10 Jenis Virus Komputer dan Pencegahannya

Mastimon.Com - Mengetahui perihal virus komputer dan pencegahannya sebenarnya wajib hukumnya, terutama bagi Anda yang setiap hari bekerja menggunakan komputer ataupun laptop. Bila PC milik Anda tidak ingin rusak para, ketahui beberapa virusnya dan ciri-cirinya agar bisa mengatasinya dengan cepat sebelum menyebar dan merusak komputer ataupun laptop Anda, terlebih lagi bila semua isi file di dalam komputer semuanya penting.


Jenis virus komputer dan pencegahannya ada banyak. Beda virusnya, beda pula penanganannya. Terhitung lebih dari 10 jenis virus komputer yang bisa menyerang ke komputer Anda. Apakah semuanya bahaya? Semua virus komputer itu berbahaya bila Anda membiarkannya tanpa melakukan tindakan apapun. 

Virus komputer datang dikarenakan 2 sebab, dari internet ataupun dari file yang ditransfer melalui USB menuju komputer Anda. Untuk itulah, sebelum Anda mendownload ataupun mentransfer file ke dalam komputer Anda harus berhati-hati dan jangan asal saja memasukkan file tersebut ke komputer. Serta selalu ingat jenis-jenis virus komputer dan pencegahannya itu bagaimana.

Bagi Anda yang tidak ingin komputernya rusak, cobalah perhatikan cara menghilangkan virus di komputer dan pencegahannya dan mengetahui berbagai jenis virus yang bisa menyerang komputer Anda. Baca Juga : 5 Antivirus terbaik untuk Komputer yang bisa anda coba.

Apa Itu Virus Komputer?

Aneh rasanya bila kita membahas mengenai virus komputer dan pencegahannya tapi tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan virus komputer. Banyak yang mengartikan bawa virus komputer adalah suatu program seperti parasit yang masuk ke komputer. Virus ini bisa menggandakan sendiri dan menular ke komputer lain melalui pentransferan file ataupun data.

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa harus ada virus pada komputer layaknya manusia. Tentu saja tujuan utamanya tidak baik. Bisa untuk mencuri suatu data penting dari sebuah komputer tanpa diketahui oleh pemiliknya. Selain itu, adanya virus juga bermaksud untuk merusak data atau file di dalam komputer.

Yang lebih parahnya lagi, virus tersebut dapat menghentikan suatu program di komputer dan jumlahnya yang banyak juga dapat memenuhi RAM komputer sehingga kinerja komputer menjadi lebih lambat. Baca Juga : 7 Penyebab Komputer Lemot saat Internetan.

Inilah 10 Jenis Virus yang Sering Ditemui Pada Komputer Anda

Ketahuilah jenis-jenisnya jika ingin melakukan pemusnahan virus komputer dan pencegahannya. Berikut adalah jenis-jenisnya:
  1. Ada Trojan yang dibuat untuk mencuri data yang ada di computer.
  2. Lalu ada worm yang bisa menggandakan dirinya sendiri dan memenuhi RAM komputer.
  3. Web scripting virus yang dibuat dengan tujuan mempercantik konten tapi ternyata memiliki tujuan yang tidak baik dari virus yang dimilikinya.
  4. FAT (File Allocation Table) virus yang bertujuan untuk merusak file pada suatu lokasi di komputer.
  5. Companion virus yang bertujuan untuk mengganggu data pribadi.
  6. Polymorpic Virus bisa menyandikan diri.
  7. Macro Virus, yaitu virus yang bisa menginfeksi dokumen e-mail.
  8. Memory Resident Virus, yaitu virus yang dapat menginfeksi RAM komputer.
  9. Multipartite virus yang dapat menginfeksi suatu sistem di komputer.
  10. Boot sector virus yang dapat merusak bagian terkecil di hardisk namun berefek besar.

Cara Pencegahan Virus Komputer

Setelah mengetahui jenis-jenis virus, maka inilah cara pencegahannya. Pertama, pasanglah aplikasi antivirus di komputer, USB, hardisk dengan kualitas bagus. Kemudian, scan komputer dan perangkat lain secara berkala. Anda bisa mencoba membaca beberapa Tips mengatasi Virus Komputer di blog ngobrol-it.net.

Janganlah membuka link sembarangan yang Anda anggap mencurigakan, serta bukalah folder melalui windows eksplorer dan yang terakhir jika ingin mendownload file jangan asal. Download lah di tempat yang bagus. Selalu ingat bagaimana jenis virus komputer dan pencegahannya tersebut agar komputer atau laptop Anda bisa awet dan tidak mudah rusak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel