacanya sangat buruk seperti petir dan guntur. Hal ini juga menghindari akibat komputer tersambar oleh petir apalagi komputer terhubung dengan modem atau wireless.

10. Mengaktifkan sistem restore pada komputer

Supaya komputer tetap terjaga keamanannya, maka Anda perlu mengaktifkan restore pada komputer. Bagaimana caranya? Pertama, silahkan klik kanan pada menu desktop computer. Selanjutnya pilih pada bagian properties tab sistem restore. Pada halaman berikutnya akan muncul opsi “Turn Off Sistem Restore On all Drives”. Pada kolom tersebut Anda tinggal hilangkan centang di samping tulisan.

Baca Juga : autoudidax.com | Blog informasi tentang Komputer

Inilah tutorial singkat yang beri tahu Anda bagaimana menjaga komputer tetap terawat sama seperti waktu pertama kali pembelian atau pemakaian. Silahkan untuk segera mempraktekkan metode sederhana ini, tidak sulit bukan? Anda bisa mempraktekkannya juga pada mode perawatan untuk laptop, notebook, iPad, Android dan Smartphone.

Yang terpenting adalah Anda perlu memberlakukan perawatan ini secara berkala dan rutin. Paling tidak lakukan secara teratur dan pemakaian yang sewajarnya. Hindari beberapa hal yang bisa membuat kinerja komputer menurun seperti yang sudah kita bahas. Sekian informasi ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.